April 26, 2024

Facebook kabarnya sedang menguji standar keamanan baru. Dikutip dari laman Wired, sejumlah pengguna diminta untuk mengunggah foto wajah mereka dengan sudut yang jelas untuk dicek dan dihapus setelah itu di aplikasi Facebook for iOS.

“Please upload a photo of yourself that clearly shows your face. We’ll check it and then permanently delete it from our servers.”

Juru bicara Facebook sudah memberikan penjelasan mengenai uji coba fitur tersebut. Langkah ini dilakukan untuk menangkap aktivitas yang mencurigakan mulai dari beragam interaksi pengguna di Facebook, membuat akun, mengirim permintaan pertemanan hingga melakukan pembayaran iklan dan mengedit iklan.

Semua prosesnya dijamin otomatis dan aman. Facebook akan melihat keunikan dari foto yang kamu unggah dan memastikan bahwa akun tersebut asli. Tes foto adalah salah satu cara dari beberapa metode yang sedang dicoba oleh Facebook untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, baik dengan verifikasi otomatis atau manual. Sayangnya Facebook tidak mau membagikan detail penjelasan yang lebih lengkap dan tanggal rilis fitur tersebut jika memang akan digunakan pada pengguna umum.

Masih dikutip dari laman sumber, pengguna Facebook yang mendapatkan fitur percobaan tersebut, tidak bisa login selama masa pengecekan. Mereka harus menunggu Facebook selesai melakukan pengecekan foto yang kamu unggah dan menyatakan bahwa foto ini unik alias pemiliki akun adalah pengguna pada umumnya, bukan aktivitas yang diragukan atau spam.

Sumber: Make Mac

About Author