May 3, 2024

Sayuran-sayuran yang dijajakan di Pasar Kemiri, Depok.

Perkembangan teknologi saat ini terbukti bisa memudahkan segala hal, termasuk aktivitas jual-beli sayuran yang merupakan kebiasaan sehari-hari masyarakat Indonesia. Bila biasanya kamu harus menunggu penjual sayuran yang berkeliling setiap pagi, kini kamu cukup duduk manis di rumah dan memesan sayuran menggunakan aplikasi mobile. Sayuran tersebut pun akan langsung dikirim ke rumah kamu.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi mobile yang bisa kamu gunakan untuk memesan sayuran secara online.

1. GO-MART

Tampilan Aplikasi GO-MART | Screenshot

GO-MART adalah sebuah layanan yang dibuat oleh startup transportasi berbasis aplikasi, GO-JEK. Pada dasarnya, kamu bisa membeli berbagai macam barang lewat layanan GO-MART, termasuk sayuran. Untuk membeli sayuran, kamu bisa memilih beberapa toko yang menyediakan sayuran di layanan GO-MART, seperti Lotte Mart, Food Hall, atau Ranch Market. Setelah melakukan pemesanan, seorang pengendara GO-JEK akan membelikan sayuran tersebut, dan mengantarkannya ke rumah kamu. Untuk menggunakan layanan ini, kamu hanya perlu membayar ongkos kirim sebesar Rp10.000.

1

2. HappyFresh

Tampilan Aplikasi HappyFresh | Screenshot

Berbeda dengan GO-MART yang bisa digunakan untuk membeli barang-barang lain, aplikasi HappyFresh memang khusus dibuat untuk melayani pemesanan bahan makanan dan sayuran segar. Meski begitu, proses pemesanan di HappyFresh tidak jauh berbeda dengan GO-MART. HappyFresh telah menempatkan kurir-kurir khusus di setiap toko yang menjadi rekanan mereka. Untuk menggunakan jasa HappyFresh, kamu perlu membayar biaya pengiriman sekitar Rp20.000.

hf

3. TaniHub

Tampilan Aplikasi TaniHub | Screenshot

Berawal dari kompetisi Startup Weekend di tahun 2015, akhirnya muncul sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan petani dan para konsumen bernama TaniHub. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memesan sayuran yang nantinya akan langsung dikirim oleh para petani. Proses pengiriman akan berlangsung maksimal dua hari setelah kamu melakukan pembayaran. Berbeda dengan layanan serupa, TaniHub tidak mengenakan ongkos kirim, kecuali kalau kamu meminta proses pengiriman dengan kendaraan khusus.

tanihub

4. Groceria

Tampilan Aplikasi Groceria | Screenshot

Groceria merupakan aplikasi pemesanan sayuran yang mengawali bisnisnya di kota Surabaya. Sebelum memilih sayuran yang ingin kamu beli, kamu harus menentukan lokasi pasar tempat sayuran tersebut akan dibeli. Saat ini Groceria juga telah membuka operasi di Jakarta, walau baru bisa melayani satu lokasi pembelian, yaitu di Fatmawati, Jakarta Selatan. Untuk menggunakan layanan ini, kamu harus membayar ongkos kirim yang besarnya sesuai dengan jarak lokasi antara rumah kamu dan lokasi pembelian sayuran.

groceria

5. Kecipir

screenshot aplikasi kecipir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kecipir adalah social enterprise untuk mewujudkan produksi, distribusi dan konsumsi pertanian secara lebih berkeadilan dan ramah lingkungan. Impian kami sederhana: Menjadikan sayuran organik itu menjadi “sayuran biasa” Dari sisi harga ia bisa bersaing, dari sisi pasokan ia bisa diandalkan, dari sisi konsumsi ia lebih sehat.

kecipir

About Author