April 29, 2024

Pada akhir Februari 2016 lalu, UBER meluncurkan sebuah layanan ojek online yang bernama UberMOTO. Saat itu, mereka hanya meluncurkan layanan tersebut di Bangkok, Thailand. Mengingat ekspansi UBER yang begitu cepat, sepertinya hanya tinggal menunggu waktu bagi layanan ini untuk hadir di Indonesia dan bersaing dengan GO-JEK dan GrabBike.

Hari ini (13/4), UBER akhirnya secara resmi meluncurkan layanan tersebut di kota Jakarta, namun dengan nama yang berbeda, uberMOTOR. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memilih pilihan uberMOTOR di aplikasi UBER kamu. Selanjutnya, kamu harus memasukkan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan, seperti ketika kamu memesan UberX dan UberBLACK.

Gratis untuk perjalanan pertama

Untuk menarik banyak pengguna, mulai hari ini hingga 11 Juli 2016, UBER akan memberikan perjalanan gratis untuk para pengguna yang baru pertama kali menggunakan layanan uberMOTOR. Kamu cukup memasukkan kode promosi “uberMOTOR”, untuk bisa mendapatkan perjalanan gratis senilai Rp75.000.

Untuk pembayaran uberMOTOR, kamu juga sudah bisa menggunakan uang tunai, selain menggunakan kartu kredit dan debit. Fitur-fitur UBER yang lain seperti pelacakan lokasi pengemudi dengan GPS dan fitur berbagi rincian perjalanan kepada teman, juga sudah tersedia untuk layanan ini.

Namun karena masih dalam masa awal peluncuran, uberMOTOR mengingatkan kalau jumlah pengemudi mereka masih sangat terbatas. Untuk menambah jumlah pengemudi, saat ini UBER membuka peluang kepada siapapun yang ingin menjadi mitra pengemudi mereka. Apabila tertarik untuk bergabung sebagai pengemudi uberMOTOR, kamu bisa mendaftar di tautan berikut.

Tarif lebih murah dibanding GO-JEK dan GrabBike

Pengemudi UberMOTOR 3

Saat ini, uberMOTOR menerapkan tarif Rp1.000 per kilometer, ditambah tarif dasar Rp1.000. Untuk menanggulangi kemacetan yang biasa terjadi di kota Jakarta, mereka juga memperhitungkan waktu tempuh dalam perhitungan tarifnya, yaitu Rp100 per menit.

Tarif ini dinilai lebih murah dibandingkan dengan GO-JEK dan GrabBike. Contohnya, untuk jarak 17 kilometer, GO-JEK memberlakukan tarif Rp34.000 (Rp2.000 per kilometer), yang bahkan bisa naik menjadi Rp39.000 saat jam sibuk. Untuk jarak yang sama GrabBike memasang tarif Rp25.500 (Rp1.500 per kilometer), yang pada jam sibuk naik menjadi Rp33.500.

Jika kita menghitung tarif uberMOTOR, dengan jarak 17 kilometer, kamu hanya perlu membayar Rp18.000. Bila jarak tersebut ditempuh dalam waktu 1 jam misalnya, maka kita total hanya perlu membayar Rp24.000.

Kehadiran uberMOTOR jelas akan menambah seru persaingan layanan ojek online di Indonesia yang kini dikuasai oleh GO-JEK dan GrabBike. Dengan mengusung nama UBER yang sudah kian dikenal dan tarif yang lebih murah, bukan mustahil kalau akan banyak pengguna layanan ojek online yang beralih menggunakan layanan ini.

About Author