April 28, 2024

Startup operator pengisian daya kendaraan listrik (EV) Charge+ mengumumkan telah meraih pendanaan seri A yang dipimpin oleh TRIVE Venture Capital, investor asal Singapura yang berfokus pada investasi tahap awal. Tidak disebutkan raihan dana dalam putaran ini.

Startup asal Singapura ini akan menggunakan dana segar untuk mencapai dua tujuan utama. Pertama, Charge+ akan memenuhi kontrak tender berkelanjutan yang diberikan oleh Otoritas Transportasi Darat Singapura (LTA) untuk menyediakan sekitar 4.000 titik pengisian daya EV di tempat parkir perumahan umum Housing Development Board (HDB).

Kedua, perusahaan akan memulai proyek ambisius untuk menciptakan jalan raya pengisian kendaraan listrik sepanjang 5.000 km yang mencakup lima negara Asia Tenggara di mana mereka beroperasi. Ambisi tersebut demi mewujudkan Charge+ sebagai tulang punggung pengisian daya kendaraan listrik terpanjang di kawasan ini.

Berdasarkan keterangan resmi perusahaan yang dilansir dari Vulcan Post, Chairman Charge+ Ong Tze Boon menyampaikan, “Sejak Charge+ didirikan di 2018, visi kami adalah mengkatalisasi adopsi mobilitas listrik di Asia Tenggara. Oleh karena itu, kami senang dapat bermitra dengan TRIVE, investor ideal untuk memimpin seri A ini dan memberikan landasan untuk fase ekspansi berikutnya.”

Setelah investasi ini, Managing Partner TRIVE Christopher Quek, akan bergabung dengan dewan Charge+ untuk mendukung pengembangan dan pertumbuhan perusahaan.

Charge+ mengklaim saat ini memiliki lebih dari 1.000 titik pengisian daya kendaraan listrik yang tersebar di berbagai jenis fasilitas di Singapura. Stasiun pengisian daya ini berlokasi strategis di perumahan umum, kondominium, pusat perbelanjaan, gedung komersial, dan fasilitas industri.

Perusahaan ini dikenal dengan desain pengisi daya EV paling tipis di dunia dan dilengkapi konfigurasi konektor ganda untuk meningkatkan kegunaan.

Selain Singapura, perusahaan ini sudah hadir di lima negara Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Kamboja. Dalam jangka panjang, perusahaan berencana untuk hadir di 30.000 titik pengisian kendaraan listrik secara global pada 2030 dan berkontribusi secara signifikan terhadap kemajuan mobilitas listrik di wilayah tersebut.

Selain memperluas infrastruktur pengisian dayanya sendiri, Charge+ akan berkolaborasi dengan operator pengisian daya kendaraan listrik regional lainnya untuk memanfaatkan aplikasi yang mereka bangun, Charge+, sehingga menciptakan jaringan yang lancar.

Perjanjian roaming telah ditandatangani dengan Tenaga Nasional Berhad (TNB) di Malaysia, Otoritas Pembangkit Listrik Thailand (EGAT), dan PT PLN di Indonesia. Perjanjian ini akan memungkinkan pengguna aplikasi Charge+ untuk dengan mudah mengakses kumpulan pengisi daya kendaraan listrik yang lebih luas di masing-masing negara.

Charge+ di Indonesia

Sebagai catatan, Charge+ hadir di Indonesia pada awal tahun ini, dengan brandUtomo Charge+. Ini adalah perusahaan patungan (JV) antara PT Utomo Juragan Atap Surya Indonesia (UJASI) dan Charge Plus. Dalam profil perusahaan, UJASI adalah produsen atap nasional dan penyedia solusi energi terbarukan, khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Sistem Penyimpanan Energi.

Utomo Charge+ dipimpin oleh Anthony Utomo sebagai Managing Director. Ia pernah berkiprah di bidang PLTS, Sistem Penyimpanan Energi, dan Pembangunan Infrastruktur Mobilitas Bersih.

Di kantor pusatnya, Charge+ mengembangkan tujuh produk untuk pengisian daya EV, masing-masing memiliki keunggulannya. Di antaranya, Marvel 72 yang diklaim sebagai pengisi daya kendaraan listrik teramping di dunia dan Turbo 600 yakni fast charger untuk lokasi-lokasi publik, mampu mengisi daya cepat mulai dari 20 menit.

Di Indonesia, jaringan Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Utomo Charge+ sudah tersebar di Surabaya, Bali, dan Jakarta.

Pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya dapat mengecek persebaran SPLKU Charge+ melalui aplikasi Charge+. Tak hanya cek lokasi, terdapat fitur lainnya yang tersedia, seperti mengetahui titik charger mana yang tersedia dan sedang dipakai, real-time monitoring sistem charger, dan monitor semua histori transaksi dan aktivitas pengisian daya.

Pemain sejenis Charge+ yang sudah hadir di Indonesia kian ramai, di antaranya Starvo, Casion, Astra Otopower, Green Energy Station, Shell Recharge, Medco, EVLink, Charged Indonesia, dan lainnya.

Berdasarkan data dari PLN per Juli 2023, jumlah SPKLU yang sudah beroperasi mencapai 842 unit, sementara SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum) 1.346 unit. Sebanyak 616 SPKLU di antaranya dikembangkan oleh PLN. PLN akan kejar target menambah sekitar 24.000 SPKLU dengan skema kemitraan.

Untuk memikat calon mitra, PLN sudah menyiapkan sejumlah strategi. Yakni, membebaskan uang jaminan langganan (UJL) mitra, memberi mitra keleluasaan untuk menentukan desain SPKLU, serta kemudahan pembagian omzet lewat digitalisasi.

Menurut peta jalan pertumbuhan kendaraan listrik pada 2030, pemerintah menargetkan jumlah SPKLU bisa tumbuh menjadi 48.118 unit, sedangkan SPBKLU mencapai 196.179 unit.

Sumber: Daily Social

About Author