April 20, 2024

Setiap tahunnya, acara Internationale Funkausstellung Berlin atau IFA selalu membawakan kejutan lewat produk-produk elektronik yang diperkenalkan di ajang pameran teknologi terbesar di Eropa itu. IFA 2016 ini pun tidak lepas dari pameran produk elektronik konsumen yang tidak kalah menarik. Mulai dari laptop tertipis dari di dunia dari Acer hingga Walkman berlapis emas milik Sony. Inilah rangkuman sepuluh perangkat paling menarik yang diperkenalkan di ajang IFA 2016 yang kini sedang berlangsung dari tanggal 2 sampai 7 September 2016 di Berlin.


1. Seri laptop Acer Swift

Rangkuman IFA 2016 |Screenshot 1

Salah satu produk terbaru yang dikenalkan oleh Acer pada ajang IFA 2016 ini adalah seri laptop terbaru Acer Swift, dengan Acer Swift 7 sebagai produk unggulannya. Acer mengklaim bahwa Acer Swift 7 merupakan laptop tertipis di dunia dengan ketebalan kurang dari 1 sentimeter saja.

Kendati memiliki bodi yang tipis, Acer Swift 7 disokong dengan  prosesor Intel i5 generasi ketujuh, SSD 256 GB, RAM 8 GB, serta baterai dengan ketahanan sembilan jam. Spesifikasi yang cukup bisa diandalkan mengingat laptop ini hanya memiliki berat 1,1 kilogram saja.

Seri laptop Swift lainnya yaitu Swift 1, 3, dan 5 memiliki layar 14 inchi serta bodi yang lebih tebal. Ketiga laptop tersebut tampaknya dibuat untuk menyasar kategori laptop menengah ke bawah.

2. Moto Z Play dan Moto Mod dari Hassleblad

Rangkuman IFA 2016 |Screenshot 2

Setelah diluncurkan bulan Juni 2016 silam, Motorola dan Lenovo kembali memperkenalkan perangkat terbaru dari seri Moto Z yaitu Moto Z Play. Seri terbaru ponsel pintar dengan teknologi modular ini diluncurkan untuk melengkapi Moto Z dan Moto Z Force yang lebih dahulu meluncur ke pasaran.

Meskipun mengusung spesifikasi lebih rendah dari kedua pendahulunya, Moto Z Play memiliki keunikannya sendiri. Mengepak prosesor Qualcomm Snapdragon 625, RAM 3 GB, ruang penyimpanan internal 32 GB, dan Android 6.0.1, Moto Z Play juga dibekali baterai sebesar 3510 mAh yang diklaim Motorola mampu bertahan selama 45 jam dalam pemakaian normal.

Selain memperkenalkan smartphone terbaru, Motorola juga merilis Moto Mod terbaru yang merupakan perangkat aksesoris modular yang bisa dipasang di pada bagian belakang seri ponsel Moto Z. Moto Mod terbaru berupa kamera Hassleblad 12 megapiksel ini dilengkapi dengan teknologi optical image stabilization (OIS), flash xenon, serta kemampuan zoom 10 kali lipat. Perangkat modular ini juga mampu menghasilkan gambar dalam format RAW.

3. Qualcomm Snapdragon VR820

Rangkuman IFA 2016 |Screenshot 3

Merasa tidak mau ketinggalan dalam perlombaan di industri VR, Qualcomm memperkenalkan perangkat VR yang diberi nama Snapdragon VR820. Headset yang bisa bejalan sendiri ini merupakan hasil kolaborasi antara Qualcomm dan Goertek, pabrikan elektronik asal Tiongkok.

Sebagai perangkat referensi bagi mitra Qualcomm, Snapdragon VR820 dilengkapi oleh berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah teknologi inside out yang  kemampuan pelacakan posisi kepala yang lebih baik, serta layar dengan resolusi tajam 1440 x 1440 pixel untuk setiap mata.

4. B&O Beosound 1 dan 2

Rangkuman IFA 2016 |Screenshot 4Mengantongi predikat produsen perangkat audio premium, Bang & Olufsen tidak ketinggalan dalam memperkenalkan produk terbarunya di IFA 2016 ini. Tidak tanggung-tanggung, B&O memperkenalkan dua produk pengeras suara sekaligus dengan nama Beosound 1 dan Beosound 2.

Kedua perangkat ini memiliki konsep unik dengan desain berbentuk cone dan berbahan dasar alumunium yang mampu menghasilkan suara 360 derajat ke berbagai arah. Kedua perangkat audio ini dibekali sensor canggih untuk mengubah arah suara sesuai lokasi penggunanya.

Beosound 1 merupakan perangkat portabel dengan baterai isi ulang sedangkan Beosound 2 mengusung bentuk yang lebih besar dan lebih bertenaga sehingga harus selalu terhubung listrik. Kedua perangkat ini akan dirilis dengan banderol US$1.500 (sekitar Rp20 juta) untuk Beosound 1 serta US$1.800 (sekitar Rp24 juta) untuk Beosound 2.

5. Sony Walkman Signature Series

Rangkuman IFA 2016 |Screenshot 5

Di era layanan streaming musik, rupanya seri pemutar musik Sony satu ini menolak untuk mati. Seakan memantapkan posisi brand Walkman sebagai pemutar audio kelas premium, Sony memperkenalkan produk Signature Series yang berlapis emas murni dengan harga fantastis.

Signature Series ini terdiri dari tiga produk yang berbeda. Pemutar musik Walkman, amplifier,  serta sebuah headphone yang masing-masing dapat ditebus seharga US$3.200 (Rp42 juta), US$2.100 (Rp27 juta), dan US$2.200 (Rp29 juta). Dengan harga premium seperti itu, sulit membayangkan seperti apa kualitas audio yang dihasilkan oleh Sony Walkman Signature Series ini.

6. HP Elite Slice

Rangkuman IFA 2016 |Screenshot 5

Setelah Motorola dengan aksesoris smartphone modular milik mereka, sekarang giliran HP menunjukkan kebolehan mereka lewat perangkat PC modular. Ya, PC modular dengan nama HP Elite Slice ini merupakan sebuah PC yang memungkinkan pengguna memasang komponen tambahan sesuai dengan kebutuhan tanpa perlu repot-repot membongkarnya.

Dalam perilisan perdananya, HP memperkenalkan tiga komponen tambahan sekaligus, diantaranya modul audio yang merupakan perangkat pengeras suara dengan dukungan teknologi Bang & Olufsen, modul disc drive untuk memutar piringan CD dan DVD, serta modul VESA untuk memasang PC di dinding. Ke depannya HP berencana menambahkan jajaran komponen tambahan seperti modul pengisian daya nirkabel.

7. Sphero Force Band

Rangkuman IFA 2016 |Screenshot 7

Setahun setelah merilis Sphero BB-8, kini perusahaan tersebut siap meluncurkan perangkat baru yang lagi-lagi menggoda iman para pecinta Star Wars. Sphero Force Band merupakan perangkat wearable yang dapat terhubung dengan Sphero BB-8 sehingga pengguna bisa mengendalikannya hanya dengan gestur tangan saja.

Untungnya, tanpa Sphero BB-8 pun pemilik Force Band tetap dapat menggunakan perangkat ini. Saat dihubungkan dengan smartphone, Force Band memiliki fitur seperti Training Mode yang dapat mengeluarkan efek suara light saber dan pistol laser dengan gestur tangan yang tepat. Force Awareness Mode memungkinkan pengguna mencari koleksi tidak terlihat yang harus dicari dengan gestur tangan yang sekilas mirip dengan konsep permainan Pokémon GO.

8. Garmin VIRB Ultra 30

Rangkuman IFA 2016 |Screenshot 8Garmin tidak ketinggalan hadir untuk memeriahkan acara IFA 2016 dengan merilis action cam terbaru VIRB Ultra 30 yang memiliki segudang fitur unik yang jarang dimiliki kamera sejenis.

Seperti para pendahulunya, VIRB dan VIRB XE, VIRB Ultra 30 memiliki fitur GPS yang menjadi spesialisasi Garmin sebagai penyedia perangkat GPS unggulan. Sebagai tambahan, VIRB Ultra 30 memiliki fitur-fitur seperti layar sentuh, dukungan resolusi 4K sampai dengan 30 fps, OIS, serta mengusung fitur livestreaming  untuk YouTube.

Sebagai fitur andalannya, VIRB Ultra 30 memiliki fitur perintah suara yang memungkinkan pengguna mengendalikan kamera hanya dengan suara saja. Dengan segudang fitur yang dimiliki oleh VIRB Ultra 30, rasanya kamera ini mampu bersaing dengan jajaran action cam premium seperti GoPro Hero.

9. Acer Predator 21 X

Rangkuman IFA 2016 |Screenshot 9

Tidak berhenti di jajaran seri laptop Acer Swift, Acer juga memperkenalkan laptop gaming terbaru Acer Predator 21 X. Dari penampakannya yang besar dan mengintimidasi, kita bisa mengira-ngira seperti apa spesifikasi yang ditawarkannya. Ya, spesifikasi yang diusung oleh laptop ini membuat saya mau tidak mau memasukkan produk Acer di daftar ini untuk kedua kalinya.

Acer Predator 21 X ditenagai oleh prosesor Intel generasi ketujuh, dua buah GPU GeForce GTX 1080,  lima buah cooling fan, ruang penyimpanan SSD hingga 4 TB, serta layar lengkung 21 inchi. Sebuah spesifikasi yang sangat fantastis bahkan untuk standar PC gaming sekalipun.

Jika spesifikasi di atas belum cukup, Acer Predator 21 X juga dibekali dengan empat buat slot RAM yang mendukung hingga 64 GB memori. Acer Predator 21 X juga dibekali keyboard mekanik, sistem audio 4.2, serta teknologi eye-tracking dari Tobii. Semua spesifikasi ini dikemas dalam bodi berbahan metal dengan berat “hanya” 8 kilogram.

10. Lenovo Yoga Book

Rangkuman IFA 2016 |Screenshot 10

Produk terbaru Lenovo ini menjadi salah satu perangkat yang menjadi pusat perhatian di pameran IFA 2016 ini. Lenovo Yoga Book sejatinya merupakan sebuah tablet mengusung desain clamshell yang dapat dilipat hingga 360 derajat seperti produk Lenovo dengan prefiks Yoga lainnya. Yang membuatnya berbeda, Yoga Book mengganti keyboard konvensional dengan sebuah panel tipis yang menerima input sentuhan maupun stylus.

Dalam satu sentuh tombol, panel ini dapat memunculkan keyboard sentuh dan menghilangkannya untuk input stylus sesuai dengan kebutuhan. Uniknya, Yoga Book juga menerima input dari tulisan tangan dengan pena di atas kertas yang di taruh di atas panel tersebut sehingga pengguna bisa melihat hasil tulisannya langsung pada layar tablet.

Untuk spesifikasi, Yoga Book mengusung layar 10.1 inchi dengan resolusi Full HD, prosesor Intel Atom X5, RAM 4 GB, serta ruang penyimpanan 64 GB dengan tambahan external storage. Lenovo Yoga Book menawarkan dua varian yaitu Windows 10 dan Android.

Sumber: Tech in Asia

About Author