March 29, 2024

Selama tahun 2016, banyak kasus kejahatan hacking yang terjadi. Dari mulai kasus hacking oleh Anonymous, hingga akun media sosial Mark Zuckerberg dan selebriti yang di-hack. Apa yakin kamu aman dari ancaman hacker? Siapa tahu diam-diam smartphone kamu sudah disadap oleh hacker. Atau barangkali saja teman atau pacarmu telah menyadap semua kegiatan yang kamu lakukan di smartphone.

1. Ada Aplikasi yang Tidak Dikenal

Untuk menyadap smartphone, biasanya hacker atau pihak terkait harus memasang aplikasi tambahan di smartphone target. Uniknya, hacker ini biasa menyembunyikan aplikasi tersebut.

tanda-tanda-smartphone-disadap-3

Untuk mengakalinya, coba cek di menu Settings – Apps atau Application Manager, lalu cek apakah ada aplikasi asing di smartphone kamu. Jika ternyata ada aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kamu instal sebelumnya, bisa jadi itu adalah malware atau aplikasi mata-mata yang mencuri datamu.

2. Baterai Mudah Habis dan Panas

Untuk mengirim data-datamu, aplikasi mata-mata yang diinstal oleh hacker harus berjalan terus di background. Dampaknya smartphone kamu pasti jadi gampang panas dan baterainya jadi boros.

tanda-tanda-smartphone-disadap-4

Coba cek pemakaian bateraimu. Jika ada program aneh yang terus berjalan, bisa jadi memang smartphone kamu disadap orang.

3. Kuota Boros

tanda-tanda-smartphone-disadap-5

Selain baterai boros karena ada aplikasi asing berjalan di background, smartphone yang disadap juga biasanya boros kuota. Hal ini karena aplikasi asing tersebut terus mengirimkan data ke luar tanpa sepengetahuan kamu.

4. Smartphone Lemot

Sering ngerasa smartphone kamu lemot saat menjalankan aplikasi atau game? Jika saat menjalankan aplikasi ringan saja smartphone kamu sering kerasa lemot, bisa jadi ada malware yang bekerja untuk mengirimkan data ke orang lain.

tanda-tanda-smartphone-disadap

Kebayang kan saat kamu chatting, ternyata di saat yang sama aplikasi mata-mata yang terinstal juga ikut bekerja. Jadinya ya berat.

5. Sering Muncul Iklan Pop Up

tanda-tanda-smartphone-disadap-2

Beberapa aplikasi untuk menyadap smartphone ada yang tidak bisa berjalan otomatis. Ada yang menggunakan iklan pop-up sebagai trigger untuk mengaktifkannya. Jadi, ketika iklan tersebut di-klik, maka aplikasi mata-mata tersebut akan aktif.

6. Lokasi Mendadak Aktif

tanda-smartphone-disadap

Salah satu tujuan orang menyadap smartphone adalah untuk mengetahui lokasi. Karena itu, jika tiba-tiba pengaturan lokasi smartphone kamu aktif (saat biasanya dimatikan), bisa jadi ada aplikasi yang memaksa lokasi aktif. Atau mungkin kamu sedang disadap.

7. WiFi Sering Aktif Sendiri

tanda-smartphone-disadap-2

Saat berada di tempat umum dan tiba-tiba koneksi WiFi kamu aktif, kamu harus waspada. Siapa tahu kamu kena sadap. Kenapa harus WiFi? Soalnya lewat koneksi WiFi di tempat umum, hacker bisa dengan mudah menginfeksi dan melakukan transfer data ke targetnya.

Sumber: Jalan Tikus

About Author