May 5, 2024

Bulan Ramadan telah tiba. Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, biasanya seminggu pertama cukup menantang karena harus mengubah jadwal tidur untuk bangun lebih awal. Tak jarang banyak yang tergoda untuk tidur lagi dan akhirnya melewatkan waktu sahur.

Namun jangan khawatir, karena saya telah mengumpulkan beberapa aplikasi alarm yang dijamin akan membuat kamu langsung “sadar” setelah terbangun. Pasalnya, untuk mematikan bunyi alarm, beberapa aplikasi akan meminta kamu menyelesaikan tugas yang berbeda-beda. Walau begitu, ada juga aplikasi yang akan membangunkanmu dengan lembut.

Beberapa aplikasi dapat digunakan oleh pengguna iOS dan Android, namun ada juga yang hanya tersedia untuk salah satu platform tersebut. Langsung saja, berikut adalah daftar lengkapnya.

1. Alarmy (Sleep If U Can)

Tampilan aplikasi Alarmy | Screenshot

Konsep aplikasi ini sederhana. Sebelum mengaktifkan alarm, kamu diminta memotret benda apa saja. Nantinya kamu akan diminta memotret benda itu lagi untuk mematikan alarm. Jadi, pastikan benda yang kamu potret posisinya jauh dari jangkauanmu agar kamu bergerak. Karena, bergerak akan menstimulasi tubuh dan otak, yang akan menyingkirkan rasa kantuk.

1

2. Barcode Alarm Clock

Tampilan aplikasi Barcode Alarm Clock | Screenshot

Cara aplikasi ini bekerja mirip dengan Alarmy. Pertama-tama, kamu perlu memindai barcode yang terdapat di produk apa saja. Bisa barcode dari kardus gadget, kemasan sikat gigi, makanan ringan, dan sebagainya. Semakin jauh produk itu berada dari kamarmu, semakin baik. Setelah itu, atur kapan kamu mau dibangunkan. Begitu waktunya tiba, matikan alarm dengan memindai ulang barcode tersebut.

2

3. Morning Routine – Alarm Clock

Tampilan aplikasi Morning Routine | Screenshot

Sama seperti Barcode Alarm Clock, kamu diminta memindai barcode dari suatu produk untuk mematikan alarm. Namun, alih-alih hanya memindai satu barcode saja, kamu dapat mengatur agar alarm mati setelah kamu memindai beberapa produk secara berurutan.

3

4. The Rock Clock

Tampilan aplikasi The Rock Clock | Screenshot

4

5. Alarm Clock Xtreme Free +Timer

Tampilan aplikasi Alarm Clock Xtreme | Screenshot

Begitu alarm berbunyi, biasanya godaannya sangat besar untuk kembali tidur lagi. Aplikasi ini akan membantu kamu langsung terjaga, caranya dengan memaksamu menyelesaikan soal matematika. Sebelum soal tersebut kamu pecahkan, jangan harap bunyi alarmnya akan berhenti.

5

6. Puzzle Alarm Clock

Tampilan aplikasi Puzzle Alarm Clock | Screenshot

Jika kamu suka Alarm Clock Xtreme, mungkin kamu juga akan suka aplikasi ini. Selain “tantangan” matematika, Puzzle Alarm Clock punya beberapa jenis teka-teki yang harus kamu pecahkan untuk mematikan alarmnya. Ada tiga jenis tingkat kesulitan yang dapat kamu pilih. Tingkat kesulitan menengah akan menyajikan dua hingga tiga teka-teki, sementara tingkat tertinggi akan memintamu menuntaskan lima teka-teki.

6

7. Shake-it Alarm

Tampilan aplikasi Shake-It-Alarm | Screenshot

Tidak suka hidup kamu yang sudah berat semakin dipersulit dengan teka-teki di pagi hari? Bisa jadi Shake-it Alarm lebih pas untuk kamu. Sesuai namanya, kamu perlu mengguncangkan smartphone untuk mematikan alarm. Namun, bukan sekadar mengguncangkan, kamu harus membuat indikatornya penuh. Terkadang butuh waktu antara tujuh sampai sepuluh detik menggoyang-goyangkan smartphone sebelum kamu berhasil.

 

 7

8. CARROT Alarm

CARROT lebih seperti asisten pribadi virtual, walau tugasnya hanya membangunkan kamu. Suaranya yang ala robot akan membuat kamu tertawa. Namun bukan itu saja, tugas-tugas yang diberikan alarm ini pun cukup lucu. Kamu harus menyelesaikan tugas yang diberikan untuk mematikan alarm.

8

9. Uhp Alarm Clock

Tampilan aplikasi Uhp Alarm Clock | Screenshot

Bunyi alarm di aplikasi ini akan berhenti setelah kamu berjalan dari titik A ke titik B—misalnya dari tempat tidur ke luar kamar. Namun, kamu perlu “mengajarkan” Uhp terlebih dulu di mana letak dua titik tersebut. Lebih jauh lagi, kamu dapat mengatur agar Uhp menginformasikan apakah kamu bangun tepat waktu—atau melanjutkan tidur—ke Twitter dan Facebook.

9

10. Sleep as Android

Sleep as Android lumayan beradab ketimbang aplikasi lain yang ada dalam daftar ini. Dengan memanfaatkan akselerometer dalam perangkat untuk melacak tahap tidur kamu, apakah light sleep atau deep sleep, Sleep as Android akan membangunkan kamu dengan cara yang sesuai. Diharapkan kamu akan terbangun dengan keadaan segar karena tidak dipaksa.

10

 Agar waktu sahur tidak memotong jatah tidur normal, yang menurut para ahli berdurasi enam jam, cobalah untuk tidur lebih awal dari biasanya. Seharusnya, setelah lewat dari satu minggu, tubuhmu akan terbiasa dengan jadwal tidur dan bangun yang baru tersebut. Selamat menunaikan ibadah puasa!

About Author