March 29, 2024

Sejak berdiri hingga sekarang, startup yang dipimpin oleh Lei Jun ini telah menjual banyak sekali smartphone dengan berbagai macam tipe. Xiaomi bahkan merupakan produsen smartphone terbesar kelima di dunia saat ini. Namun, selain membuat smartphone, startup yang mempunyai kantor pusat di Beijing ini sebenarnya juga meluncurkan beragam peralatan elektronik lain. Mereka “membuat” hampir segala hal, mulai dari televisi, action camera, sampai rice cooker.

Sebagian di antaranya mereka buat sendiri, namun sebagian yang lain mereka buat dengan melibatkan bantuan perusahaan lain. Berikut ini adalah daftar lengkapnya.

1. Power bank dan headphone

Mi PowerBank

Demi memberi kenyamanan dalam menggunakan smartphone yang mereka produksi, Xiaomi juga membuat beberapa aksesori smartphone. Salah satu aksesori smartphone buatan Xiaomi yang cukup terkenal adalah Mi Power Bank. Xiaomi membuat power bank tersebut dalam berbagai kapasitas, mulai dari 5200 mAh hingga 16.000 mAh. Selain itu, Xiaomi juga membuat headphone spesial yang disebut Mi Hi-Fi. Menurut mereka, kualitas suara dari headphone ini telah diperiksa oleh beberapa musisi terkenal asal Cina.

2. Tablet

Mi Pad 2

Wajar memang kalau sebuah produsen smartphone, kemudian juga memproduksi tablet. Namun Xiaomi sepertinya tidak terlalu fokus dalam memproduksi gadget berlayar besar ini.Hal ini terbukti dari jumlah produk tablet mereka yang sejauh ini baru berjumlah dua, yaitu Mi Pad 7.9 yang dirilis pada tahun 2014, dan Mi Pad 2 yang diluncurkan pada tahun 2015. Berbeda cukup jauh dengan jumlah smartphone mereka yang telah mencapai lebih dari 25 jenis. Demi mendukung kepuasan pengguna dalam bermain game dengan tablet mereka, Xiaomi juga membuat sebuah controller game khusus untuk Mi Pad, yang juga bisa digunakan untuk Mi TV.

3. Router Wi-Fi

Mi WiFi

Berbeda dengan router wi-fi biasa, Mi WiFi juga bisa menjadi tempat penyimpanan data yang bisa diakses secara wireless. Xiaomi membuatnya dalam berbagai bentuk dan ukuran, sesuai dengan kebutuhan pengguna.

4. Set top box

Mi Box

Walau sempat terkendala regulasi, Xiaomi akhirnya berhasil meluncurkan sebuah set top box seperti Apple TV yang bernama Mi Box. Perangkat ini bisa digunakan untuk menampilkan konten-konten seperti film dan serial TV di televisi kamu.

5. Televisi

Mi TV 5

Setahun setelah meluncurkan Set-Top Box, Xiaomi akhirnya merilis produk Smart TV bernama Mi TV di tahun 2013. Baru-baru ini, mereka bahkan meluncurkan sebuah Smart TV dengan layar lengkung yang berukuran sangat tipis, hanya sekitar 5,9 mm.

6. Gelang pintar

Mi Band

Di tengah persaingan ketat antara produsen gelang pintar, seperti Jawbone dan FitBit, Xiaomi pun berusaha masuk dengan produk Mi Band. Dengan Mi Band, kamu bisa mengukur jumlah langkah yang kamu lakukan, serta waktu tidur kamu. Baterai dari Mi Band ini bisa bertahan sampai 30 hari.

Di akhir 2015, Xiaomi kembali meluncurkan sebuah gelang pintar yang diberi nama Mi Band Pulse. Harganya sedikit mengalami kenaikan, namun sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk mengukur denyut jantung penggunanya.

7. Pengukur tekanan darah

iHealth

Bekerja sama dengan iHealth Labs yang berlokasi di Silicon Valley, Xiaomi pun meluncurkan sebuah alat pengukur darah pada tahun 2014. Setelah menghubungkan smartphone dengan perangkat yang bernama iHealth ini, kamu bisa melihat kondisi tekanan darah dan denyut jantung kamu.

8. Penjernih udara

Mi Air Purifier

Penjernih udara bernama Mi Air Purifier ini diluncurkan oleh Xiaomi pada akhir tahun 2014. Perangkat ini diklaim punya kemampuan untuk membersihkan 406 m² udara dalam waktu satu jam.

Setelah menghubungkan perangkat ini dengan smartphone, kamu bisa mengatur kecepatan kipas di dalamnya, serta mendapat pemberitahuan apabila kipas di dalam perangkat tersebut sudah harus diganti.

9. Soket, remote, dan sensor untuk rumah pintar

Xiaomi Sensor

Sebagai solusi untuk konsep “rumah pintar,” Xiaomi pun membuat beberapa perangkat seperti Smart Plug dan Smart Remote Centre. Smart Plug adalah soket pintar yang fungsinya bisa diatur dari jarak jauh. Kamu juga bisa mengatur kapan perangkat ini harus menyala untuk menyalurkan listrik, dan kapan harus mati.

Adapun Smart Remote Centre bisa kamu gunakan untuk mengontrol televisi, pemutar musik, dan pendingin ruangan.

Untuk melengkapi peralatan tersebut, Xiaomi juga membuat sensor pintar yang bisa kamu gunakan di berbagai ruangan rumah. Sensor ini bisa mendeteksi tingkat kecerahan, suara, suhu, dan pergerakan manusia.

Dengan sensor ini, sebagai contoh, kamu bisa mengatur untuk menyalakan kamera pengawas apabila ada sebuah jendela yang dibuka saat kamu tidak ada di rumah. Baterai dari sensor-sensor ini bisa bertahan dua tahun tanpa harus diisi ulang.

10. Action camera

Xiaomi Yi

Untuk menandingi keperkasaan GoPro di pasar Action Camera, Xiaomi pun meluncurkan Xiaomi Yi pada bulan Maret 2015. Untuk membuat action camera ini, Xiaomi bekerja sama dengan perusahaan pembuat webcam pintar Ants.

11. Timbangan

Mi Smart Scale

Untuk memperingati ulang tahun mereka yang kelima pada tahun lalu, Xiaomi pun meluncurkan sebuah timbangan pintar. Dengan timbangan ini, kamu bisa mengukur berat berbagai barang mulai dari 5 kg hingga 150 kg. Perangkat ini bisa dihubungkan dengan aplikasi Mi Fit yang bisa berjalan di berbagai smartphone Android dan iOS.

12. Penjernih air

Mi Water Purifier

Pada tahun 2015, Xiaomi meluncurkan Water Purifier, sebuah penjernih air agar bisa menjadi air layak minum. Perangkat tersebut berjalan dengan teknologi reverse osmosis. Bila dihubungkan dengan aplikasi smartphone, kamu bisa melihat efektivitas penjernihan yang dilakukan dan mendapat pemberitahuan kapan kamu harus mengganti alat penyaring di dalamnya.

13. Alat transportasi

Ninebot Mini

Ninebot merupakan sebuah startup asal China yang mengakuisisi Segway pada bulan April 2015. Enam bulan berselang, mereka pun bekerja sama dengan Xiaomi untuk membuat sebuah alat transportasi personal seperti hoverboard yang mirip dengan produk Segway, bernama Ninebot Mini.

Perangkat ini punya kecepatan maksimal 16 km per jam, dan bisa berjalan 30 kilometer tanpa harus diisi daya. Bila dihubungkan dengan smartphone, kamu bisa melihat informasi kecepatan dan kondisi Ninebot Mini, serta menggerakkannya dari jarak jauh.

15. Penanak nasi

Feature-Xiaomis-smart-rice-cooker-launched-photo-01-800x450

Berbeda dengan rice cooker biasa, dengan perangkat bernama MIJIA Induction Heating Pressure Rice Cooker ini, kamu bisa mengatur kelembutan nasi yang akan dimasak. Sebelum memasak, perangkat ini bisa memindai bungkus beras yang akan dimasukkan untuk mengetahui jenis, merek, dan asal beras. Kemudian, alat penanak nasi ini akan secara otomatis mengatur tingkat panas agar sesuai dengan beras tersebut.

16. Sepeda

Dalam blog resminya, Xiaomi menekankan bahwa perusahaan bukan hanya memproduksi smartphone, tetapi juga jajaran produk berbasis teknologi lainnya. Seperti yang dihadirkan Xiaomi dalam Mi Qicycle, sepeda ini terkoneksi dengan aplikasi untuk melacak keberadaan, mencatat jarak tempuh, kecepatan, GPS, dan kalori yang terbakar.

Berbasis tenaga listrik, sepeda dengan nama lengkap Mi Qicycle Electric Folding Bike ini diklaim mampu dibawa berkendara hingga 45 km dalam satu kali pengisian daya. Xiaomi membenamkan 20 baterai Panasonic 18650 bertenaga 2.900 mAh dengan jenis material seperti yang digunakan pada mobil listrik Tesla.

17. Drone

Mi Drone dilengkapi dengan kamera berbentuk bola yang dipasang di bagian bawah drone. Kamera buatan Sony tersebut berkekuatan 12 megapiksel, dan bisa merekam video dengan resolusi 4K (3.840 x 2.160 piksel). Xiaomi melengkapi drone ini dengan baterai 5.100 mAh, sehingga Mi Drone bisa terbang selama 27 menit sebelum harus diisi daya lagi. Mi Drone juga mempunyai kemampuan untuk menghindari hambatan di jalur terbangnya secara otomatis, serta telah diprogram untuk tidak terbang di daerah-daerah tertentu seperti bandara dan kantor pemerintah.

18. Notebook

Xiaomi merilis Mi Notebook Air dengan dua ukuran layar, yaitu 12,55 inci dan 13,3 inci, yang menampilkan resolusi 1080p. Masing-masing dijual dengan harga US$525 (sekitar Rp6,9 juta) dan US$750 (sekitar Rp9,8 juta). MacBook Air juga terdiri dari dua varian dengan layar 11,6 inci dan 13,3 inci, yang dijual dengan harga jauh lebih mahal, yakni mulai dari Rp14,3 juta dan 15,5 juta untuk tiap variannya. Seperti bisa dilihat dari kicauan akun Twittter Xiaomi, Mi Notebook Air diklaim lebih ramping 13 persen dari MacBook Air. Selain itu, dengan ukuran layar sama, pengguna akan mendapatkan laptop dengan bodi yang 11 persen lebih kecil. Dari sisi bobot, Mi Notebook Air juga lebih ringan dari MacBook Air, yaitu 1,08 kg dan 1,28 kg untuk tiap ukuran layar. Sedangkan MacBook Air memiliki bobot 1,28 (model 11 inci) dan 1,35 kg (model 13 inci).

Sumber: Tech in Asia

About Author