April 25, 2024

Facebook merilis fitur baru, Memories, untuk para pengguna perangkat mobile. Melalui fitur baru ini, pengguna bisa lebih mudah mengakses semua momen yang telah dibagikan dengan teman-teman dan keluarga. Dilansir Phone Arena, Jumat (15/6/2018), pengguna Facebook kini bisa melihat berbagai unggahan, termasuk foto hingga acara-acara spesial lama di dalam Memories.

Facebook rilis fitur Memories

Menurut Facebook, pihaknya merasa harus menambahkan fitur seperti Memories mengingat lebih dari 90 juta pengguna setiap hari menggunakan On This Day untuk mengingat berbagai momen yang mereka bagikan di Facebook.

Oleh sebab itu, pengguna kini bisa menemukan berbagai “kisah nostalgia” di laman Memories, yang mencakup On This Day, Friends Made On This Day, Recaps of Memories dan Memories You May Have Missed.

Fitur Memories dirilis untuk aplikasi Facebook pada perangkat Android dan iOS.

Lebih lanjut, para pengguna Facebook juga bisa mengakses Memories melalui notifikasi dan pesan yang biasanya muncul di News Feed mereka. Fitur ini diharapkan mempermudah pengguna menemukan berbagai kenangan yang mereka bagikan di Facebook.

14 Juta Pengguna di Dunia Terima Peringatan dari Facebook, Ada Apa?

Terlepas dari berbagai fitur baru, Facebook juga kerap dirundung masalah. Salah satunya ketika layanan ini mengetahui ada bug yang membuat pengaturan privasi berubah.

Bug tersebut mengubah pengaturan privasi pengguna menjadi publik. Perubahan ini membuat unggahan konten privasi bisa dilihat oleh semua orang.

Sekadar diketahui, bug ini muncul pertengahan Mei 2018, tapi Facebook baru mengungkapkannya beberapa hari lalu. Facebook juga telah meminta pengguna yang terpengaruh untuk meninjau pengaturan mereka.

Dalam pernyataan kepada Engadget, Chief Privacy Officer Facebook, Erin Egan mengatakan, “Baru-baru ini kami menemukan sebuah bug yang secara otomatis menyarankan pengguna untuk mengunggah sesuatu untuk publik.”

Bug Diketahui Pertengahan Mei

Bug tersebut mulai aktif pada 18 Mei, kemudian Facebook merilis perbaikan pada 22 Mei 2018. Kendati demikian, Facebook tidak mengembalikan pengaturan status semua orang hingga 27 Mei 2018.

Bug ini muncul saat Facebook mulai mengembangkan opsi “featured items” di profil pengguna, yang bertujuan menekankan berbagai konten pilihan. Sayangnya, Facebook secara tidak sengaja jusrtu meningkatkan pengaturan publik ke semua unggahan.

Facebook pun telah mengatur ulang pengaturan status milik pengguna yang terdampak menjadi ke versi sebelumnya. Jejaring sosial itu juga berencana untuk lebih transparan memberi informasi kepada penggunanya setelah merebaknya kasus Cambridge Analytica.

Sumber: Tekno Liputan 6

About Author