April 27, 2024

Startup berbasis financial technology (fintech) sudah mulai banyak bermunculan di Indonesia. Salah satu yang mencoba masuk di ranah ini adalah Veryfund. Startup ini memberikan layanan pencatatan data keuangan melalui aplikasi yang tersedia untuk perangkat Android. Aplikasi ini cukup menarik, khususnya bagi pemilik toko online, dan memungkinkan mereka untuk verifikasi pembayaran dari berbagai bank sekaligus melalui satu aplikasi.

Permudah pelacakan transaksi keuangan

sd

 

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana. Pengguna hanya perlu mendaftarkan email dan akun transaksi online dari berbagai bank. Selanjutnya, aplikasi ini akan mengkategorikan transaksi harian secara otomatis. Sehingga pengguna akan melihat, memverifikasi, dan mengelola data keuangan di berbagai akun banknya langsung melalui aplikasi.

Fitur yang diberikan aplikasi ini juga cukup menarik. Bila di layanan internet banking biasa hanya mampu mencatat transaksi dalam kurun waktu tiga bulan, aplikasi Veryfund memiliki History yang akan mencatat transaksi hingga kurun waktu tiga tahun. Selain itu, terdapat pula fitur Penamaan Otomatis untuk transaksi yang masuk sehingga mudah dibaca dan diingat oleh pengguna.

Capture

Untuk alur keuangan, Veryfund membatasi jumlah export transaksi yang dapat dilihat oleh pengguna. Saat ini pengguna dapat melacak hingga 5.000 transaksi tanpa biaya berlangganan. Kedepannya, Veryfund akan memberlakukan beberapa paket berlangganan secara in-app purchase.

Ibnu mengatakan bahwa nantinya Veryfund akan menyediakan dua paket berlangganan. Pertama Basic dengan total 25.000 transaksi yang dapat diakses dengan harga Rp25.000 per bulan. Dan yang kedua adalah Pro dengan transaksi unlimited dengan harga Rp50.000 per bulan.

Berikan edukasi pada UMKM dan ekosistem bisnis online lainnya

Rencana lainnya dari tim Veryfund adalah memberi edukasi kepada para pelaku UMKM dan bisnis online lainnya untuk membukukan transaksi secara digital dengan sistem keamanan yang lebih terjaga. Veryfund juga berupaya menjaga relasi dengan banyak institusi keuangan dan komunitas pebisnis muda di dalam negeri. Diharapkan melalui komunitas ini, akan terjalin user base yang besar dan feedback secara langsung.

screenshot aplikasi veryfund

Dalam waktu dekat, tim Veryfund juga akan menyediakan sistem poin dan gamification untuk menarik lebih banyak pengguna. Ibnu mengatakan bahwa nantinya pengguna yang telah mencapai total transaksi hingga Rp500 juta akan mendapat gelar ‘Master of Coins’ dan bila mencapai Rp1 miliar maka akan bergelar ‘Rothschild’s Son’. Ia berkelakar bahwa ide ini didapatkan dari serial Game of Thrones dan ingin mengajak pengguna seolah berburu harta dalam game Line Get’s Rich di dunia nyata.

Selain Veryfund, sudah ada beberapa startup di Indonesia yang juga memasuki ranah fintech seperti Cermati untuk layanan pembanding produk keuangan dan Jojonomic untuk layanan pencatatan keuangan. Bagaimanapun, bisa dibilang belum ada pemain kuat yang menjadi pesaing Veryfund di sektor layanan pencatatan data transaksi keuangan bank.

About Author