April 25, 2024

Persaingan di pasar layanan jasa on-demand di Indonesia kian panas dengan banyaknya startup yang bergerak di bidang ini. Sudah terdapat Seekmi, AhliJasa, Beres, dan lainnya yang beroperasi di Indonesia sejak pertengahan 2015 hingga awal 2016 ini. Selain nama-nama tersebut, ada pemain baru yang coba menawarkan layanan serupa. Mereka adalah FindTukang.

Para tukang diseleksi terlebih dahulu

1

Marketplace jasa FindTukang hingga saat ini menyediakan layanan untuk memanggil tukang reparasi AC, alat elektronik, komputer, ledeng, dan cuci mobil, dan potong rambut. CEO FindTukang, Nope Lavanda, mengatakan bahwa ke depannya akan tersedia pula tukang bangunan yang bisa dipilih pengguna.Ia juga menjelaskan bahwa untuk menjadi mitra FindTukang, para tukang telah melalui beberapa tahap seleksi, mulai tes keahlian hingga psikotes. “Proses tersebut sangat penting untuk memastikan pengguna aplikasi FindTukang mendapatkan service memuaskan,” ujarnya.

Di awal kemunculannya, FindTukang—yang sudah bermitra dengan sekitar 100 tukang—baru mulai beroperasi di kawasan Tangerang Selatan. Nantinya layanan ini juga bisa dinikmati di kota lain di Indonesia, terutama Jakarta dan Depok yang akan hadir dalam waktu dekat dengan dukungan 500 tukang.

Aplikasi FindTukang | Screenshot

Mengenai target hingga tahun 2017 mendatang, FindTukang berharap dapat merangkul 5.000 tenaga kerja ahli tambahan di enam opsi yang dimilikinya.

Sebagai tambahan informasi, tim FindTukang saat ini berjumlah empat orang. Semuanya berpengalaman sebagai pebisnis dan berlokasi di Tangerang. Mereka adalah Nope Lavanda sebagai CEO, Tom Reksodipuro sebagai CFO, Putra Manindra sebagai CCO, dan Handoko Hamid sebagai COO.

Sedangkan untuk urusan dana operasional, FindTukang mendapat sokongan dari angel investor Henry Tjiandra, yang telah menggeluti usaha di bidang kontraktor dan developer bangunan dalam waktu cukup lama. Sayangnya, tim FindTukang enggan menyebut besarnya dana yang diberikan.

Sumber: Tech in Asia

About Author