May 5, 2024

Platform penjualan tiket online yang berasal dari India, BookMyShow, pada tanggal 1 Juni 2016 yang lalu mengumumkan kehadiran mereka secara resmi di Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, mereka juga menghadirkan sebuah aplikasi Android untuk memudahkan para pengguna.

Menurut BookMyShow, penjualan tiket bioskop secara online di Indonesia baru mencapai angka lima persen. Itulah mengapa mereka lebih fokus untuk menjual tiket bioskop, meski mereka juga menjual tiket acara hiburan lainnya. “Kami ingin membuat hiburan makin mudah diakses di Indonesia,” ungkap Sudhir Syal, Co-Founder dan Managing Director BookMyShow Indonesia.

Tiket Hiburan Lainnya BookMyShow | Screenshot

Berbagai pilihan tiket hiburan selain film bioskop yang disajikan BookMyShow

BookMyShow sebelum “mendarat” ke Indonesia telah hadir di India, Selandia Baru, dan Uni Emirat Arab. Di negara-negara tersebut, mereka telah bekerja sama dengan 4.000 layar bioskop dan menjual 10 juta tiket setiap bulannya.

Sediakan informasi film yang lengkap

Halaman Utama BookMyShow | Screenshot

Untuk menggunakan aplikasi BookMyShow, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, atau melakukan login dengan akun Facebook dan Google yang kamu miliki. Di halaman utama, kamu akan melihat berbagai pilihan acara hiburan yang bisa kamu nikmati. Jika kamu ingin menonton sebuah film di bioskop, kamu pun bisa langsung melihat trailer, sinopsis cerita, nama pemeran, serta rating yang diterima oleh film tersebut.

Jika kamu telah memilih sebuah film untuk kamu tonton, kamu bisa langsung menentukan di mana dan kapan kamu ingin menyaksikan film tersebut. Setelah itu, kamu bisa memilih tempat duduk yang kamu inginkan, dan harus membayar harga tiket untuk film tersebut setelah ditambah biaya yang ditetapkan BookMyShow.

Pemesanan Tiket BookMyShow | Screenshot

Sayangnya, untuk saat ini BookMyShow baru menyediakan pilihan pembayaran dengan kartu kredit, Mandiri ClickPay, dan CIMB Clicks. Dalam waktu dekat, mereka berjanji menambah opsi pembayaran melalui AlfaMart, Indomaret, dan 7-Eleven.

Belum bekerja sama dengan Cinema 21

Antri Bioskop | Ilustrasi

Saat ini, BookMyShow telah bekerja sama dengan empat jaringan bioskop di tanah air, yaitu CGV Blitz, Platinum Cineplex, Golden Theater, dan New Star Cineplex. Sebagai informasi, tiga nama terakhir merupakan jaringan bioskop yang memang hanya beroperasi di daerah, dan tidak mempunyai cabang di Jakarta. Sayangnya, mereka belum bisa menggandeng jaringan bioskop terbesar di Indonesia, Cinema 21.

Biaya tambahan lebih murah

Perbandingan Harga BookMyShow GoTix | Screenshot

Di Indonesia, BookMyShow akan bersaing dengan GO-JEK yang juga telah bekerja sama dengan CGV Blitz untuk menghadirkan pemesanan tiket bioskop online GO-TIX. Namun BookMyShow punya keunggulan karena mereka menetapkan biaya tambahan yang lebih murah. Untuk sebuah tiket yang saya pesan untuk menonton film di kota Jakarta, BookMyShow mengenakan biaya Rp2.000, sedangkan GO-JEK Rp5.000.

Ingin langsung membeli tiket dengan BookMyShow? Silakan unduh aplikasinya melalui:

Capture

About Author