April 26, 2024

Pengumuman yang paling ditunggu akhirnya hadir. Ya, Apple resmi menunjukkan poster untuk gelaran acara Apple Special Event di bulan September 2016. Dapat kamu lihat pada laman Apple.com, acara ini akan berlangsung tanggal 7 September 2016. Para media yang beruntung juga sudah mendapatkan undangan untuk acara yang akan dilangsungkan Apple di gedung Bill Graham Civic Center, San Fransisco jam 10 pagi waktu setempat. Ini artinya Apple Fanboy di Indonesia dapat menikmati Live Streaming pada sekitar pukul 00.00 WIB di tanggal 8 September 2016

Sesuai prediksi dan beragam rumor yang sudah beredar, Apple akan merilis iOS 10, macOS Sierra dan watchOS 3 untuk pengguna umum. Sedangkan deretan hardware baru yang kabarnya juga akan dipamerkan adalah iPhone 7, MacBook Pro baru dan juga Apple Watch 2.

Jika kamu mengamati gambar di atas, efek bokeh menjadi efek utama pada tampilan. Ya, beberapa pihak mengatakan bahwa itu sebagai perlambang dari kamera lensa ganda di iPhone 7 nanti. Kita tunggu saja ya pekan depan, kejutan apa yang akan diberikan Apple kepada pengguna setianya di seluruh dunia.

Prediksi Soal iPhone 7 dan Produk Baru di Event 7 September

iPhone 7

Bulan September tidak lama lagi bakal segera menyambangi dalam hitungan jari. Ini artinya Apple bakal segera mengungkap wujud asli iPhone 7 setelah sekian lama menjadi bahan rumor di seantero jagat maya.

Meski belum mengumumkan tanggal resminya, Apple dirumorkan jauh-jauh hari sebelumnya bakal menyingkap tabir yang menyelubungi iPhone 7 pada hari Rabu, tanggal 7 September 2016 mendatang.

Nah sambil menunggu Apple menyebarkan undangan resmi pengumuman ponsel teranyar mereka tersebut, tim MakeMac telah merangkum sejumlah prediksi mengenai iPhone 7 dan produk-produk baru lainnya yang siap diumumkan pada event bulan September nanti.

Nama “iPhone 7”

iPhone 7

Apple pada bulan September tahun ini bisa dipastikan bakal melahirkan smartphone terbaru mereka dengan nama iPhone 7 dan bukan selainnya. Hal ini berdasarkan urutan penamaan iPhone sejak dirilisnya iPhone 6s pada tahun kemarin dan iPhone 6 di tahun 2014.

Nama iPhone 7 bahkan mendapatkan konfirmasi langsung sumber terpercaya yang diperoleh Macotakara. Media online besar asal Jepang ini terkenal dengan selalu tepatnya prediksi-prediksi mengenai produk baru Apple.

Sebelumnya sempat beredar rumor menyebutkan Apple bakal menamakan generasi terbaru smartphone mereka dengan iPhone 6SE lantaran bakal mengusung desain yang tidak jauh berbeda dari versi terdahulunya.

Desain Mirip seperti iPhone 6s

iPhone 7 Plus - iPhone 6s Plus

Sudah banyak rumor, foto, bahkan video bocoran menunjukkan iPhone 7 bakal menjadi iPhone pertama yang diluncurkan Apple mengusung desain mirip seperti pendahulunya, iPhone 6s. Seperti versi yang ada di pasaran saat ini, iPhone 7 secara tampilan masih bakal dilengkapi dengan bodi terbuat dari metal, berjenis candy-bar dengan sisi dan sudut yang membulat.

Walaupun desain iPhone baru itu tidak bakal mengalami perubahan signifikan dari yang seharusnya–3 tahun Apple meluncurkan iPhone dengan desain sama–, Apple menyiapkan sedikit perubahan di bagian desain antena.

Berbeda dari yang dimiliki iPhone 6s, desain garis-garis antena di belakang bodi iPhone 7 tidak melintang. Sekarang garis antenanya diletakan sejajar lekukan sudut-sudutnya dan membuatnya terlihat bersih dan tidak mengganggu pandangan.

Dua Model iPhone 7

iPhone 7

Apple seperti tahun sebelumnya rencananya bakal meluncurkan dua model iPhone terbaru. Versi pertama adalah iPhone 7 yang bakal dibekali dengan bentang layar berukuran 4,7 inci dan layar jumbo 5,5 inci di iPhone 7 Plus.

Sempat juga beredar rumor mengatakan Apple menyiapkan iPhone 7 Pro, varian model baru yang dipersenjatai dengan kamera lensa ganda dan Smart Connector. Namun kemudian, kehadiran iPhone 7 Pro dengan spesifikasi lebih tinggi daripada dua model lainnya cepat menguap karena Apple dikabarkan sudah membatalkannya.

Konfigurasi Kamera iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

iPhone 7

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus digadang-gadang bakal hadir dengan konfigurasi kamera yang bisa menghasilkan foto dengan kualitas lebih baik khususnya dalam keadaan minim cahaya sekalipun. Hal itu ditunjukkan dengan desain sensor dan bolongan kamera yang lebih besar di kedua iPhone baru tersebut walaupun mengusung resolusi yang sama seperti sebelumnya.

Kualitas foto kamera iPhone 7 Plus bahkan diklaim setara menggunakan kamera DSLR lantaran kabarnya bakal mengusung konfigurasi kamera lensa ganda. Kamera dengan konfigurasi demikian bisa mengambil dua foto secara bersamaan, mengubah fokus, dan menggabungkannya menjadi satu foto dengan kualitas yang sangat bagus.

Jack Headphone Absen

iPhone 7 Jack

iPhone 7 digadang-gadang juga bakal menjadi iPhone pertama yang tidak dilengkapi port audio headphone jack 3,5mm. Sebagai gantinya, Apple bakal menyematkan grille speaker tambahan di sebelah kanan dan menyiapkan adaptor kabel Ligthning-headphone jack buat mendengarkan musik di iPhone 7.

EarPods Nirkabel

Adaptor Kabel Lightning Headphone Jack

Selain menyediakan adaptor kabel Lightning-headphone jack 3,5mm, mendengarkan musik bisa dilakukan dengan menggunakan EarPods nirkabel yang rumornya sedang dikembangkan Apple.

EarPods nirkabel itu kabarnya bakal dinamakan AirPods yang patennya sudah lama didaftarkan. Kehadiran AirPods cukup masuk akal mengingat kini sudah mengarah ke era dunia tanpa kabel, termasuk mendengarkan musik.

Home Button Jenis Baru

Home Button

Fitur baru lainnya yang bakal dibawa iPhone 7 adalah Home Button baru berjenis kapasitif dengan haptic feedback (Force Touch). Dengan kata lain, tombol buat mengoperasikan iPhone baru tersebut cukup dengan sentuhan jari saja dan tidak perlu ditekan-tekan seperti di iPhone generasi sebelumnya.

Tak Ada Storage 16GB dan 64GB

iPhone 7

Salah satu fitur menarik yang tentunya sudah lama didambakan para Apple Fanboy adalah iPhone 7 bakal tersedia dengan kapasitas ruang penyimpanan internal dua kali lebih besar dari sebelumnya.

Apple kabarnya bakal meluncurkan iPhone 7 dengan kapasitas storage mulai 32GB, 128GB, dan 256GB. Ini berarti bahwa Apple tidak akan lagi mengadopsi storage 16GB yang kini sudah tidak mencukupi untuk menyimpan banyak aplikasi atau file.

Selain itu, Apple juga bakal berhenti menjual iPhone dengan storage 64GB. Mereka menggantinya dengan storage pertengahan mencapai 128GB yang sudah barang tentu cukup untuk menampung banyak foto, video, atau aplikasi favorit.

Varian Warna Deep Blue/Space Black

iPhone Deep Blue

Menambah ragam warna iPhone, Apple kabarnya bakal meluncurkan iPhone 7 dengan balutan warna baru yang lebih gelap. Satu rumor menyebutkan Apple menyiapkan iPhone 7 Deep Blue.

Rumor lainnya menyebutkan bakal hadir iPhone 7 Space Black yang kehitamannya mirip seperti di perangkat Apple Watch dan komputer canggih Mac Pro. iPhone dengan warna hitam sepertinya bakal menjadi pilihan baru yang menarik karena disukai banyak pengguna.


Baca juga:


Apple Watch 2

Apple Watch

Selain iPhone 7 yang bakal menjadi bintang utama dalam event besar September nanti, Apple kabarnya juga bakal mengenalkan suksesor Apple Watch generasi pertama dengan nama Apple Watch 2.

Apple Watch 2 rumornya bakal hadir dengan membawa serangkaian fitur baru disamping desainnya bakal mirip seperti versi sebelumnya. Di antaranya adalah GPS terintegrasi, fitur anti-air yang ditingkatkan, performa prosesor lebih cepat buatan TSMC, dan baterai berkapasitas lebih besar.

Sayangnya, fitur jaringan LTE tidak jadi hadir di Apple Watch 2. Apple kabarnya masih terkendala untuk menyematkan fitur ini untuk bisa berdiri sendiri dari penggunaan iPhone.

Software

iOS 10

Selain meluncurkan iPhone 7 dan Apple Watch 2 dengan peningkatan hardware baru, Apple bisa dipastikan bakal mengumumkan tanggal perilisan sejumlah sistem operasi versi terbaru besutan mereka.

Pada event iPhone 7, Apple diharapkan bakal merilis versi terbaru dari iOS 10 buat perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch, macOS Sierra buat komputer Mac, watchOS 3 buat Apple Watch, dan tvOS 2 buat Apple TV.

iOS 10 versi terbaru membawa 10 perubahan besar di segala sisi tampilan sistem operasi dan juga performanya. Sedangkan macOS Sierra versi terbaru kehadiran integrasi asisten pribadi pintar Siri.

Selanjutnya watchOS 3 Resmi Hadir dengan Fitur Scribble, hadirnya App Breathe, SOS, wajah jam Baru. Terakhir tvOS 9.2.2 buat perangkat Apple TV 4 sudah ditambahkan sejumlah fitur baru, seperti fitur Dark Mode, pencarian video di YouTube, pencarian tayangan acara atau film berdasarkan topik, mendukung HomeKit, single sign-on, pengendalian via App Remote di iPhone.

Sumber: Make Mac

About Author