May 2, 2024

Tanda tangan memegang peran yang penting dalam dunia bisnis. Sebagian besar dokumen penting membutuhkan tanda tangan sebagai bukti persetujuan. Tidak aneh jika banyak orang rela repot mengirim sebuah dokumen, baik secara fisik atau digital, hanya sekadar untuk meminta pembubuhan tanda tangan. Kehadiran smartphone membuat banyak hal makin mudah dilakukan, termasuk menandatangani dokumen penting. Jika dulu harus menandatangani dokumen fisik, sekarang kamu cukup memasang aplikasi tanda tangan untuk melakukannya secara digital.

Berikut adalah beragam aplikasi tanda tangan yang bisa kamu manfaatkan.

1. Adobe Fill and Sign

Berbeda dengan aplikasi tanda tangan pada umumnya yang mengharuskan pengguna mendaftar terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi, Adobe Fill and Sign dapat kamu gunakan meskipun tidak mendaftar terlebih dulu.

Fiturnya pun beragam. Selain tanda tangan, Adobe Fill and Sign memberikan opsi notasi (centang atau silang agar kamu dapat dengan mudah mengisi dokumen seperti formulir.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur My Profile yang telah terintegrasi saat kamu mengunggah dokumen apa pun. Jadi setelah kamu mengisi data personal pada fitur tersebut, kamu tidak perlu lagi mengetik data yang sama pada dokumen.

Kamu dapat mengunggah beragam format dokumen dan foto seperti dari email, file browser, alamat web, galeri foto, atau dapat mengambil gambar secara langsung. Adobe Fill and Sign memungkinkan kamu untuk berbagi dokumen melalui email dengan format PDF.

2. PrivyID

PrivyID merupakan aplikasi tanda tangan dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Diluncurkan pada tahun 2016, PrivyID merupakan aplikasi buatan anak bangsa.

Cara menggunakannya tidak jauh berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya. Seluruh tanda tangan elektronik yang dibuat dengan aplikasi PrivyID memiliki kekuatan dan akibat hukum yang sah selayaknya tanda tangan yang dibubuhkan secara manual. Keamanan informasi data pengguna aplikasi PrivyID terjamin melalui penggunaan teknologi asymmetric cyrptography.

Jika kamu ingin mengirim dokumen yang telah kamu tanda tangani, PrivyID memiliki opsi yang khusus membedakan antara:

  • Kamu sebagai orang yang bertanda tangan dalam dokumen tersebut.
  • Kamu sebagai orang yang meninjau atau memeriksa dokumen tersebut

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengirim dokumen atas nama pribadi atau perusahaan.

3. SignEasy

Kamu perlu sign up terlebih dulu sebelum menggunakan aplikasi SignEasy atau menghubungkannya langsung dengan akun Google atau Facebookmu. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman khusus untuk membuat tanda tanganmu sendiri.

Aplikasi ini cukup mudah digunakan. Kamu hanya perlu mengunggah dokumen yang akan kamu tanda tangani dengan tap ikon di pojok kanan atas.

SignEasy akan menampilkan beragam pilihan untuk mengunggah dokumen, mulai dari e-mail, penyimpanan eksternal, Dropbox, Google Drive, dan Evernote.

Kamu juga bisa memilih beragam format file seperti PDF, Word, Excel, Text, Pages, JPG, PNG, dll. Setelah halaman dokumen terbuka, ikon pena di sisi bawah akan memberikan tiga opsi tanda tangan.

  • Menandatangani sendiri.
  • Penandatanganan secara pribadi, fitur ini memungkinkan dokumen ditandatangani oleh lebih dari satu orang.
  • Menandatangani jarak jauh, fitur ini memungkinkan dua orang atau lebih menandatangani dokumen yang sama meskipun jaraknya berjauhan, dengan menambahkan email atau kontak orang tersebut.

Kamu bisa memasukkan tanda tangan, inisial, tanggal, hingga teks. Tanda tangan akan muncul di salah satu halaman pada dokumen. Kamu bisa menggeser tanda tangan ke posisi yang diingikan dan memperbesar atau memperkecilnya. Setelah selesai, tap tombol Finish di pojok kanan atas dan simpan dokumen yang telah kamu tanda tangani.

4. SignDoc Mobile

SignDoc Mobile merupakan aplikasi tanda tangan yang membutuhkan koneksi internet dalam pengaplikasiannya. Dari segi tampilan, aplikasi ini memiliki tampilan yang berbeda dari aplikasi serupa pada umumnya.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna membubuhkan dua tanda tangan berbeda dalam satu dokumen. Selain itu ada fitur kamera yang dapat digunakan untuk memasukkan foto identitas ke dalam dokumen.

Aplikasi ini akan menyimpan dokumen dalam bentuk PDF yang akan memudahkan kamu jika ingin segera mengirimnya melalui e-mail.

Jika ingin mendapatkan fitur-fitur lainnya, kamu bisa upgrade SignDoc Mobile ke versi pro dengan harga Rp87 ribuan per bulan. Sementara untuk biaya per tahunnya sebesar Rp717 ribuan. Beberapa fitur lainnya adalah memasukkan nama penandatangan serta waktu tanda tangan.

5. HelloSign

HelloSign memberikan fitur pindai melalui kamera smartphone. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menandatangani dokumen penting yang harus segera dikirim melalui e-mail. Namun sayangnya, hasil pindai tergantung pada kualitas kamera smartphone milikmu

Kamu juga bisa mengunggah dokumen yang tersimpan di smartphone. Setelah itu kamu bisa membubuhkan tanda tangan,  teks dan tanggal pada dokumen yang kamu unggah.

6. SignNow

SignNow adalah aplikasi yang sebelumnya bernama CudaSign, seperti aplikasi pada umumnya, kamu diwajibkan membuat akun terlebih dulu.

Ada dua jenis akun yang ditawarkan, yaitu gratis dan pro. Akun gratis hanya dapat digunakan untuki sepuluh dokumen tiap bulannya. Sementara, untuk bisa membubuhkan tanda tangan berulangkali, kamu harus upgrade ke akun pro dengan biaya US$1 (sekitar Rp13.000) per bulan.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengunggah dokumen melalui beragam lokasi penyimpan:

  • Penyimpanan eksternal smartphone (microSD)
  • Foto
  • e-mail
  • Dokumen dari Google Drive

Kamu juga bisa menambahkan tanda tangan, teks, dan tanggal pada dokumen yang diunggah. Mengenai warna tinta, SignNow menyediakan dua warna, yaitu hitam dan biru.

Sumber: Tech in Asia

About Author