May 1, 2024

Pada tanggal 21 November 2017, aplikasi penelusuran Google App telah meluncurkan fungsi pencarian info transportasi dan hotel ke dalam layanan mereka. Layaknya sebuah layanan online travel agency (OTA), fitur terbaru Google ini menyediakan beragam informasi mulai dari pilihan hotel, ulasan, lokasi, foto, dan detail harga yang ditampilkan secara komprehensif untuk membantumu mengambil keputusan sebelum membeli.

Mira Sumanti, selaku Search Marketing Manager dari Google Indonesia menjelaskan bahwa layanan ini hadir sebagai cara Google untuk mengakomodasi pencarian kebutuhan berlibur yang biasanya melonjak menjelang akhir tahun.

Bulan November adalah saat di mana banyak masyarakat Indonesia mulai mencari dan merencanakan liburan akhir tahun mereka. Dengan banyaknya pilihan dan penawaran yang ada di internet, kami mendesain aplikasi Google untuk membantu kamu mengambil keputusan dengan lebih cepat dan mudah

Mira Sumanti, Search Marketing Manager Google Indonesia

Google Traviling Feature | Screenshot

Perkaya fitur dengan perencana anggaran traveling

Untuk menyempurnakan pengalaman mencari hotel dan layanan transportasi yang diinginkan para peselancar internet, Google melakukan riset terhadap destinasi wisata yang dinilai relevan untuk wisatawan tanah air. Beberapa destinasi wisata populer yang sering kali dicari para wisatawan antara lain Pangandaran, Bukit Tinggi, Bandung, dan Berastagi.

Seluruh akses terhadap hotel beserta layanan transportasi ini dapat dilakukan lewat panel pencarian Google. Cukup dengan mengetik atau menggunakan perintah pencarian suara, pengguna dapat menggali informasi yang mereka inginkan. Mereka juga bisa membandingkan harga di setiap maskapai yang terjaring di layanan Google Flights.

Untuk pembayaran tiket, Google akan mengarahkan user ke situs masing-masing maskapai untuk melanjutkan proses transaksi.

Menariknya lagi, Google App juga menyertakan fitur perencanaan bujet yang bisa membantumu mencatat anggaran pengeluaran traveling sesuai dengan kondisi uang yang kamu punya.

Semua fitur baru yang diperkenalkan Google App ini, menurut Mira, adalah strategi Google untuk semakin membantu masyarakat dalam mencari informasi yang mereka inginkan, di mana pun dan kapan pun mereka berada.

Semakin diliriknya kebutuhan traveling dan hospitality belakangan ini memperlihatkan peluang yang cukup menarik. Berdasarkan riset dari situs pemesanan hotel Agoda.com yang dikutip dari Kompas, generasi Milenial yang suka bepergian ke sejumlah tempat dalam negeri telah menggairahkan sektor wisata di Indonesia.

Alasan ini pun mendorong beberapa pihak untuk menggeluti sektor wisata dengan memenuhi beragam aspek yang menyertainya. Salah satunya adalah e-commerce B2B Bhinneka.

Pada tanggal 17 November 2017, salah satu pelaku e-commerce tertua di Indonesia ini memutuskan untuk mengincar peluang bisnis di ranah ini dengan memfokuskan diri sebagai penyedia layanan infrastruktur IT bagi pihak penyelenggara pariwisata dan perhotelan.

Sumber: Tech in Asia

About Author