April 30, 2024

Pada bulan Juni 2016 silam, perusahaan media tanah air Emtek berhasil mendapatkan lisensi untuk mengembangkan aplikasi chat yang sebelumnya dimiliki oleh BlackBerry, yaitu BlackBerry Messenger (BBM). Sejak saat itu, Emtek pun terus mengintegrasikan berbagai layanan yang mereka miliki ke dalam aplikasi chat tersebut.

Sebagai contoh, mereka telah menghadirkan fitur Video yang berisi konten milik Vidio.com, serta memasukkan artikel-artikel dari situs Liputan6, Bola, dan Bintang, ke dalam fitur baru BBM yang bernama News.

Sepanjang minggu ini, BBM pun kembali menghadirkan dua fitur baru yang bernama BBM Shopping dan BBM Travel. Kali ini, mereka bekerja sama dengan dua perusahaan portofolio Emtek yang lain, yaitu Bukalapak dan Reservasi.

Menurut Matthew Talbot, CEO dari BBM, langkah ini mereka ambil demi memenuhi kebutuhan 64 juta pengguna aktif mereka yang berbeda-beda. “Kehadiran fitur-fitur baru ini juga bisa membuat para pengguna tetap berada di dalam aplikasi BBM dalam waktu yang lebih lama,” tutur Talbot kepada Tech in Asia Indonesia.

Belanja online lewat BBM

BBM Shopping | Screenshot

BBM menghadirkan fitur BBM Shopping secara resmi pada tanggal 2 Desember 2016 yang lalu. Dengan fitur tersebut, kamu bisa membeli berbagai barang yang dijual di marketplace Bukalapak, tanpa harus meninggalkan aplikasi BBM.

Bahkan kamu pun bisa melakukan pembayaran lewat layanan pembayaran yang telah disediakan oleh BBM, yaitu BBM Checkout. Layanan ini adalah hasil kerja sama BBM dengan Midtrans.

Pesan tiket pesawat dan booking hotel lewat BBM

BBM Travel | Screenshot

Pada tanggal 7 Desember 2016 kemarin, BBM kembali menghadirkan fitur baru yang bernama BBM Travel. Dengan fitur ini, kamu bisa memesan tiket pesawat domestik dan internasional, serta memesan kamar di 200.000 hotel di seluruh dunia yang bekerja sama dengan Reservasi.

Untuk menggunakan fitur BBM Travel ini, kamu hanya perlu memilih tujuan penerbangan atau kamar hotel yang ingin kamu pesan. Setelah itu, kamu bisa memasukkan data diri dan melakukan pembayaran lewat BBM Checkout.

Reservasi sendiri merupakan perusahaan gabungan antara Emtek dan Interpark, sebuah toko online asal Korea Selatan.

Sumber: Tech in Asia

About Author