April 28, 2024

Uber menyuguhkan sejumlah layanan unik di berbagai belahan dunia. Ada layanan khusus pengantaran bersama peliharaan, pengantaran penumpang yang membawa peralatan ski, hingga penumpang yang membawa sepeda. Layanan unik dikostumisasi untuk kebutuhan negara dan kota tertentu saja. Dengan kata lain, layanan ini tidak tersedia di semua tempat.

Di Indonesia sendiri, layanan unik yang Uber tawarkan adalah UberTRIP yang meluncur beberapa waktu lalu di Bali. Layanan ini memungkinkan kamu untuk “menyewa” mobil beserta pengemudinya selama lima hingga sepuluh jam untuk mengunjungi berbagai lokasi wisata di Pulau Dewata tersebut.

sewa mobil UberTRIP di Pulau Bali | Screenshot

Pulau Bali dipilih sebagai lokasi pertama UberTRIP di Indonesia karena banyaknya wisatawan yang membutuhkan layanan “sewa” mobil untuk berkeliling ke beberapa tempat sepanjang hari.

Menurut, Amy Kunrojpanya, Director of Public Policy & Communications, Asia Pacific at Uber kepada Tech In Asia Indonesia, ide pengembangan Uber Trip ini  memang lahir dari tim lokal Uber di Bali.

“Lokasi wisata di Bali cukup berjauhan.  Fasilitas kendaraan umum di sana pun tak banyak. Sehingga layanan ini sangat nyaman karena pengguna tak perlu menghentikan kendaraan travel di pinggir jalan,” kata Amy.

Bagaimana dengan lokalisasi unik di belahan dunia lainnya? Berikut beberapa layanan unik dari Uber.

UberSKI

uberski

Para penggemar ski kerap bermain ski di lereng pegunungan Andes di Chile, Amerika Selatan. Pertengahan Agustus adalah waktu favorit mereka bermain ski. Namun, tak semua orang membawa kendaraan saat ingin meluncur di lereng pegunungan bersalju itu.

Uber memberikan layanan UberSKI untuk melayani para penggiat ski ini. UberSKI menyediakan mobil yang lengkap dengan roof rack yang digunakan untuk membawa perlengkapan ski.

UberPETS

uberpets

Layanan unik ini tersedia bagi pengguna yang ingin bepergian bersama binatang peliharaan mereka.

“Layanan ini tersedia untuk orang-orang yang hidup di kota yang banyak terdapat anjing dan kucing,” jelas Amy. Sebab seringkali binatang mereka tak bisa naik ke kendaraan umum dan tak semua orang mau ditumpangi oleh binatang-binatang ini.

Dengan UberPETS, pemilik binatang bisa berkendaraan dengan tenang, sebab mereka yang ikut dalam layanan ini tak keberatan jika mobilnya ditumpangi oleh peliharaan kesayangan penumpangnya. Mereka akan menyediakan pelapis khusus untuk bangku kendaraannya. Layanan ini tersedia di Brazil dan beberapa kota lainnya.

UberBIKE

uberbike

Di Amsterdam, orang tergila-gila bersepeda. Bahkan, penduduk kota ini lebih memilih menggunakan sepeda ketimbang kendaraan umum jika hendak bepergian. Namun, stamina, waktu, dan cuaca ternyata tak selamanya mendukung kegemaran bersepeda ini.

Ketika kamu sudah terlalu lelah untuk bersepeda, hari sudah terlalu larut, atau cuaca sedang tak bersahabat, kamu bisa memesan UberBIKE di kota ini. Sebuah mobil lengkap dengan rak sepeda di belakang siap menjemput kamu dan sepedamu.

UberGREEN

UberGreen

Jika kamu berjalan-jalan ke Paris, Porto, atau Lisbon, ada layanan UberGREEN di sana. Disebut UberGREEN karena mobil yang disediakan untuk layanan ini adalah mobil listrik. Sehingga ramah emisi karbon sehingga kamu ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

Sumber: Tech in Asia

About Author