May 2, 2024

Momen Idulfitri tidak jarang digunakan sebagian masyarakat untuk berlibur bersama keluarga. Terkadang saat berwisata ke suatu tempat, seorang muslim sulit menemukan petunjuk arah kiblat, waktu salat, lokasi restoran halal, dan informasi lainnya. Dengan pesatnya teknologi, kini masalah tersebut dapat dipecahkan oleh kehadiran aplikasi yang dapat digunakan bagi umat muslim yang ingin bepergian ke manapun. 

Untuk momen penuh sukacita dan libur bersama keluarga, berikut tiga rekomendasi aplikasi untuk kamu yang sedang merencanakan traveling saat Lebaran. Berikut ulasannya:

 

1. Muslim Pro

Fitur yang disediakan oleh aplikasi Muslim Pro cukup komprehensif untuk mengakomodasi kewajiban beribadah umat Muslim di manapun mereka berada. Tersedia fitur untuk mengetahui waktu salat, arah kiblat, ayat Alquran, dan lokasi masjid terdekat. Bukan hanya itu saja, aplikasi yang telah beroperasi sejak 2012 di platform Android dan iOS ini menyediakan beragam pilihan bahasa, mulai dari bahasa Indonesia, Inggris, Melayu, Belanda, dan lainnya. Data dari AppAnnie menyebut bahwa aplikasi Muslim Pro sudah diunduh lebih dari 50 juta kali sejak diluncurkan pada Februari 2012.

1

2. HalalTrip

Aplikasi Halal Trip | Screenshot

Layanan yang dimulai sejak Desember 2013 silam ini menyediakan berbagai pilihan destinasi wisata bagi turis Muslim. Selain paket wisata, HalalTrip juga menyediakan opsi untuk mencari hotel, rumah, dan apartemen di lokasi wisata yang dituju. Fitur Halal Food Spotter memudahkan kamu untuk mencari restoran halal di sekitar lokasi melancong. Ada pula Attraction Spotter yang mendata tempat wisata di suatu daerah. Lewat HalalTrip, kamu juga bisa menghitung waktu beribadah saat sedang dalam perjalanan udara. Salah satu yang paling menarik adalah fitur Travel Etiquettes yang berisi doa-doa salat istikharah dan niat sebelum melakukan perjalanan. Data dari AppAnnie menyebut bahwa HalalTrip baru meluncurkan aplikasi pada Januari 2015. Sejauh ini sudah terdapat lebih dari 500.000 unduhan untuk aplikasi yang tersedia di platform Android dan iOS.

2

3. Muslim Mate

Aplikasi Muslim Mate | Screenshot

Aplikasi Muslim Mate tersedia dalam versi gratis. Versi berbayarnya, yaitu Muslim Mate Pro, bisa dimiliki dengan harga US$3 (sekitar Rp36.000). Fitur yang membedakan antara keduanya adalah tidak tersedianya iklan untuk versi berbayar. Fitur yang disediakan Muslim Mate lebih banyak dan lengkap dibandingkan dengan Muslim Pro. Terdapat fitur untuk menemukan lokasi masjid, restoran halal terdekat, arah kiblat, dan waktu salat yang akurat untuk semua negara. Kemudian pengguna juga dapat membaca Alquran dan selawat dalam aplikasi ini. Kelebihan lainnya adalah aplikasi Muslim Mate dapat diintegrasikan dengan Apple Watch agar fitur-fiturnya lebih mudah diakses. Data dari AppAnnie menyebut bahwa aplikasi Muslim Mate sudah beroperasi sejak September 2015 untuk platform iOS.

3

About Author