May 22, 2024

Layanan BBM baru-baru ini telah mengumumkan pembaruan versi yang memperbolehkan para penggunanya untuk memodifikasi nomor PIN mereka. Fitur kustomisasi PIN ini sendiri merupakan salah satu di antara penambahan fitur lainnya yang diperkenalkan BBM di versi 3.3.

Beberapa fitur tersebut antara lain:
– Pengaturan warna latar chat.
– Fungsi pengunduh gambar dan video otomatis.
– Tab Featured baru

Fitur kustomisasi yang bertujuan untuk memudahkan pengguna BBM dalam mengingat identitas personal maupun teman ini dapat k amuakses lewat menu pengaturan profil. Apabila PIN yang kamu masukkan belum pernah digunakan sebelumnya, kamu bisa mengklaim kombinasi huruf dan angka tersebut sebagai identitas unik yang membedakan profilmu dengan profil lainnya.

Fungsi kustomisasi PIN bisa dibilang merupakan sebuah terobosan bagi BBM dalam memberikan kebebasan bagi pengguna setia aplikasi mereka. Sejak diperkenalkan dua belas tahun lalu, keberadaan PIN BBM telah menjadi identitas unik yang menggantikan fungsi nomor  handphone dan sebelumnya hanya tercantum satu kode PIN untuk setiap satu perangkat Blackberry.

Sertakan pembaharuan UI agar semakin efisien

Selain mengizinkan kustomisasi PIN, BBM juga melakukan penyesuaian elemen UI, khususnya bagi para pengguna Android. Elemen-elemen seperti, kontak avatar, ikon dan logo hadir dengan ukuran lebih kecil sedangkan laporan pengiriman dan dibaca dibuat lebih besar agar semakin mudah digunakan.

Pengguna BBM di Android pun juga bisa melihat catatan waktu baru, yang muncul pada gambar stiker di kolom chat mereka, sama halnya seperti catatan waktu pada pesan berbasis tulisan.

Pin BBM | Screenshot

Menu Discover BBM pun semakin panjang dengan bertambahnya beberapa fitur baru di BBM Mesenger. Untuk mempermudah pengguna menemukan fitur in-app favorit mereka, BBM juga menghadirkan tampilan grid baru di menu Discover supaya lebih mudah diakses oleh para pengguna.

CEO BBM Matthew Talbot menjelaskan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan kualitas antarmuka aplikasi BBM demi kenyamanan pengguna.

“BBM senantiasa berupaya untuk memperbaiki tampilan serta nuansa antarmuka aplikasi chat agar lebih mudah digunakan dan disesuaikan dengan selera pengguna. Sekarang pengguna BBM pun dapat mengubah latar chat dengan beragam pilihan warna sesuai keinginan,” ujar Matthew melalui siaran pers.

Sumber: Tech in Asia

About Author