April 18, 2024

Meski tidak senang, terkadang ada kalanya kita harus melakukan multitasking. Saat semua yang perlu dilakukan ada di komputer, tentu tidak sulit melakukannya. Yang sulit adalah ketika kita harus bolak-balik antara layar komputer dan layar smartphone – ini umum terjadi untuk para pengusaha yang sering berhubungan dengan kliennya.

Bila itu sering kamu alami, maka kamu butuh Pushbullet! Aplikasi ini dapat menghubungkan smartphone dan komputer agar kita selalu mendapatkan pemberitahuan dan notifikasi smartphone di layar komputer kita, bahkan membalasnya dari sana. Dengan Pushbullet, kita tak perlu khawatir ketinggalan notifikasi penting!

Dapat diakses dari berbagai platform

Tampilan-di-smartphoneBerbeda dengan aplikasi sejenis seperti MightyText, Pushbullet memberikan fitur yang komplet, antara lain pengiriman file dan teks, dengan proses instalasi yang sederhana. Yang perlu kita lakukan adalah memasangnya di perangkat smartphone dan komputer kita. Setelah itu, kita bisa log-in dengan menggunakan akun Facebook atau Google.

Kelebihan lainnya, Pushbullet tersedia dalam berbagai platform. Di smartphone, kita dapat memasangnya di Android maupun iOS. Sementara pada komputer, kita dapat melakukan instalasi lewat web browser (Chrome, Firefox, Safari, dan Opera) atau langsung memasangnya di OS Windows dan Mac.

Tidak hanya itu, karena sifatnya yang multiplatform, Pushbullet bisa dipasang ke lebih dari satu perangkat! Artinya kita bisa mengakses Pushbullet baik dari komputer rumah maupun komputer kerja di kantor.

Baca notifikasi di layar monitormu

Tampilan-Pushbullet-di-DesktopFitur yang paling saya suka di Pushbullet tentu saja sistem notifikasinya. Dengan ini, saya tak perlu lagi sering-sering mengecek smartphone saya karena apa pun yang masuk ke sana ditampilkan secara real-time dalam sistem notifikasi Pushbullet, mulai dari pesan WhatsApp, pesan SMS, panggilan, sampai pemberitahuan backup foto.

Sistem notifikasi ini juga terintegrasi ke smartphone sehingga bila kita sudah membacanya di komputer, notifikasi yang sama di smartphone kita otomatis akan hilang. Uniknya lagi, kita bisa langsung membalas pesan SMS ataupun chatting tersebut.

Untuk mengeset notifikasi di desktop, kita dapat masuk ke menu pengaturan di aplikasinya, kemudian pilih opsi Notification Mirroring. Tentunya, kita sudah harus terlebih dulu memasang extension Pushbullet di browser kita dan log-in dari sana.

Kirim file langsung ke temanmu

Tampilan-di-ChromeHal lain yang menjadi kelebihan Pushbullet adalah kemampuannya untuk mengirimkan file ke teman, selama mereka juga menggunakan Pushbullet. Bila belum, mereka akan mendapatkan e-mail undangan untuk membuat akun pribadi mereka.

Yang perlu kita lakukan hanyalah memasukkan alamat e-mail-nya lewat web atau aplikasi Pushbullet. Saya pribadi merasa proses ini lebih cepat bila dilakukan melalui aplikasi.

Namun, ada satu kekurangan yang saya rasakan saat menggunakan fitur ini: Pushbullet tidak memberitahu kita mana teman yang sudah memiliki akun, mana yang tidak. Ini artinya, kita harus menanyakannya langsung terlebih dahulu ke penerima pesan soal apakah dia memiliki akun Pushbullet atau tidak, sebelum bisa mengirimkan file.

Bila menginginkannya, kamu juga bisa mengaktifkan fitur enkripsi agar aktivitasmu lebih aman dan terjaga.

Sebagai kesimpulan, Pushbullet adalah aplikasi yang menarik khususnya untuk kamu yang ingin hidup produktif. Kesederhanaan tampilan dan penggunaan, membuatnya dapat mudah digunakan oleh siapa saja.

googlealsosucks

About Author