May 1, 2024

Hari ini Grab resmi meluncurkan layanan GrabNow. Layanan ini sebenarnya telah diuji coba sejak tanggal 7 Juni 2017 yang lalu. Dengan fitur tersebut, kamu tidak perlu menunggu algoritme Grab memilihkan pengemudi. Dengan kata lain, kamu bisa langsung memesan mitra pengemudi GrabBike yang ada di hadapan kamu.

Selama masa uji coba, fitur GrabNow dinilai sukses membantu mitra pengemudi dalam menjemput penumpang dan memulai perjalanan dengan lebih cepat.

“GrabNow memang dirancang untuk mempersingkat waktu tunggu penumpang. Dan terbukti para penumpang bisa menikmati perjalanan tiga kali lebih cepat dengan fitur ini,” tutur Mediko Azwar, Marketing Director Grab Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia Indonesia.

GrabNow | Screenshot

Untuk menggunakan layanan GrabNow, kamu hanya perlu menekan ikon connect ketika berada dekat dengan mitra pengemudi GrabBike. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan kode enam digit yang tersedia di ponsel mitra pengemudi. Setelah terhubung, kamu harus mengonfirmasi bahwa kamu telah bersama mitra pengemudi yang tepat dan siap memulai perjalanan.

Proses pencocokan tersebut dilakukan dengan menggunakan teknologi Google Nearby yang dinilai aman karena mempunyai fitur enkripsi. Menurut Mediko, proses pemasangan tersebut bisa rampung dalam waktu sekitar lima belas hingga tiga puluh detik. Ia kemudian menjelaskan bahwa fitur ini baru tersedia untuk layanan GrabBike dan belum tersedia untuk layanan GrabCar. “Untuk GrabCar, kami masih kaji dulu terkait dengan kebutuhan dan kondisi pasar,” ucapnya.

read also

Fitur baru dari Grab ini seolah menjawab inovasi yang sebelumnya dilakukan Uber melalui fitur Hop On. Fitur tersebut juga memungkinkan pengguna Uber untuk langsung menyewa UberMotor mana pun yang ada di hadapannya, tanpa perlu memesan lebih dulu menggunakan aplikasi dan menunggu mitra pengemudi datang.

Sumber: Tech in Asia

About Author