April 26, 2024

Pertumbuhan startup pendidikan di Indonesia memang tidak begitu pesat jika dibandingkan startup di ranah lainnya, seperti e-commerce. Meskipun demikian, sudah ada beberapa startup lokal yang ambil bagian dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini. Kali ini kami berhasil merangkum beberapa di antaranya:

1. PesonaEdu

PesonaEdu kumpulan startup pendidikan indonesia
Merupakan salah satu pelopor startup edtech di Indonesia, PesonaEdu menyediakan software pendidikan serta konten pembelajaran digital bagi para penggunanya. Awal tahun ini PesonaEdu meluncurkan PesonaEdu Store yang memungkinkan penggunanya berbelanja konten edukasi digital di platform ini.

2. RuangGuru

rg
RuangGuru merupakan marketplace online yang membantu menghubungkan guru privat dan siswa di Indonesia. Situs ini menyediakan berbagai pilihan mata pelajaran mulai dari mata pelajaran umum hingga pendidikan khusus seperti bimbingan komputer, bahasa asing, musik, hingga olahraga tertentu.

Beberapa waktu lalu, RuangGuru meluncurkan tes.ruangguru.com, platform belajar ujian online gratis bagi para siswa.

3. Zenius

Zenius kumpulan startup pendidikan indonesia
Zenius merupakan sebuah platform online yang menyediakan video pembelajaran dan worksheet untuk murid. Situs ini sudah memiliki puluhan ribu video pembelajaran yang bisa dilihat dengan membeli voucer serta mengaktifkan akun premium terlebih dahulu. Selain video online, Zenius juga menjual VCD dan DVD bagi mereka yang memiliki akses internet terbatas yang bisa dibeli secara online, maupun di reseller offline Zenius yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

4. HarukaEdu

HarukaEdu kumpulan startup pendidikan indonesia
HarukaEdu merupakan sebuah startup e-learning yang memungkinkan kamu mengikuti berbagai macam pendidikan formal maupun informal secara online. Ada tiga program yang ditawarkan HarukaEdu, yakni Kelas Online, Kuliah Online, dan Sertifikasi Online.

Kelas online di HarukaEdu terdiri dari beberapa gelombang yang masing-masing diadakan selama kisaran waktu tertentu. Terkait kuliah online, HarukaEdu menjalin kerja sama dengan universitas terakreditasi A dan B yang mengubah program offline degree mereka menjadi online degree. Setelah menyelesaikan program kelas dan kuliah online HarukaEdu, serta lulus ujian sertifikasi, maka pengguna akan mendapat sertifikat online.

5. Squline

squline kumpulan startup pendidikan indonesia
Sadar akan tuntutan menguasai bahasa Mandarin yang semakin tinggi, Squline mencoba menyelesaikan persoalan tersebut dengan menyediakan kursus online belajar bahasa Mandarin. Para murid bisa langsung mengikuti kelas virtual online yang diajarkan oleh guru bahasa Mandarin di Cina. Seperti dalam kelas bahasa lainnya, Squline menyediakan berbagai level kelas dari level Elementary hingga Advanced.

Layaknya les privat, dalam situs ini kamu bisa menentukan waktu belajarmu sendiri, serta memilih pengajar yang tersedia pada jadwal tersebut. Untuk menggunakan layanan ini, kamu harus membeli paket yang tersedia atau membayar sesuai dengan jumlah pertemuan atau sesi kelas yang ingin kamu dapatkan. Selain Mandarin, Squline juga menyediakan kursus online untuk bahasa Inggris.

6. Medidu

Medidu kumpulan startup pendidikan indonesia
Medidu merupakan platform yang menampilkan video pembelajaran online untuk kelas yang disediakan di situs ini. Pelajaran yang tersedia di Medidu diajarkan dalam bentuk video, slide, maupun artikel. Di dalam kelas, peserta dapat berdiskusi maupun bertanya pada tutor dan peserta kelas lain. Medidu menyediakan beragam mata pelajaran mulai dari finansial, bisnis, teknologi, hobi, dan lainnya.

7. WardayaCollege

WardayaCollege kumpulan startup pendidikan indonesia
WardayaCollege merupakan salah satu dari sejumlah situs belajar online di daftar ini. Selain menyediakan video pembelajaran, WardayaCollege juga menyediakan kuis secara gratis bagi para penggunanya. Berbeda dari pemain serupa yang memfasilitasi berbagai pelajaran, WardayaCollege berfokus pada pelajaran matematika dan sains. Untuk saat ini WardayaCollege baru diluncurkan dalam versi beta.

8. Kelase

Kelase kumpulan startup pendidikan indonesia
Diluncurkan pada 2014, Kelase menyediakan jejaring sosial dan lingkungan belajar online bagi sekolah, organisasi, maupun komunitas. Melalui platform ini, pendidik dan anak didik bisa saling terhubung dan berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan akademik. Para pendidik juga bisa mencantumkan semua kegiatan akademik pada fitur kalender, sehingga para peserta didik bisa memantaunya secara online.

Bagi para peserta didik, Kelase bisa dimanfaatkan untuk menyimpan serta mengakses semua konten pendidikan baik itu e-book, video pendidikan, dan lainnya. Kelase tentunya sangat berguna bagi institusi pendidikan baik formal (SD, SMP, SMA, SMK, Akademi, Sekolah Tinggi, dan Universitas) maupun non-formal (lembaga kursus, bimbingan belajar, dan penyelenggara home schooling).

9. e-Tryout

etryout kumpulan startup pendidikan indonesia
e-Tryout menjadi semacam bank soal bagi penggunanya. Di aplikasi ini kamu bisa menemukan soal-soal yang bisa kamu kerjakan dan juga melihat hasil belajarmu. Untuk menggunakannya, kamu harus terlebih dahulu mendaftar dan mengunduh soal-soal yang tersedia di bank soal dalam aplikasi ini dengan menggunakan saldo.

Kamu bisa mengisi ulang saldo dengan membeli voucer melalui UniPin, GudangVoucher, IndoMog, transfer, atau yang paling mudah, menggunakan pulsa. Harga tiap paket voucer dihitung berdasarkan jumlah soal, misalnya Rp1.100 untuk 200 soal, Rp5.500 untuk 1.500 soal, dan seterusnya.

Pilihan soal yang disediakan aplikasi ini sangat banyak dan mencakup hampir semua tingkatan pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, soal UN, SBMPTN, tes CPNS, dan bahkan pertanyaan umum. Setelah mengerjakan soal, kamu akan mendapatkan hasil dari jawaban serta nilai dan waktu pengerjaan. Selain itu, kamu juga bisa melihat kembali soal mana yang kamu jawab dengan salah dan jawaban mana yang benar.

e-Tryout memiliki aplikasi mobile yang bisa kamu unduh melalui:

duniaku-warungchain-1

10. TokoEdukasi

TokoEdukasi kumpulan startup pendidikan indonesia
TokoEdukasi merupakan situs e-commerce yang khusus menjual alat-alat pendidikan bagi sekolah, siswa, dan orangtua siswa. Saat ini, TokoEdukasi menyediakan ribuan produk dengan berbagai kategori seperti software, perangkat elektronik, alat peraga, furnitur, mainan, perlengkapan sekolah, buku, pakaian, dan ekstrakurikuler. Harga yang ditawarkan juga variatif, mulai dari ribuan seperti peralatan untuk ekstrakurikuler pramuka hingga puluhan juta seperti interactive whiteboard.

11. GoeSmart

Goesmart kumpulan startup pendidikan indonesia
GoeSmart mengklaim situsnya sebagai jejaring sosial bagi siswa, guru, sekolah, orang tua, dan masyarakat umum di Indonesia. Selain menjadi semacam bank lesson plan (RPP) dan toko pengetahuan bagi para guru, GoeSmart juga menawarkan fitur yang disebut G-Messenger. Aplikasi chatting yang memungkinkan semua pihak untuk berkomunikasi dalam sebuah forum tertutup untuk membahas kemajuan pelajaran dan kebutuhan belajar siswa.

Unduh aplikasi G-Messenger melalui:

Capture

12. BulletinBoard

Aplikasi BulletinBoard
BulletinBoard merupakan aplikasi yang menghubungkan guru dan para wali murid untuk tetap update tentang berbagai kegiatan serta perkembangan anaknya di sekolah. Melalui platform ini, sang guru bisa memberikan berbagai informasi seperti kegiatan di sekolah, PR dan tugas, hingga perkembangan akademis dan perilaku anak.

Unduh aplikasi BulletinBoard melalui:

bb

13. 7Pagi

7pagi kumpulan startup pendidikan indonesia
Sama seperti BulletinBoard, 7Pagi merupakan sebuah platform interaksi yang ditujukan bagi guru dengan orang tua siswa. Dengannya orang tua siswa dapat memantau dan mengetahui perkembangan anak mereka di sekolah melalui smartphone mereka.

7Pagi memiliki empat fitur utama yaitu Diary sebagai pengganti buku penghubung, Information yang dirancang untuk menggantikan surat edaran, Class Activities untuk menyampaikan beragam informasi kegiatan kelas, dan Portfolio untuk informasi mengenai portofolio siswa selama di sekolah.

14. Asdos

asdos

Layanan ini hadir untuk menyediakan ruang komunikasi dan konsultasi tentang perkuliahan. Sesuatu yang diharapkan bisa membantu lulusan SMA atau sederajat untuk mendapat informasi mengenai jurusan dan segala sesuatu mengenai perkuliahan.

Layanan Asdos ini dikembangkan oleh Robbani Alfan, Ali Rosidi dan Ditra Novtiansyah. Asdos baru secara resmi diluncurkan pada 13 Maret 2016 kemarin. Namun secara offline, bisnis edukasi mengenai jurusan kuliahnya sudah berjalan kurang lebih satu tahun. Salah satu program offline yang dijalankan adalah Program Jelajah Kampus dan Akademi Program Studi  sudah lebih dulu dilaksanakan sejak Februari 2015.

15. Kelas Kita

kk

KelasKita adalah media sosial yang memudahkan penggunanya membuat dan mengikuti kelas belajar secara online. Seperti halnya situs media sosial pada umumnya, KelasKita menghadirkan fitur mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya agar dapat membuat kelas belajar untuk para peserta didik bersama teman-teman, tim, maupun komunitas. Selain itu pengguna juga dapat mengikuti kelas belajar yang tersedia di KelasKita.

KelasKita memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang kebutuhan kelas belajar online (e-learning) di antaranya fitur broadcast live video, real-time chalkboard, real-time notifications, timeline, serta fitur Quiz yang tentu mengasyikkan untuk dijadikan bahan pengetahuan sehari-hari, serta berbagai fitur lainnya.

About Author