April 30, 2024

Tidak semua orang menggunakan teknologi dengan bijak untuk hal-hal yang bermanfaat. Ada orang yang memanfaatkan kemudahan teknologi untuk hal-hal jahat dan tidak bertanggung jawab, seperti menyebarkan hoax untuk kepentingan golongan. Hoax memang sedang menjadi perhatian khusus sekarang. Karena dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi smartphone dan media sosial saat ini, hoax bisa dengan mudah dibuat dan disebarkan.

Bukan hanya menyebarkan foto editan atau kabar yang menghebohkan, hoax juga bisa disebarkan lewat screenshot percakapan, berita atau status media sosial. Tapi, tahukah kamu bahwa screenshot itu bisa dipalsukan dengan mudah?

1. Menggunakan 2 Smartphone

cara-membuat-hoax-lewast-screenshot-palsu-(5)

Dengan menggunakan 2 smartphone yang berbeda, kamu bisa dengan mudah membuat screenshot percakapan palsu. Tinggal ganti nama dan isi percakapannya sesuai kebutuhan kamu. Mudah bukan?

2. Aplikasi Yazzy

cara-membuat-hoax-lewast-screenshot-palsu (4)

Gak punya 2 smartphone? Kamu bisa membuat screenshot palsu menggunakan aplikasi Yazzy. Bukan cuma screenshot percakapan WhatsApp, kamu bisa membuat status Facebook dan Twitter yang palsu yang menghebohkan dengan mudah.

3. Fake Chat Simulator

cara-membuat-hoax-lewast-screenshot-palsu (3)

Jika Yazzy dirasa kurang meyakinkan, kamu bisa menggunakan aplikasi Fake Chat Simulator untuk membuat screenshot percakapan WhatsApp palsu. Selain bisa memprogram pesan keluar dan masuk, aplikasi ini benar-benar terlihat seperti tampilan WhatsApp!

4. Fake Convos

cara-membuat-hoax-lewast-screenshot-palsu (2)

Mau memalsukan screenshot percakapan di Facebook lewat komputer? Kamu bisa dengan mudah melakukannya menggunakan web Fake Convos.

5. Membuat Berita Palsu dengan Inspect Elemen

cara-membuat-hoax-lewast-screenshot-palsu (1)

Bukan cuma screenshot percakapan, hoax yang paling banyak dipercaya adalah jika diambil dari screenshot website berita. Padahal berita palsu ini bisa dengan mudah dibuat menggunakan metode Inspect Elemen!

Gimana, mudah banget kan membuat screenshot pesan chat palsu ini? Bukan hanya pesan chat, bahkan status Facebook hingga berita palsu pun bisa dengan mudah dibuat. Makanya, kamu harus berhati-hati jangan sampe termakan berita hoax yang belum terbukti kebenarannya ya!
Sumber: Jalan Tikus

About Author