Pertamina Go, Aplikasi yang Memudahkan Pengguna Temukan SPBU Terdekat

Perusahaan milik negara yang bergerak di bidang penyediaan energi, PT Pertamina menghadirkan aplikasi Pertamina Go di platform Android beberapa waktu lalu. Tujuan utama dari aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengguna menemukan lokasi SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) terdekat.

Berdasarkan data dari AppAnnie, aplikasi Pertamina Go sudah tersedia di Google Play Store sejak Februari 2015 dan terus mendapat update hingga awal tahun ini. Sampai sekarang, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 10.000 kali.

Bukan sekadar cari SPBU

2

Fungsi fitur utama aplikasi ini mengandalkan integrasi layanan GPS di smartphone untuk melacak SPBU terdekat dengan lokasi pengguna. Seperti saat saya mengaksesnya untuk pertama kali, aplikasi akan langsung mengarahkan pada lokasi SPBU terdekat.

Tersedia pula fitur Trip Planner. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat menyimpan lokasi tujuan yang dilengkapi dengan titik-titik lokasi SPBU sepanjang perjalanan. Di laman ini pengguna juga dapat memilih kategori bahan bakar dan rute yang ingin dipilih.

3

Dan yang terakhir, terdapat fitur Motorist Diary. Di laman ini, pengguna dapat mengisi informasi jenis kendaraan dan tanggal jatuh tempo perpanjangan STNK, asuransi, dan jadwal cek tekanan angin serta ganti oli. Setelah melakukan input data tersebut, aplikasi akan secara otomatis memberi notifikasi kepada pengguna, mulai dari satu hari hingga satu bulan, agar jadwalnya tidak terlewatkan.

Secara keseluruhan, aplikasi ini dapat bermanfaat bagi orang yang belum mengetahui kondisi jalanan yang ditempuh. Terlebih bagi kendaraan yang memang memakan banyak bahan bakar dan harus sering mampir ke SPBU.

Fungsi lain yang ditawarkan aplikasi adalah sebagai “buku harian” bagi kendaraan. Ini akan memudahkan pengguna dalam melakukan servis berkala ataupun pengingat untuk memperpanjang pajak dari kendaraan dan berkas-berkas lainnya. Mungkin, fungsi pengingat seperti itu bukan menjadi hal krusial. Namun, notifikasi yang muncul jauh-jauh hari dapat mengingatkan pengguna agar tidak terlambat melakukan servis atau mengurus surat-surat kendaraan.