May 16, 2024

Implementasi jaringan 4G yang makin meluas di Indonesia mendorong penyedia layanan video on demand (VOD) melebarkan sayapnya ke Indonesia. Kini kita dapat menonton berbagai film layar lebar hingga serial televisi secara legal, baik lokal maupun mancanegara, di mana pun melalui smartphone atau tablet masing-masing.

Sebagian besar layanan ini memberlakukan biaya berlangganan per bulan dengan harga cukup terjangkau—ada juga yang gratis. Namun, rata-rata memberikanmu kesempatan untuk mencicipi layanannya secara cuma-cuma sebelum memutuskan untuk berlangganan. Inilah deretan aplikasi VOD yang bisa kamu nikmati di Indonesia.

1. iflix

iflix | Screenshot

Koleksi
– Film: Hollywood, Bollywood, Thailand, Korea Selatan, Indonesia
– Serial TV: Barat, Korea Selatan, anime
Biaya
– Berlangganan Rp39.000 per bulan (gratis uji coba bulan pertama)

Layanan VOD yang berasal dari Malaysia ini hadir dengan koleksi ribuan film dan serial televisi, baik lokal maupun mancanegara. iflix terbilang cukup sering memperbarui koleksi konten untuk ditonton para penggunanya, seperti beragam konten Disney yang akhirnya masuk ke dalam layanannya sejak Agustus 2017 lalu.

iflix bekerja sama dengan Telkom untuk menghadirkan layanan mereka di Indonesia. Para pelanggan IndiHome dapat menikmati beragam film dan serial televisi dalam iflix secara cuma-cuma melalui set top box yang disediakan oleh Telkom.

Download

2. HOOQ

HOOQ | Screenshot

Koleksi
– Film: Hollywood, Bollywood, Korea Selatan, Indonesia.
– Serial TV: Barat, Indonesia
Biaya:
– Berlangganan Rp49.500 per bulan (gratis uji coba tujuh hari pertama)
– Sewa Rp23.000 per film untuk dua hari

Salah satu kelebihan aplikasi HOOQ ketimbang lain sejenis lainnya adalah fitur untuk mengunduh film atau serial televisi terlebih dahulu untuk kemudian ditonton secara offline. Artinya, kamu bisa menikmati konten di dalam platform HOOQ tanpa perlu bergantung pada jaringan.

Selain menyediakan program berlangganan, HOOQ juga menyewakan film-film terbaru lewat skema penyewaan. Tarif sewa satu film dalam HOOQ berkisar dari Rp23.000 untuk sekali sewa, dan bisa ditonton selama dua hari sejak pertama kali mulai kamu tonton.

Download

3. CATCHPLAY

CATCHPLAY | Screenshot

Koleksi
– Film: Hollywood, Mandarin, Indonesia
– Serial televisi: tidak ada
Biaya
– Berlangganan Rp60.000 per bulan
– Sewa rata-rata Rp27.000 per film

Karena berasal dari Taiwan, CATCHPLAY menawarkan beberapa film Mandarin yang tidak ditemukan di platform layanan VOD lain. Selain itu mereka juga melengkapi layanan VOD dengan penyajian berita seputar film-film terbaru, cerita di balik layar, hingga tren film paling anyar.

CATCHPLAY menyediakan sederet film dalam kategori Tontonan Gratis yang bisa kamu nikmati tanpa harus berlangganan. Kamu juga bisa menjadi pelanggan bulanan untuk menonton lebih banyak film sepuasnya, atau menyewa per film dengan biaya Rp27.000 untuk dua hari di platformnya.

Download

4. Netflix

Netflix | Screenshot

Koleksi
– Film: Hollywood, Indonesia, dokumenter, orisinal
– Serial TV: Barat, Indonesia, orisinal
Biaya
– Mulai dari Rp109.000 per bulan (gratis uji coba berlangganan untuk satu bulan pertama)

Netflix merupakan layanan VOD yang terkenal akan film dan serial TV orisinalnya yang eksklusif. Beberapa dokumenter dan serial TV orisinal tersebut bahkan masuk nominasi di ajang penghargaan bergengsi, seperti dokumenter 13th di Academy Awards, Stranger Things di Grammy Awards, dan The Crown di Golden Globe Awards.

Meski memiliki koleksi film yang melimpah, tidak semua konten yang ada dalam Netflix bisa diakses oleh para pelanggannya di Indonesia. Layanan mereka juga tidak bisa diakses lewat jaringan internet Telkom per September 2017.

Download

5. Amazon Prime Video

Amazon Prime Video | Screenshot

Koleksi
– Film: Hollywood, Bollywood, mancanegara, orisinal
– Serial TV: Barat, mancanegara, orisinal
Biaya
– Berlangganan US$2,99 (sekitar Rp40.000) untuk enam bulan pertama, setelahnya US$5,99 (sekitar Rp88.000.

Sama seperti Netflix, Amazon Prime Video menawarkan sederet film dan serial TV orisinal yang tidak bisa ditemukan di platform lainnya. Pelanggan Prime Video juga bisa menikmati beragam fitur premium di Twitch, platform streaming video online khusus video game.

Berlangganan Prime Video membutuhkan kartu kredit atau debit dengan biaya yang ditagihkan masih dalam mata uang dolar Amerika Serikat. Layanan ini juga belum bisa diakses melalui jaringan internet milik Telkom per September 2017.

Download

6. Genflix

Genflix | Screenshot

Koleksi
– Film: Hollywood, Thailand, Korea Selatan, Eropa, Indonesia
– Serial TV: Barat, Indonesia, Korea Selatan, anime, liga Indonesia
Biaya
– Berlangganan Rp49.000 per bulan

Layanan VOD dari Indonesia ini memiliki keunikan dengan menyediakan paket khusus untuk menonton siaran sepak bola liga lokal. Kamu juga bisa menemukan beragam film dalam ataupun luar negeri yang cukup banyak.

Genflix juga menyediakan fitur untuk berlangganan paket menonton liga sepak bola dalam negeri dengan harga paket Rp10.000 saja.

Download

7. Viki

Viki | Screenshot

Koleksi
– Film: Jepang, Korea Selatan, Mandarin, Indonesia
– Serial TV: Korea Selatan, Mandarin, Jepang
Biaya
– Gratis untuk kualitas video SD (dengan dukungan iklan)
– Berlangganan US$4,99 (sekitar Rp68.000) per bulan untuk kualitas video HD dan tanpa iklan

Layanan VOD milik Rakuten ini mengkhususkan diri untuk menyediakan konten dari Asia, terutama Asia Timur. Menariknya, konten dalam Viki bisa gratis berkat dukungan iklan yang ada dalam platformnya.

Selain menampilkan konten yang tersedia secara luas, Viki juga memiliki serial orisinal yang tak bisa kamu temukan di platform lain. Proses penulisan teks alih bahasanya pun dikerjakan secara bersama-sama oleh para penggunanya di seluruh dunia.

Download

8. Viu

Viu | Screenshot

Koleksi
– Film: Korea, Bollywood, Jepang, Mandarin, Thailand, Indonesia
– Serial TV: Korea, Jepang, Mandarin, Indonesia
Biaya
– Gratis untuk konten tertentu (dengan dukungan iklan)
– Berlangganan Rp30.000 per bulan (gratis uji coba 30 hari pertama) untuk mengakses konten premium

Layanan VOD asal Hong Kong ini mengandalkan kelengkapan konten serial drama Korea Selatan terbaru, sinetron, dan film India. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan drama Korea yang digandrungi di Indonesia, Malaysia, India, dan Singapura, Viu telah menggandeng empat studio besar dari negeri ginseng. Empat studio yang dimaksud adalah KBS, CJ, SBS, dan MBC.

Viu masuk ke Indonesia dengan menggandeng Telkom, sehingga memungkinkan pelanggan Indihome bisa menikmati Viu gratis secara otomatis selama satu bulan. Selain lewat televisi, Viu juga dapat diakses melalui desktop dan aplikasi.

Download

9. MOX

Mox | Screenshot

Koleksi
– Film: Indonesia
– Serial TV: tidak ada
Biaya
– Sewa Rp15.000 per film untuk satu kali masa sewa.

Ketika banyak layanan VOD menyediakan serial dari luar negeri, MOX justru mengkhususkan diri di konten lokal. Fokus tersebut merupakan salah satu upaya Mox mewujudkan visi melestarikan film-film Indonesia serta mengurangi pembajakan.

Layanan yang lahir pada Juni 2016 lalu ini mengklaim telah memiliki lima ratus judul film Indonesia. Lamanya rentang waktu untuk menikmati film tergantung dari tahun produksi.

Download

10. Google Play Movies & TV

Google Play Movies TV | Screenshot

Koleksi
– Film: Hollywood
– Serial TV: tidak ada
Biaya
– Sewa rata-rata Rp25.000 per film untuk dua hari.
– Beli film dengan harga bervariasi.

Layanan VOD resmi dari Google ini termasuk yang paling update menawarkan film-film baru yang beberapa bulan lalu tayang di bioskop. Koleksi film yang ditawarkan terbilang lengkap, mulai dari film teranyar hingga lawas dan dari semua rumah produksi papan atas Hollywood.

Sayangnya layanan Google Play di Indonesia tidak mencakup serial TV, koleksinya pun terbatas pada film Hollywood saja. Namun setidaknya kamu bisa menyewa film lewat platform ini dengan mudah—cukup pilih di Google Play Store—dengan harga yang cukup terjangkau.

Download

Sumber: Tech in Asia

About Author