April 29, 2024

Apakah kamu menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi utama dalam berkomunikasi di HP Android kesayangan kamu? Selain kaya akan fitur, aplikasi yang kini sudah digunakan secara luas indonesia tersebut juga terkenal akan kompatibilitasnya yang oke di segala platform dan jenis HP.

Tapi apakah kamu tahu bahwa ada banyak pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan nama tenar dari WhatsApp untuk mengelabui orang lain dan berusaha meraup untung dari mereka? Makanya, melalui artikel penting berikut ini kami ingin memberitahu kalian semua, 5 jenis penipuan berbahaya yang mengatasnamakan whatsapp.

1. Fake Voicemail

whatsapp-scam-1Fake voicemail merupakan salah satu jebakan yang dibuat oleh hacker-hacker yang ingin mengambil informasi berharga dari smartphone kamu. Mereka mengirimkan email berisi pesan bahwa ada pesan suara (voicemail) melalui WhatsApp yang belum kamu dengarkan. Untuk mendengarkannya, kamu diminta untuk menekan sebuah tombol Play di email tersebut. Namun, tombol tersebut rupanya terhubung ke sebuah malware yang dapat mencuri informasi pribadi bahkan mengunci smartphone kamu secara tidak bertanggungjawab.

Untuk info selengkapnya, kamu bisa membaca artikel berjudul Bagi Kamu Pengguna WhatsApp, Jangan Buka Email Ini Jika Tidak Mau Kena Virus! ini.

2. WhatsApp Gold Edition

whatsapp-scam-2Pengen gaul dan tampil elegan? Di internet beredar WhatsApp versi MOD yang bernama WhatsApp Gold Edition. WhatsApp tersebut memang berwarna emas, berikut tambahan-tambahan seperti emoji baru dan background yang khusus. Akan tetapi, ia menuntut kamu untuk membayar 40 dollar setiap bulannya agar dapat terus menggunakan WhatsApp Gold Edition ini. Sia-sia sekali.

3. WhatsApp’s Spy

whatsapp-scam-3Di Google, ada banyak sekali website yang menawarkan jasa untuk menyadap akun atau chat WhatsApp dari orang lain. Namun hal yang perlu diingat adalah, di antara semua jasa tersebut, sebagian besarnya adalah malware yang siap untuk mencuri data pribadi dari smartphone kesayangan kamu. Jadi yang awalnya kamu ingin mengetahui informasi pribadi orang lain melalui aplikasi sadap tersebut, eh justru malah smartphone kamu yang kena batunya.

4. $500 Starbucks Gift Card

whatsapp-scam-4Ada scam yang beredar di internet mengatasnamakan Starbucks dan ia meminta pembacanya untuk mengikuti survey. Survey palsu yang sebenarnya berasal dari pihak tidak bertanggungjawab tersebut berusaha untuk mencuri data pribadi, dan semakin hari variannya semakin banyak. Ada yang mengatasnamakan McDonald, IKEA< H&M, KFC, 7-Eleven, hingga Zara. Waspadalah!

5. Investment Fraud

whatsapp-scam-5Pada beberapa waktu yang lalu sempat beredar sebuah bentuk penipuan yang menyerang pengguna WhatsApp. Penipuan tersebut berisi ajakan untuk berinvestasi ke sebuah perusahaan bernama Avra Inc. Pesan itu mengklaim bahwa setiap investor yang menyimpan uangnya di Avra akan mendapatkan keuntungan hingga berkali-kali lipat. Sayangnya, godaan tersebut hanya akal-akalan pihak tertentu saja. Scammer yang bertanggungjawab dalam aksi penipuan ini akan menipu setiap investor dan menghisap uang mereka dengan mempermainkan nilai saham.

Itulah dia 5 penipuan mengatasnamakan WhatsApp yang perlu kamu ketahui. Melalui artikel berikut kami harapkan agar kalian semua yang menggunakan WhatsApp dapat berhati-hati atas beragam penipuan yang beredar.

Sumber: Jalan Tikus

About Author