April 28, 2024

Pada tanggal 13 Februari 2017 kemarin, program pelatihan entrepreneur Founder Institute Jakarta kembali mengumumkan sembilan nama yang berhasil lulus dari program terbaru mereka. Sembilan founder tersebut berhasil menyisihkan 66 founder lain dalam beberapa tahap eliminasi di program yang bertajuk Jakarta Summer 2016.

Dalam program berdurasi empat bulan yang dimulai sejak tahun 2016, Founder Institute Jakarta mengaku kalau mereka menerima sekitar lima ratus pendaftar di awal registrasi. Mereka pun terpaksa harus menolak sebagian besar dari para pendaftar, dan hanya memilih 75 founder untuk masuk tahap seleksi awal.

Founder Institute Jakarta merupakan salah satu program pencetak founder startup yang telah cukup lama malang melintang di tanah air. Sejak hadir mulai tahun 2011 silam, mereka telah melahirkan founder dari beberapa startup seperti IndoTrading, Wujudkan, hingga Codemi.

Dari sembilan founder yang berhasil lolos hingga tahap akhir, Founder Institute Jakarta pun memilih lima orang founder terbaik yang berhak mendapatkan dana hibah Startup Launch sebesar masing-masing Rp100 juta. Selain itu, seluruh lulusan terbaru juga akan pergi ke Silicon Valley pada tanggal 19 hingga 26 Februari 2017 guna bertemu CEO Founder Institute Adeo Rossi, serta akselerator lain di negeri Paman Sam tersebut.

Berikut adalah sembilan founder yang berhasil menyelesaikan program Founder Institute Jakarta Summer 2016 tersebut.


1. Rifki Pratomo / Andalin (lima founder terbaik)

Andalin | Screenshot

Andalin adalah layanan yang bisa membantu para pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mengimpor dan mengekspor barang ke luar negeri. Kamu hanya perlu mengirimkan segala persyaratan serta biaya yang dibutuhkan lewat platform yang mereka sediakan, dan mereka akan memastikan proses pengiriman barang lintas negara tersebut berjalan dengan baik.

Setelah berhasil lulus dari program Founder Institute, Andalin pun langsung diterima di program akselerator Ideabox gelombang keempat.


2. Erik Hormein / Sevva (lima founder terbaik)

Sevva | Screenshot

Sevva adalah marketplace yang bisa memudahkan kamu menemukan berbagai barang yang bisa disewa, mulai dari kamera, koper, hingga perlengkapan bayi. Lewat platform yang mereka sediakan, kamu cukup memilih barang yang ingin disewa dan lama waktu penyewaan. Setelah itu, Sevva akan meminta kamu membayar sejumlah uang untuk biaya penyewaan.

Serupa dengan Andalin, Sevva pun langsung diterima di Ideabox setelah lulus dari program Founder Institute kali ini.


3. Marvinus Arif / Fishare (lima founder terbaik)

Fishare | Screenshot

Fishare adalah sebuah sistem peternakan ikan yang bisa mengumpulkan berbagai data penting terkait perkembangan ikan. Data-data tersebut nantinya dapat digunakan untuk membuat proses pemberian makan kepada ikan yang lebih efisien, serta meningkatkan pendapatan para peternak ikan.

Selepas program Founder Institute ini, Fishare pun telah mendapat kesempatan kerja sama dengan Indosat Ooredoo dalam hal bantuan teknis dan pengembangan pasar.


4. Antonius Stefanus / Neetip (lima founder terbaik)

Neetip | Screenshot

Neetip adalah aplikasi mobile yang memungkinkan kamu untuk meminta seseorang yang kebetulan sedang bepergian ke luar kota, guna membeli sebuah barang tertentu. Demi memudahkan para pengguna mereka, Neetip pun telah melengkapi aplikasi mereka dengan sistem pembayaran rekening bersama (Escrow).


5. Errika Ferdinata / Bildeco (lima founder terbaik)

Bildeco | Screenshot

Bildeco adalah e-commerce khusus untuk bahan bangunan. Mereka berniat untuk menyediakan harga terbaik untuk para perusahaan konstruksi, dengan mengandalkan jaringan supplier mereka di tanah air.


6. Ary Setyono / Wsignal

wsignal | screenshot

Wsignal adalah sebuah layanan penyewaan antena yang bisa digunakan operator telekomunikasi untuk mengurangi daerah tidak terjangkau sinyal (blank spot). Mereka juga memungkinkan masyarakat untuk menyewakan tempat di rumah sebagai lokasi penempatan antena.


7. Bong Defendy / Zendmoney

ZendMoney | Screenshot

Zendmoney adalah layanan yang bisa memudahkan para pekerja Indonesia di luar negeri untuk bisa mengirim uang dengan mudah, cepat, dan aman.


8. Gimin / 3i

3i adalah startup internet of things (IoT) yang menggunakan perangkat mereka untuk membantu para pemilik pabrik mengurangi kejadian mati mendadak (shutdown) yang sering dialami oleh mesin-mesin mereka.


9. Indra Sjuriah / IndoGold

IndoGold | Screenshot

IndoGold adalah platform investasi yang memungkinkan kamu untuk menyimpan harta dalam bentuk emas. Dengan begitu, kamu bisa meminimalkan dampak inflasi mata uang terhadap aset yang dimiliki.

Sumber: Tech in Asia

About Author