April 30, 2024

Sepanjang tahun 2016, ada beragam aplikasi dan games baru yang hadir di App Store. Mengulang tradisi tahunan yang dilakukan, Apple lewat akun Twitter @AppStore sudah membagikan daftar aplikasi dan games terbaik 2016. Ada predikat App & Game of the Year untuk pemenang, App & Game Runner-Ups untuk juara kedua serta Breakout Hit yang baru pertama kali hadir tahun ini.

Aplikasi dan Games Terbaik 2016: Prisma dan Clash Royale

Prisma, aplikasi photo dan video editor dengan metode unik ini terpilih sebagai App of the Year. Perbedaan paling menarik dari Prisma dibandingkan aplikasi lain adalah teknologi Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) untuk aplikasi filter. Pengguna bisa mendapatkan efek gambar yang dibuat mirip dengan beragam lukisan dari seniman dunia. Awalnya Prisma memang hanya bisa digunakan untuk dokumen foto dan harus terkoneksi internet untuk online editing. Namun sekarang, Prisma sudah dapat digunakan secara offline dan bahkan mendukung dokumen video pendek.

Tim pengembang Supercell melalui games Clash Royale mendapatkan predikat Game of the Year. Games ini menghadirkan cara bermain lebih sederhana dibandingkan Clash of Clan yang pastinya juga kamu kenal. Masih tetap berbasis card games, kamu akan mendapatkan beragam karakter, mantra atau pertahanan untuk berlindung dari serangan musuh. Catatan paling menarik dari Clash Royale adalah mode bermain online dan terhubung kepada banyak pengguna lain di dunia serta adaptasi yang cukup mudah bagi pengguna Clash of Clan.

Download Prisma: Free Photo Editor, Art Filters Pic Effects · Harga: Gratis

 


Download Clash Royale · Harga: Gratis

App & Game Runner-Ups: MSQRD dan Reings

MSQRD adalah aplikasi untuk membuat video dengan beragam filter unik. Bisa dibilang mirip dengan filter di Snapchat, yaitu deteksi wajah yang akurat dan memberikan beberapa pilihan sesuai mimik muka. Kamu bisa menjadi zombie, panda, manusia super dengan mata yang mengeluarkan laser atau hal lainnya. MSQRD juga mendukung mode simpan dan bagikan foto serta video ya. Bahkan di versi terbarunya, kamu dapat melakukan live broadcasting dengan menggunakan beragam filter.

Reigns, games dari pengembang Devolver Digital ini mendapatkan predikat kedua untuk games terbaik di 2016. Dalam games Reigns, kamu akan menjadi raja yang selalu diberikan 2 pilihan keputusan untuk sebuah kasus. Tinggal swipe ke kanan atau kiri lalu lanjutkan dengan masalah berikutnya. Setiap jawaban yang diberikan tentunya akan mempengaruhi jalan cerita – baik dalam kisah yang romantis, patriotik atau hal lainnya.

Download MSQRD — Live Filters & Face Swap for Video Selfies · Harga: Gratis

Download Reigns · Harga: 45000

 

Breakout Hit: Pokemon GO

Bagi kamu yang belum pernah bermain, Pokemon GO adalah games untuk menangkap monster Pokemon yang mirip dengan filmnya. Kamu harus benar-benar berjalan, melihat peta dan layar di iPhone untuk menemukan monster pilihan lalu menangkap dengan PokeDex. Ada juga mode PokeStop, PokeGyms dan Battle antar pengguna lain untuk membuat permainan lebih seru.

Tingkat popularitas Pokemon GO ini juga membuat Nintendo sebagai pemilik lisensinya mendapatkan banyak keuntungan. Seperti saham yang melonjak tinggi setelah lebih dari 20 tahun serta pendapatan ekstra besar dari layanan in-app purchase di App Store

Download Pokémon GO ·

10 Best dan Apps of The Year

Selain 4 nama di atas, Apple masih punya beberapa aplikasi dan games yang masuk kategori Apps of The Year. Beberapa diantaranya sudah pernah hadir di meja review MakeMac dan sisanya akan saya tulis dalam waktu dekat ya! Berikut ini daftar lengkapnya:

10 Best Apps of the Year:

  1. Prisma
  2. MSQRD
  3. Quartz
  4. Vogue
  5. Meditation Studio
  6. Detour
  7. Credit Karma
  8. Glasses
  9. Hyper
  10. Tinycards

10 Best Apps of the Year:

  1. Clash Royale
  2. Reigns
  3. Plants vs. Zombies Heroes
  4. twofold
  5. Riptide GP: Renegade
  6. FIFA Mobile Soccer
  7. Rodeo Stampede
  8. “Klocki”
  9. Steppy Pants
  10. The Trail

Sumber: Make Mac

About Author