May 4, 2024

Tak sedikit orang tua yang telah memberikan anaknya smartphone atau tablet, baik itu sekedar memanjakan untuk bermain game di dalamnya, atau untuk kemudahan berkomunikasi. Namun, hal ini membuat para orang tua was-was. Akankah perangkat tersebut dapat dipantau penggunaannya agar anak terhindar dari hal-hal negatif, yang sangat mudah tersebar di dunia maya atau melalui internet? Inilah kumpulan 5 aplikasinya:

1. Kid Mode: Free Games + Lock

Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, baik untuk orang tua maupun anak. Di dalam aplikasi ini sudah tersedia beberapa game edukatif untuk anak usia 3 hingga 7 tahun. Selain itu terdapat fitur Library of Classic Storybooks! agar orang tua dan anak dapat berinteraksi dengan beragam buku cerita yang disediakan dan Paint untuk anak-anak berkreasi melukis.

zoodles kid mode

Di samping itu, ada pula fitur Lock agar orang tua dapat mengunci aplikasi yang tidak sesuai untuk anak dengan PIN.

Dapatkan aplikasi ini melalui:

Google Play Store: Kid Mode: Free Games + Lock

2. HomeTube

hometube 700

Aplikasi ini sangat cocok bila anak Anda hobi menonton video melalui YouTube. Memang, sarana pembelajaran dan hiburan dapat diakses melalui website tersebut, namun khawatir juga bila mereka mengakses tontonan yang tidak sesuai dengan usia mereka. Orang tua akan dapat menyaring kategori apa saja yang dapat diakses oleh anak melalui smartphone atau tablet, misalnya hanya menyaring pilihan untuk channel kartun atau animasi lainnya yang mendidik.

hometube

Uniknya lagi, aplikasi HomeTube dapat menjadi wallpaper langsung saat anak mengakses perangkat, sehingga akan langsung mengarahkan anak untuk menonton video yang sesuai dengan usia mereka. Download HomeTube melalui:

Google Play Store: HomeTube – gratis

3. Kids Palace

Kalau aplikasi satu ini berbentuk launcher dengan kekuasaan penuh pengaturan di tangan orang tua. Fitur Parental Control dan Child Lock yang ada akan melindungi data pribadi pada perangkat dan membatasi anak-anak pada aplikasi yang Anda setujui sebelumnya. Dengannya, Kids Palace akan membatasi anak supaya tidak men-download aplikasi lainnya yang tidak sesuai dengan pengaturan, melakukan panggilan, kirim pesan atau melakukan sesuatu yang bisa membuat Anda menerima tagihan pembayaran yang di luar perkiraan.

kidspalace

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Auto App Restart yang akan langsung mengembalikan tampilan default ke launcher Kids Palace bila tidak sengaja diubah oleh anak. Download aplikasi ini melalui:

Google Play Store: Kids Palace – gratis

4. Norton Family Parental Control

norton parental control1

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini buatan dari developer anti virus terkenal Norton. Aplikasi dapat melaporkan situs apa saja yang dikunjungi anak dan memblokir situs dengan kata kunci yang diatur oleh orang tua.

norton parental control4

Dengan register di awal, orang tua dapat menerima email atau SMS jika anak mengakses situs yang telah diblokir. Dan memantau dengan siapa saja anak berkomunikasi dan segala aktifitasnya di sosial media.

Download aplikasi ini melalui:

Google Play Store: Norton Family Parental Control – gratis

5. Kakatu

Kakatu-thumb

Kakatu merupakan startup asal Bandung yang membuat aplikasi parental control khusus Android untuk menyeleksi, membatasi, dan mengawasi aplikasi apa saja yang boleh diakses buah hati Anda.

9-Kakatu-thumb

Setelah para orang tua meng-install aplikasi Kakatu pada smartphone anak dan mengisi data registrasi — termasuk membuat PIN agar bisa mengakses aplikasi Kakatu dengan leluasa — , orangtua dapat melakukan pengaturan aplikasi pada menu setting. Selanjutnya para orang tua hanya tinggal meng-klik aplikasi mana saja yang boleh diakses oleh sang anak. Untuk memudahkan para orang tua, Kakatu memberikan rekomendasi aplikasi mana yang aman dan bisa digunakan untuk anak yang sudah dikelompokkan ke dalam beberapa kategori.

Aplikasi Kakatu dapat di-download melalui:

Google Play Store: Kakatu – gratis

About Author