YouTube Luncurkan Fitur AR Supaya Penonton Bisa Mencoba Makeup Secara Virtual Selagi Menonton Video Tutorialnya

Dewasa ini, seorang perempuan bisa bergaya di media sosial tanpa perlu mengandalkan riasan wajah. Cukup manfaatkan filter AR yang ada di Instagram maupun aplikasi serupa lainnya, maka wajah sang perempuan sudah bisa penuh dengan makeup. Namun tentu saja itu semua hanya berlaku di dunia maya.

AR Beauty Try-On / YouTube

Di dunia nyata, makeup jelas masih sangat dibutuhkan. Itulah mengapa tutorial makeupmerupakan salah satu jenis video paling populer di YouTube. Menariknya, belakangan ini tren mencoba makeup secara virtual juga terus bertambah populer, dan YouTube pun ingin ikut andil dalam menggalakkan tren tersebut.

Mereka baru saja memperkenalkan fitur bernama AR Beauty Try-On. Sejauh ini masih dalam tahap pengembangan awal, fitur tersebut memungkinkan para penonton untuk mencoba berbagai produk makeup secara virtual selagi menonton video tutorial yang melibatkan produknya.

Saat fitur ini aktif, tampilan aplikasi YouTube bakal dipecah menjadi dua bagian: bagian atas memutar video tutorialnya, sedangkan bagian bawah menampilkan wajah penonton via kamera depan ponsel, diikuti oleh palet warna yang dapat dipilih, semisal untuk produk lipstick.

YouTube sejatinya merancang fitur ini sebagai salah satu alternatif beriklan buat brandbrandkosmetik. Mereka sudah mencobanya bersama sejumlah brand, dan terbukti sekitar 30% penonton memutuskan untuk mencoba fiturnya, dan rata-rata sesi coba-mencoba lipstick virtualitu pun berlangsung lebih dari 80 detik.

Yang diuntungkan di sini tentu bukan cuma brand, melainkan juga para kreator video via program sponsorship. Di samping itu, para penonton pastinya juga ikut diuntungkan mengingat mereka bisa mencoba terlebih dulu sebelum membeli produknya secara online.

Sumber: Daily Social