April 24, 2024

Fungsi media sosial sudah semakin meluas bukan hanya mengakomodasi generasi muda update kegiatan hariannya. Kini media sosial juga dapat menjadi penghubung antara instansi tertentu dengan masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan lembaga Kepolisian Republik Indonesia dengan meluncurkan aplikasi Sahabat Polri.

Aplikasi ini resmi diluncurkan pada 20 Juni 2016 lalu. Data dari AppAnnie menyebut bahwa aplikasi Sahabat Polri telah mendapat sekitar 100 unduhan sejak diluncurkan. Sayangnya aplikasi ini baru tersedia untuk platform Android.

Aplikasi Sahabat Polri | Screenshot

Dalam menggarap aplikasi Sahabat Polri, Kepolisian Republik Indonesia dibantu oleh AkuPeduli.org , platform media sosial yang menyediakan laporan kejadian apa pun dari masyarakat. Aplikasi Sahabat Polri diharapkan mampu menjadi wadah bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi membantu kinerja Polri dalam melayani publik.

Fungsi yang ditawarkan layaknya aplikasi Qlue dalam melaporkan berbagai situasi mengancam jiwa, kerusuhan, atau perampokan. Selanjutnya laporan tersebut akan dikelola oleh pihak Humas Polri. Dengan fungsi tersebut, masyarakat diharapkan dapat bekerja sama membantu Polri untuk menindak kejadian lebih cepat berdasarkan laporan yang diterima.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui:

sp

About Author