May 5, 2024

Kamu yang tinggal ataupun sering berkunjung ke Bekasi, namun belum mengetahui lebih dalam tentang kota tersebut? Tidak perlu khawatir, karena ada aplikasi berbasis mobile yang akan membantumu mengenal kota ini. Aplikasi bernama Bekasi Guide ini dibuat oleh tim Syntax Telesandi. Tim ini terdiri dari siswa sekolah SMK di Bekasi, yaitu SMK Telekomunikasi Telesandi, Bekasi.

Meski masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan, aplikasi Android ini mempunyai cukup banyak informasi seputar Bekasi seperti nama sekolah, trayek angkutan umum, tempat wisata, serta beberapa resep makanan khas daerah.Seperti apa tampilan aplikasi yang dibuat oleh Syntax Telesandi? Berikut ulasannya.

Tampilan yang menarik

Aplikasi bekasi guide | screenshot 1

Tampilan pada laman sekolah

Soal tampilan antarmuka, tim Syntax Telesandi menyuguhkan perpaduan warna yang cukup “berani” namun masih cukup nyaman untuk dilihat. Selain itu, kualitas gambar yang baik dan letak tulisan yang tersusun rapi membuat pembaca mudah untuk mencari informasi yang diinginkan.

Namun, aplikasi ini tampaknya belum menghimpun informasi dari sumber resmi atau narasumber langsung. Alhasil, di beberapa laman mereka masih mencomot informasi dari situs lain untuk ditampilkan di dalam aplikasi. Ini membuat informasi yang disajikan dalam Bekasi Guide tidak diketahui keasliannya.

Tersedianya informasi tempat umum

Fasilitas Umum | Image

Beberapa fasilitas umum yang tersedia di Bekasi Guide

Tak hanya tampilan yang menarik, di dalam Bekasi Guide juga tersedia berbagai tempat fasilitas umum, seperti rumah sakit,  tempat ibadah, mal dan kafe, serta nomor penting polsek maupun polres. Informasi tersebut sangat berguna bagi masyarakat yang mengalami kecelakaan, kehilangan, beribadah, ataupun ingin sekadar berkumpul bersama teman untuk melepas penat.

Informasi trayek angkutan dalam kota yang lengkap

Jangan takut tersasar jika kamu bepergian menggunakan angkutan umum di Bekasi, karena aplikasi ini memiliki informasi trayek angkutan yang cukup lengkap. Bekasi Guide juga menyuguhkan rute yang dilalui angkutan umum dalam bentuk peta. Sayangnya, Bekasi Guide baru menyediakan informasi angkutan umum yang beroperasi di Bekasi, baik kota maupun kabupaten. Aplikasi ini belum menampilkan informasi angkutan umum dari dan menuju Bekasi.

Mengenal kebudayaan dan kuliner Bekasi

aplikasi bekasi guide | screenshot 2

Tampilan laman kebudayaan dan kuliner

Meskipun zaman yang sudah modern, namun Syntax Telesandi tetap menyuguhkan informasi tentang kebudayaan lokal lewat aplikasinya. Di dalam Bekasi Guide, kita bisa mengenal kebudayaan dan kuliner khas Bekasi, seperti sayur gabus pucung, kue akar kelapa, tari topeng, tanjidor, dan lain-lain. Ini bisa menjadi saluran promosi budaya dan wisata lokal yang cukup baik.

Aplikasi ini sudah cukup membantu masyarakat yang berada di Bekasi. Namun, ada banyak “pekerjaan rumah” yang harus diselesaikan jika Bekasi Guide ingin menjadi referensi informasi Bekasi yang utama.

Download Aplikasi Google Allo:

en_badge_web_generic

Sumber: Tech in Asia

About Author