April 20, 2024

Creative abstract GPS satellite navigation, travel, tourism and location route planning business concept: macro view of modern black glossy touchscreen smartphone or mobile phone with wireless navigator map service internet application on screen and group of colorful destination pointer marker icons on city map with selective focus effect

Melakukan perjalanan memang selalu menyenangkan, terlebih bila dilakukan bersama orang-orang terdekat. Seiring dengan hal itu, beberapa aplikasi dapat membuat perjalanan semakin menyenangkan. Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan selama kamu sedang jalan-jalan.

1. TripIt – Ikuti runut itinerary perjalanan dengan tepat

Aplikasi TripIt | Screenshot

Perjalanan dengan jadwal yang teratur akan memudahkan untuk eksplorasi lokasi dengan maksimal. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti runut itinerary yang telah disiapkan sebelumnya. Agar tidak repot membawa catatan, kamu bisa menggunakan aplikasi TripIt.

Aplikasi TripIt memudahkan kamu menyusun perjalanan hingga hotel yang ditempati. Kemudian, kamu juga dapat menyinkronkan itinerary dengan Google Calendar. Selain itu, bila terjadi pembatalan penerbangan atau perubahan jadwal, kamu akan mendapat notifikasi email. Ditambah dengan fitur peta menuju lokasi yang dituju, kamu bisa mengandalkan aplikasi TripIt untuk melakukan traveling tanpa khawatir tersesat.

1

2. XE Currency – Konversi mata uang dengan mudah

Aplikasi XE Currency App | Screenshot

Bila kamu sedang berlibur atau sedang pergi keluar negeri, tentunya kamu memerlukan aplikasi untuk konversi mata uang asing. Salah satu aplikasi populer dalam hal ini adalah XE Currency App yang tersedia untuk platform Android dan iOS.Aplikasi ini menyediakan lebih dari 100 mata uang asing, dan akan langsung memberi rekomendasi mata uang populer yang digunakan di banyak negara. Pengguna juga dapat mengakses aplikasi secara offline.

2

3. Google Translate – Mudah menerjemahkan bahasa asing

Aplikasi Google Translate | Screenshot 2

Perjalanan ke luar negeri mengharuskan kamu untuk mengerti bahasa setempat. Agar tidak kesulitan berkomunikasi, siapkan aplikasi penerjemah seperti Google Translate. Terlebih, kini pembaruan aplikasi Google Translate dapat digunakan saat membuka aplikasi lainnya, dan akan langsung menerjemahkan kata atau kalimat yang dikehendaki melalui WordLens. Kemudahan yang diberikan Google Translate bukan hanya karena terjemahan yang diberikan, tetapi juga cara pelafalan melalui audio dan teks yang ditampilkan. Dengan hal tersebut, komunikasi yang dilakukan selama perjalanan di negeri orang bisa berjalan lancar.

3

4. FourSquare – Eksplorasi spot terkenal di suatu daerah

Aplikasi FourSquare |Screenshot

Salah satu aplikasi yang sering saya gunakan saat traveling adalah FourSquare. Aplikasi ini bisa memberi referensi lokasi populer di daerah tertentu, yang akan diurutkan dari lokasi terdekat dengan pengguna. FourSquare juga memberi referensi lokasi tempat berdasarkan kategori Coffee, Family, Breakfast, dan Dinner. Selain itu, kamu bisa mendapat direktori lokasi yang dituju dengan integrasi ke aplikasi peta yang ada di smartphone agar kamu dapat mencapai lokasi tujuan dengan mudah.

4

5. PackPoint – Bantu kamu mengemas barang bawaan

Agar tidak ada barang yang terlewat saat hendak dibawa bepergian, kamu dapat menggunakan aplikasi PackPoint. Melalui aplikasi ini, kamu diberi fitur berdasar pilihan gender, jenis perjalanan, dan anggota keluarga yang disertakan.

Untuk memudahkan kamu berkemas, kamu tinggal mengikuti runut notifikasi di aplikasi PackPoint. Setelah menentukan gender, informasi detail perjalanan, dan jenis perjalanan yang ditempuh, kamu tinggal memberi centang dari sembilan opsi yang ada, yakni Baby, Beach, Dinner, Swimming, Business Casual, Business Formal, Bicycling, dan Hiking. Setelahnya, aplikasi ini langsung memberi arahan barang yang harus dibawa.

Arahan inilah yang dapat memudahkan kamu dalam menentukan barang bawaan dan mengemasnya kembali. Kerepotan saat melakukan listing secara manual pun dapat dihilangkan.

5

6. Expensify – Hitung semua pengeluaran saat berwisata

Aplikasi Expensify | Screenshot

Memang, saat traveling, akan ada banyak pengeluaran. Agar dapat mengetahui total biaya perjalanan yang kamu lakukan, hitung secara mendetail dengan aplikasi Expensify. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama adalah membuat folder perjalanan. Selanjutnya, dengan fitur Smart Scan, potret setiap setruk pembayaran selama perjalanan. Nantinya aplikasi ini akan mendata setiap setruk tersebut dan menghitung total pengeluaran. Setelah selesai, kamu bisa mengirimkan laporan data keuangan tersebut melalui email. Dengan fitur tersebut, nampaknya bukan hanya perjalanan pribadi yang dimudahkan, melainkan perjalanan bisnis untuk perusahaan juga lebih tertata rapi.

6

About Author