April 19, 2024

Kesehatan bisa dibilang merupakan salah satu sektor startup yang cukup aktif di Indonesia. Meningkatnya penetrasi internet membuat masyarakat mulai memanfaatkannya untuk mencari informasi seputar kesehatan. Berikut 17 Start Up yang memberikan layanan kesehatan di Indonesia.

1. Ovula

ovulaa

Ovula merupakan aplikasi mobile tentang kehamilan. Dengan aplikasi ini, para wanita bisa mendapat informasi tentang kehamilan dan kesehatan reproduksi menggunakan Metoda Ovulasi Billings (MOB). Aplikasi inidikembangkan oleh Friesca Saputra dan Yuvensia Lidya Riyanto. Friesca sendiri merupakan seorang dokter muda. Ia mendapat inspirasi untuk mengembangkan aplikasi Ovula melalui pengetahuan tentang MOB yang iaperoleh saat mengikuti sebuah kursus kesehatan.

ovula

2. HaloDoc

halodoc

HaloDoc merupakan aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna (pasien) untuk berkonsultasi dengan dokter.Untuk bisa berkonsultasi, pengguna akan dikenakan biaya mulai dari Rp60.000 hingga Rp120.000. Besar kecilnya tarif ditentukan oleh dokter yang telah tergabung di HaloDoc. Hingga saat ini HaloDoc mengklaim telah memiliki sekitar 16.000 dokter dari berbagai kategori spesialis penyakit. HaloDoc sendiri berada di bawah naungan PT. Media Dokter Investama yang juga sempat mengembangkan aplikasi kesehatan, yaitu ApotikAntar dan LabConX.

halo doc

3. Alodokter

Alodokter | Screenshot
Alodokter merupakan situs penyedia informasi seputar kesehatan seperti macam-macam penyakit, obat, dan tip hidup sehat. Selain mencari informasi seputar kesehatan, pengguna juga bisa bertanya langsung kepada dokter melalui menu Tanya.

Pada menu yang juga berfungsi sebagai komunitas tersebut, pengguna bisa menuliskan pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh dokter-dokter yang telah bergabung dengan Alodokter.

Untuk melakukan hal itu, pengguna diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu menjadi anggota Alodokter. Pertanyaan dan jawaban tersebut kemudian juga bisa dilihat oleh pengunjung lain.

 

4. Dokter.id

Dokter Id |Screenshot
Setelah memperoleh pendanaan dari RingMD pada awal bulan Maret lalu, situs yang awalnya bernama Pilihdokter ini kemudian berganti nama menjadi Dokter.id. Situs ini menyediakan beragam informasi kesehatan dan juga layanan tanya jawab langsung ke dokter.

Menariknya, Dokter.id juga menyediakan sebuah platform untuk memeriksa bagian tubuh yang sakit melalui menu Cek Sakit Anda. Melalui menu tersebut pengguna akan dipandu secara bertahap untuk memeriksa penyakit dalam tubuh mereka, mulai dari mengidentifikasi bagian tubuh hingga memilih tanda atau gejala penyakit yang timbul.

Nantinya secara otomatis sistem Dokter.id akan memberikan identifikasi jenis penyakit yang dialami beserta penjelasan mengenai penyakit tersebut.

Diluncurkan pada: 2013, kemudian berganti nama pada bulan Maret 2015
Peringkat: Belum masuk indeks peringkat situs

5. MeetDoctor

Meetdoctor | Screenshot
Sama halnya dengan kedua startup sebelumnya, MeetDoctor merupakan situs penyedia informasi seputar kesehatan seperti gejala-gejala dari sebuah penyakit, cara perawatan, dan lainnya. MeetDoctor juga memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan seputar kesehatan yang nantinya akan dijawab oleh dokter yang bersangkutan.

Selain itu, MeetDoctor juga menyediakan dua fitur analisa kesehatan tambahan, yaitu Prevention Diabetes untuk memeriksa apakah Anda memiliki diabetes atau tidak dan Ironmeter untuk mengetahui sirkulasi menstruasi.

6. Klikdokter

Klikdokter | Screenshot
Klikdokter merupakan sebuah situs direktori, platform tanya jawab, dan media online yang membahas seputar kesehatan. Fitur direktori yang dimiliki menyediakan beragam informasi tentang dokter, obat, rumah sakit, dan apotek dari berbagai provinsi di Indonesia. Klikdokter menyediakan dua platform tanya jawab, yaitu secara manual dan tanya jawab langsung kepada dokter.

Selain itu, Klikdokter juga menyediakan kolom khusus bernama Klikmed yang berisi publikasi-publikasi kesehatan dari beragam dokter yang terjaring dalam ikatan dokter yang bekerja sama dengan Klikdokter.

7. Tab a Doctor

tab-a-doctor | screenshot
Tab a Doctor merupakan situs direktori yang memungkinkan pengguna untuk mencari dokter, rumah sakit, dan layanan kesehatan di negara Singapura dan Malaysia. Startup ini mengklaim memiliki lebih dari 1.100 dokter spesialis.

Pengguna bisa mencari berdasarkan spesialisasi, rumah sakit, atau nama dokter. Nantinya, Tab A Doctor akan menampilkan daftar dokter yang sesuai dengan kriteria yang dimasukkan. Pengguna bisa mengamati informasi detail dari dokter sebelum memberi pertanyaan atau membuat janji dengan dokter bersangkutan.

8. Tanyadok

Tanyadok | Screenshot
Sesuai namanya, Tanyadok merupakan sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan seputar kesehatan yang kemudian akan dijawab oleh dokter. Tanyadok mengklaim memiliki lebih dari 300 dokter yang ikut berkontribusi. Selain platform tanya jawab, Tanyadok juga menyediakan artikel-artikel kesehatan untuk menambah wawasan para pengunjung situs ini.

9. Udoctor

home-page-udoctor | screenshot
Udoctor merupakan layanan kesehatan milik Telkom yang memungkinkan pengguna untuk melakukan konsultasi langsung kepada dokter secara online. Hal ini bisa dilakukan karena para dokter bisa membuat sebuah klik virtual layaknya tempat praktek di dunia nyata. Sebagai pelengkap, Udoctor juga menyediakan artikel-artikel kesehatan untuk menambah wawasan pengguna. Udoctor juga menyediakan beberapa alat kesehatan sebagai fitur tambahan, yaitu Health Meter, Cek Gejala Kesehatan, dan Personal Healthcare.

10. DokterSehat

DokterSehat | Screenshot
DokterSehat merupakan portal kesehatan yang menyediakan informasi, konsultasi, kalkulator, dan direktori kesehatan secara online. Layanan ini mengklaim menyediakan informasi kesehatan yang ditulis langsung oleh dokter. Informasi tersebut dikemas dalam bentuk artikel. Beberapa kategori yang ada di dalamnya adalah Kesehatan Umum, Pengobatan Medis, dan Psikologi.Selain bisa diakses melalui situs resminya. DokterSehat juga telah meluncurkan aplikasi iOS dan Android.

dokter sehat

11. Practo

Practo | Screenshot
Practo merupakan situs memungkinkan konsumen untuk mencari dokter yang sesuai dengan kebutuhan penyembuhan penyakit mereka. Pilihan dokter yang ada di layanan Practo bisa dicari berdasarkan keahlian, pengalaman, dan spesialisasi. Practo mengklaim memiliki lebih dari 4.200 dokter yang tersebar di lebih dari separuh klinik di DKI Jakarta.

12. Dokter Gratis Plus

DokterSehat | Screenshot
Doctor Gratis Plus ini memungkinkan pasien berkonsultasi medis dengan dokter secara langsung melalui teleconference. Aplikasi ini dikelola oleh Health 2i, startup asal Singapura. Di Indonesia Health 2i bekerja sama dengan Microsoft Indonesia dalam operasional dan pengembangan aplikasi tersebut. Aplikasi Doctor Gratis Plus memang dapat diunduh secara cuma-cuma, namun untuk menikmati seluruh layanan di dalamnya pengguna diwajibkan untuk berlangganan. Biayanya sebesar $9,95 (sekitar Rp141.000) per bulan atau $99 (sekitar Rp1,4 juta) per tahun.

doctor gratis

13. LabconX

Labconx | Screenshot
LabConX merupakan situs yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pemesanan Tes Lab secara online. Hal ini tentunya dapat menghemat waktu perjalanan dari pada harus pergi dari satu lab ke lab yang lain. startup ini mengklaim telah bekerja sama dengan tujuh laboratorium seperti Prodia dan Biotest untuk memastikan hasil pemeriksaan akurat. Setelah pengguna memilih jenis pemeriksaan yang akan dilakukan, LabConX akan memberikan daftar perbandingan harga pemeriksaan dari sejumlah laboratorium dan klinik.

14. Konsula

konsula
Konsula merupakan pemain baru di ranah startup kesehatan. startup ini menyediakan dua layanan utama. Yaitu Konsula Directory untuk mencari dokter dan Konsula Connect, software untuk mengelola tempat praktik bagi para dokter.Layanan tersebut baru bisa dinikmati melalui situs resmi Konsula. Sedangkan untuk versi mobile masih dalam tahap pengembangan. Startup ini dibentuk oleh Shinta Nurfauzia, Johannes Ardiant, dan Ronald Wijaya, tiga orang lulusan Universitas bergengsi di Amerika Serikat. Konsula juga telah memperoleh investasi tahap awal sebelum produk mereka diluncurkan.

15. Medico

medico

Medico merupakan startup yang menyediakan piranti lunak untuk mengelola rumah sakit. Namun, produknya yang masih dalam tahap pengembangan ini dijadwalkan meluncur pada kuartal kedua 2016.Startup ini dibentuk oleh Grace Tahir dan Jonathan Sutantyo. Keduanya telah menjadi pemain di industri kesehatan selama 30 tahun. Berdasarkan pengalaman tersebut, mereka mengenali adanya sejumlah masalah yang kerap dihadapi pengguna piranti lunak untuk mengelola rumah sakit.

16. Apotik Antar

apotik antar | screenshot

Sesuai namanya, Apotik Antar merupakan situs e-commerce yang menyediakan berbagai produk kesehatan. Layaknya apotek pada umumnya, Apotik Antar menyediakan obat-obatan, vitamin, dan lainnya. Apotik Antar telah menjalin kerja sama dengan sejumlah apotek yang ada di kota-kota besar di Indonesia. mulai dari Jakarta, Surabaya, Bandung, hingga kota-kota besar di luar pulau Jawa seperti Palembang, Pontianak, dan Balikpapan. Dengan jalinan kerjasama ini, obat akan diantar dari apotek yang terdekat dari rumah pengguna layanan.

17. ProSehat
ProSehat | screenshot

ProSehat merupakan sebuah marketplace yang khusus menjual berbagai produk kesehatan, seperti obat-obatan, jamu, dan multivitamin. Jadi tidak ada lagi skenario yang membuat kamu pusing karena mengunjungi satu apotek ke apotek yang lain. Cara kerja layanan ProSehat terbilang simpel. Setelah mendapatkan resep dari dokter, pengguna bisa langsung mengunggah foto resep mereka melalui fitur Kirim Resep. Selain itu, pengguna juga bisa menuliskan pesanan obat lain atau pun diagnosis dari sang dokter.

About Author