May 4, 2024

Salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan di ibu kota adalah dengan menggunakan moda transportasi umum. Namun sayangnya, moda transportasi umum masih mengalami kendala pelacakan lokasi yang belum memadai. Celah inilah yang coba diisi oleh Trafi, aplikasi dengan layanan melacak angkutan umum seperti TransJakarta, Commuter Line atau KRL, dan bus kota lainnya secara real-time. Aplikasi Trafi resmi diluncurkan di minggu lalu di Jakarta.

 

 

 

Capture

Trafi pertama kali diluncurkan di negara asalnya, Lithuania pada 2013. Dimas Dwilasetio, Country Manager Trafi di Indonesia melalui siaran pers yang Tech in Asia terima mengatakan bahwa aplikasi ini cocok bagi para pekerja di Jakarta karena menawarkan akurasi tinggi untuk transportasi umum.

Data dari AppAnnie menyebut bahwa aplikasi ini pertama kali hadir untuk platform iOS dan Android pada Januari 2014. Hingga kini, Trafi telah meraup lebih dari lima juta unduhan di kedua platform.

Namun pihak Trafi enggan menyebut jumlah unduhan dari warga Jakarta. Menurut Dimas, karena aplikasi baru diluncurkan minggu ini di Jakarta, belum ada data signifikan dari jumlah unduhan di ibu kota.

Jalin kerjasama dengan Jakarta Smart City

Untuk peluncurannya di Indonesia, Trafi mendapat dukungan dari Jakarta Smart City sebagai bagian dari Jakarta Smart Mobility. Setiaji, Kepala Jakarta Smart City menambahkan bahwa kehadiran aplikasi Trafi mampu mempercepat pelaksanaan Jakarta Smart Mobility.

“Salah satu misi Jakarta Smart City adalah meningkatkan sistem transportasi umum Jakarta, termasuk menyediakan informasi sistem transportasi umum yang paling akurat. Peluncuran Trafi di Jakarta dan kesiapan perusahaan untuk berinvestasi dalam menyediakan informasi transportasi umum bagi komuter diharapkan bisa mempercepat tersedianya konsep Smart Mobility di Jakarta,” tandas Setiaji.

Dengan kerjasama ini, baik Trafi dan Jakarta Smart City berharap bahwa aplikasi ini ke depannya dapat mencakup informasi angkutan umum yang lebih luas seperti metro mini, angkot, dan jalur bis lainnya di Jakarta.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Trafi?

Aplikasi Trafi | Screenshot

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan memilih negara dan kota berasal. Setelah itu akan tampil laman utama dengan lokasi sekitar keberadaan pengguna.

Bila ingin merencanakan perjalanan ke Jakarta dengan transportasi umum, tersedia fitur Route Search. Selain itu tersedia pula Timetables untuk jadwal keberangkatan dan lokasi dari bis, TransJakarta, dan Commuter Line.

Sayangnya untuk fitur dari Commuter Line baru tersedia pilihan jalur dari tiap rute, sedangkan kemampuan untuk melacak lokasi dari tiap kereta belum tersedia. Lain dengan kereta, untuk bis umum dan TransJakarta, waktu kedatangan dan lokasi bisa dinikmati pengguna sesuai dengan koridor atau halte.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi Trafi untuk laporan kejadian di lokasi melalui fitur Reports. Fitur ini sekaligus menjadi pedoman bagi pengguna lainnya untuk mengetahui kejadian yang mungkin terjadi di jalan raya.

Fitur lokasi pelacakan TransJakarta dan Commuter Line juga telah disediakan beberapa aplikasi lainnya seperti Info KRL dan TransJakarta Busway Navigation.

Solusi kemacetan masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah ibu kota. Dengan integrasi yang ditawarkan bagi angkutan umum, akankah berhasil membuat warga Jakarta beralih pada angkutan umum?

About Author