April 25, 2024

Pada tanggal 26 Oktober 2016, Kaskus mengumumkan kerja sama mereka dengan beberapa perusahaan penyedia konten untuk membentuk sebuah jaringan yang bernama Kaskus Networks. Setiap anggota di dalam jaringan tersebut diharapkan bisa mempromosikan produk dari sesama anggota (cross-promotion), baik yang berupa konten, post di media sosial, hingga event.

Beberapa penyedia konten yang telah bergabung dengan Kaskus Networks antara lain Infokost, Bolalob, Opini, Womantalk, dan Beritagar. Seluruh nama-nama tersebut merupakan perusahaan yang bernaung di bawah GDP Venture, yang juga merupakan investor dari Kaskus.

Contoh promosi yang telah dilakukan Kaskus saat ini adalah dengan menampilkan konten-konten milik Beritagar di Forum Berita dan Politik. Selain Beritagar, di forum yang sama Kaskus juga telah menghadirkan halaman khusus untuk media lain seperti Gatra dan Metrotvnews.

Menurut Ronny W. Sugiadha, Chief Marketing Officer Kaskus, pihaknya akan memaksimalkan seluruh kanal promosi yang mereka miliki, mulai dari situs, aplikasi mobile, hingga media sosial, demi memberi keuntungan dalam hal traffic, pendapatan, dan SEO, untuk para perusahaan yang bekerja sama dengan mereka.

“Kami berharap Kaskus Networks bisa menjadi salah satu jaringan konten dan iklan terdepan di Indonesia,” tutur Martin B. Hartono, CEO Kaskus, dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia Indonesia.

Menariknya, pengumuman ini hadir di tengah menurunnya jumlah pengunjung situs Kaskus selama beberapa bulan terakhir. Hal ini bisa terlihat dari data yang ditunjukkan SimilarWeb.

Kaskus Sep | Screenshot

Tren serupa pun bisa dilihat dari situs Alexa.

Kaskus Alexa | Screenshot

Bahkan pencarian terhadap Kaskus di Google Trends kini tengah berada di titik terendah.

Kaskus Google Trends | Screenshot

Forum online terbesar di Indonesia tersebut juga baru ditinggal oleh sang founder dan mantan CEO mereka, Ken Dean Lawadinata. Menarik untuk ditunggu apakah kerja sama Kaskus dengan perusahaan-perusahaan lain dalam Kaskus Networks ini bisa mendongkrak kembali jumlah pengunjung di situs mereka.

Sumber: Tech in Asia

About Author