March 29, 2024

Setelah hadir dalam beberapa rumor, Instagram akhirnya merilis mode Live Video! Perubahan besar lain yang diberikan ada di Instagram Direct, yaitu mode kirim foto dan video yang otomatis hilang. Informasi ini dibagikan Instagram dalam catatan blog terbaru.

Today we’re announcing two updates: live video on Instagram Stories and disappearing photos and videos for groups and friends in Instagram Direct.

Live video on Instagram Stories helps you connect with your friends and followers right now. When you’re done, your live story disappears from the app so you can feel more comfortable sharing anything, anytime.

Live Video

Mirip dengan Facebook Live, Periscope atau layanan live broadcasting lainnya, Live Video di Instagram akan membuat kamu lebih mudah membagikan tampilan video secara real-time pada teman atau Followers. Perbedaan paling menarik adalah video akan otomatis hilang setelah kamu selesai melakukan mode live.

Instagram membuat Live Video terintegrasi ke fitur Instagram Stories. Masuk ke tab Feed dan swipe ke arah kanan untuk membuka mode kamera. Tekan tombol Start Live Video untuk menjalankan fitur ini dengan durasi maksimal satu jam. Followers kamu akan memperoleh notifikasi setiap siaran langsung yang kamu lakukan ya. Mode komentar juga tentunya hadir atau bisa kamu matikan sesuai kebutuhan.

Di sisi pengguna lain, tampilan Instagram Stories akan menunjukkan teks Live di bagian bawah deretan ikon bulat di Feed ya. Tinggal tekan dan tonton video ini secara langsung – bagikan komentar atau dukungan berupa tanda Likes sebanyak yang kamu inginkan. Sebagai tambahan catatan, Live Video di Instagram Stories juga dapat kamu intip di tab Explore yaitu dari beagam akun terkenal yang belum kamu ikuti.

Mode Direct Message Terbaru

Selain Live Video di Instagram Stories, kamu juga bisa menikmati mode baru untuk Instagram Direct. Yaitu fitur mengirim foto dan video yang lebih mudah dan langsung hilang begitu teman atau anggota grup kamu melihatnya.

Cara menggunakan fitur ini hampir sama dengan Live Video. Yaitu melakukan swipe ke arah kanan, ambil foto atau video yang kamu inginkan. Setelah itu tekan ikon panah ke arah kanan dan kirim ke teman, grup atau beberapa teman kamu sekaligus. Mode ini baru dapat dilakukan jika teman tersebut sudah Follow akun Instagram kamu ya. Jika tidak, fitur Direct Message biasa yang akan mengambil peran dalam hal mengirim pesan secara privat.

Di sisi penerima pesan, tekan ikon kertas lipat berbentuk pesawat untuk masuk ke Inbox. Daftar pesan yang belum kamu baca akan menggunakan ikon bulat berwarna biru. Jika pesan yang diterima ada dalam grup, setiap pengguna bisa melihat siapa saja yang sudah membaca pesan tersebut dan memberikan respon.

Sumber: Make Mac

About Author