May 3, 2024

Setelah meluncurkan fitur Reactions yang memungkinkan pengguna Facebook dalam merespons sebuah post dengan sejumlah emotikon, raksasa media sosial ini sepertinya ingin melengkapi pengalaman pengguna dengan memperkenalkan tombol Dislike.

Dilansir dari Wired, Facebook mulai melakukan uji coba dengan memunculkan tombol Dislike. Namun, tombol bergambar jempol yang mengarah ke bawah tersebut masih terbatas di aplikasi Messenger dan saat ini baru berlaku untuk sebagian pengguna saja.

Pengguna dapat mengakses tombol tersebut dengan mengarahkan kursor ke arah pesan yang ingin direspon dalam chatroom. Kemudian, mereka bisa memilih emoji yang ingin digunakan, termasuk ikon Dislike.

facebook-messenger-reactions

Sumber gambar: TechCrunch

Sempat tidak akan dihadirkan

Pada awalnya, Facebook menolak menyediakan tombol Dislike ini untuk menghindari kemungkinan cyberbullying yang riskan terjadi di laman media sosial mereka. Bisa jadi hal ini juga yang menjadi alasan mengapa tombol Dislike hanya dimunculkan di aplikasi Messenger.

Pihak Facebook menjelaskan kalau tombol tersebut lebih bertujuan untuk membantu pengguna Messenger merespon jawaban “tidak” dalam percakapan atau voting saat chatting menggunakan Messenger.

Facebook juga mengklaim, hal ini mereka lakukan untuk membuat percakapan di Messenger lebih menyenangkan bagi pengguna. Diharapkan, keberadaan fitur ini dapat memberikan kesempatan bagi para pengguna Messenger agar dapat bertukar emoji yang benar-benar dapat menggambarkan suasana hati mereka.

Dibandingkan dengan fitur Dislike milik YouTube yang bisa digunakan untuk merespon video di platform tersebut, Facebook sepertinya lebih memilih untuk menghindari hal serupa. Bisa jadi hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga interaksi para pengguna Facebook dan memberikan reaksi yang lebih layak terhadap suatu post.

Sumber: Tech in Asia

About Author