April 27, 2024

Selama beberapa tahun terakhir, media seperti Facebook dan Instagram telah terbukti efektif menjadi sarana komunikasi antara pemilik bisnis dan konsumen, membuka lapangan kerja baru macam “admin media sosial” atau sejenisnya. Meski sepintas bobot kerjanya terdengar sepele, mengurusi akun Instagram, Messenger dan Facebook Page sekaligus terkadang bisa membuat kewalahan, terutama ketika dibanjiri pesan dari para konsumen.

Memangnya sesibuk apa komunikasi yang berlangsung pada suatu Facebook Page? Berdasarkan data Facebook sendiri, setidaknya ada lima miliar komentar yang terakumulasi dari semua Page setiap bulannya. Untuk itu, Facebook telah menyiapkan solusi yang paling tidak bisa mengurangi beban para admin media sosial.

Mereka baru-baru ini meng-update aplikasi Pages Manager di Android – iOS akan segera menyusul – dimana sekarang terdapat unified inbox yang menampilkan seluruh pesan yang diterima di akun Facebook, Messenger dan Instagram. Satu aplikasi untuk semua channel, seperti itu sederhananya.

Jadi pada versi terbaru Pages Manager, para admin bisa merespon komentar Facebook, pesan Messenger dan komentar Instagram langsung dari satu aplikasi saja. Mereka pun bisa memantau informasi mendasar dari masing-masing konsumen yang berinteraksi, melabelinya sebagai “pelanggan tetap” atau semacamnya sehingga ke depannya komunikasi bisa lebih dipersonalisasikan.

15065551_245967072484983_5789013790657871872_n

Facebook sebelumnya sudah menguji fitur ini bersama sejumlah bisnis terpilih, tapi sekarang mereka sudah siap merilisnya secara publik. Kalau Anda punya Facebook Page atau akun Instagram untuk keperluan usaha, silakan update aplikasi Pages Manager ke versi yang terbaru.

Sumber: Daily Social

About Author