April 28, 2024

Perkembangan teknologi tentunya sudah bukan hal yang baru dalam mempermudah kehidupan sehari-hari bagi setiap orang. Terlebih dalam memberi layanan pembelian pulsa, voucer game, atau membayar tagihan listrik, sampai cicilan bulanan sudah tersedia dalam aplikasi. Berikut daftar kumpulan aplikasi yang memiliki fungsi untuk hal ini. Masing-masing aplikasi menawarkan kelebihan bagi para penggunanya, seperti diskon belanja, harga termurah, dan penawaran menarik lainnya.

1. DavestPay

screenshot aplikasi davestpay

Startup DavestPay berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan dan beroperasi sejak awal 2016. Tampilan dari situs tidak jauh berbeda dengan aplikasinya, yakni memiliki fungsi utama untuk melakukan pembayaran tagihan BPJS, PLN, hingga PDAM.

Selain itu, pengguna juga dapat membeli tiket pesawat dari semua maskapai dan daerah tujuan di Indonesia. Ke depannya, DavestPay akan menambahkan fitur untuk pembelian voucer hotel, TV berlangganan, asuransi dan internet.

Untuk aplikasinya, berdasarkan data dari AppAnnie, baru mendapat sekitar 1.000 unduhan karena baru diluncurkan di awal 2016.

davestpay

2. DOKU

screenshot aplikasi doku

Meski telah beroperasi sejak 2004 di Indonesia, DOKU baru meluncurkan aplikasi di tahun 2015. Fungsi utama yang ditawarkan adalah sebagai dompet digital bagi penggunanya untuk segala transaksi, mulai dari isi pulsa, bayar tagihan, hingga transfer sesama pengguna DOKU.

Untuk menggunakan aplikasi DOKU pengguna tinggal melakukan login dengan akun yang telah didaftarkan pada situsnya. Atau bisa juga melakukan registrasi dengan mengisi profil dan sumber dana saat akan melakukan isi ulang saldo.

Data dari AppAnnie menyebut bahwa aplikasi ini sudah mendapat sekitar 50.000 unduhan dan baru tersedia untuk platform Android.

doku

3. Sepulsa

screenshot aplikasi sepulsa

Sejak diperkenalkan Maret 2015 lalu, berdasarkan AppAnnie, aplikasi Sepulsa telah mendapat sekitar 50.000 unduhan. Aplikasinya sudah tersedia untuk Android terlebih dahulu dan pada platform iOS beberapa bulan setelahnya.

Kini Sepulsa telah menyediakan berbagai nominal pulsa semua operator telekomunikasi dan internet di Indonesia. Untuk menarik lebih banyak pengguna, Sepulsa memberikan bonus kupon diskon belanja di beberapa e-commerce yang menjadi mitra mereka, seperti Bhinneka dan Asmaraku.

sepulsa

4. MobilePulsa

screenshot aplikasi mobilepulsa

Didirikan tahun 2013, MobilePulsa berada di bawah naungan badan hukum PT. Indobest Artha Kreasi. MobilePulsa merupakan sebuah layanan berbasis web dan mobile yang bisa digunakan untuk melakukan pembelian pulsa, token listrik prabayar, tagihan PDAM, hingga voucer game.

Pada update terbaru di pertengahan Maret 2016, aplikasi ini menambahkan fungsi untuk membeli voucer pulsa internasional seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina. Selain itu, layanan customer service tetap buka pada hari libur.

Aplikasinya sendiri, menurut AppAnnie telah memiliki sekitar 100.000 unduhan. Pengguna diwajibkan untuk mentransfer sejumlah uang untuk menjadi deposit di aplikasi. Setelah itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk membayar aneka tagihan atau pulsa di gadget kamu.

mobile pulsa

5. PayTren

screenshot aplikasi paytren

Di bawah pimpinan Yusuf Mansyur, PayTren berdiri sejak 2013. Layanannya mengandalkan sistem pengguna terdaftar bagi para anggotanya. Pembayaran yang disediakan adalah untuk pulsa dari berbagai operator telekomunikasi, pembayaran tagihan PLN dan PDAM, televisi berbayar, tiket transportasi, dan tagihan kendaraan bermotor.

Melalui update terbaru pada Maret 2016, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan sedekah harian dan pembelian tiket kereta api. Berdasarkan data dari AppAnnie, aplikasi PayTren telah mendapat lebih dari 500.000 unduhan di platform Android.

paytren

6. Cyrusku

screenshot aplikasi cyrusku

Dalam deretan terakhir di daftar ini, Cyrusku menawarkan layanan pembelian pulsa seluruh operator, pembayaran tagihan PLN, voucer game, tagihan televisi kabel, dan internet berlangganan. Di pembaruan teranyarnya, pembayaran dapat dilakukan menggunakan kartu kredit.

Berdasarkan AppAnnie, aplikasi ini telah mendapat lebih dari 100.000 unduhan. Cyrusku memiliki aplikasi untuk perangkat Android dan iOS sejak Mei 2013. Versi terbaru dari aplikasi Cyrusku dilakukan pada Januari 2016.

cyrusku
Selain deretan aplikasi di atas, beberapa startup juga memberikan layanan pembelian pulsa dan pembayaran tagihan, seperti UPoint milik Telkom, ArekPulsa asal Surabaya yang menekankan nilai berdonasi bagi pengguna saat membeli pulsa, namun keduanya belum memiliki aplikasi. Sejumlah situs lainnya yang saya pantau juga tidak memberikan pembaruan tampilan sejak lama.

About Author