May 3, 2024

Perkembangan teknologi semakin membantu kehidupan kita sehari-hari. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan untuk memantau lokasi keluarga atau orang-orang terkasih melalui sebuah aplikasi. Berikut referensi aplikasi-aplikasi yang memudahkan kamu untuk menemukan atau memantau lokasi keluarga.

1. Zenly Locator

Zenly Locator | Image

Aplikasi Zenly Locator mengklaim bahwa pengguna bisa melacak keberadaan kerabatnya secara real-time. Berbeda dengan aplikasi lainnya di dalam daftar ini, Zenly Locator menawarkan keseluruhan layanan secara gratis kepada penggunanya. Pengguna juga bisa melakukan chat langsung dengan teman atau keluarga dengan pilihan emoji yang diberikan. Secara keseluruhan, bagi kamu yang enggan mengeluarkan biaya untuk aplikasi pelacak lokasi orang terkasih, Zenly adalah opsi yang layak dicoba.

1

2. Famy

Famy | Image

Aplikasi ini buatan developer asal Korea, Spacosa, yang memang fokus membuat aplikasi bertema keluarga dan kemudahan berkomunikasi di antara keluarga. Famy dirilis sejak Oktober 2013 dan sudah mendapat lebih dari satu juta unduhan. Jika dibandingkan dengan aplikasi serupa, Famy memiliki fitur yang cukup lengkap, yakni memberi lokasi secara akurat, merekam & menyimpan jejak lokasi yang telah dilalui, memiliki empat pilihan mode untuk penandaan lokasi tiap anggota keluarga melalui peta, tidak membuat baterai boros, dapat digunakan sebagai grup chatting antar keluarga & mengirim lokasi, mengirim pesan bahaya atau SOS, dan dapat juga digunakan untuk chatting perorangan.

2

3. Life360 – Family Locator

Life360 | Image

Dengan latar belakang aplikasi berwarna ungu, Family Locator buatan Life360, developer asal San Fransisco ini juga berfungsi sebagai pelacak lokasi bila perangkat pengguna yang hilang. Meski dapat diunduh secara gratis, tersedia pula versi premium untuk aplikasi ini, yang bisa dibeli melalui in-app purchase. Biaya berlangganan untuk versi premium ini dibanderol mulai dari US$5 (sekitar Rp70.000) per bulan. Tidak jauh berbeda dengan fungsi yang ditawarkan aplikasi Famy yang telah dijelaskan sebelumnya, Family Locator ini juga dapat mengetahui posisi keluarga. Ada tombol khusus ketika berada dalam kondisi darurat dan group atau personal chatting. Perbedaannya adalah setiap anggota yang didaftarkan sebagai keluarga akan digolongkan ke dalam Circle dan ditampilkan dalam Private Map. Bila mendaftar aku premium, maka kamu dapat memantau posisi smartphone sekaligus keberadaan orang dalam Circle.

3

4. Family Locator

Family Locator Sygic | Image

Dibuat oleh Sygic, developer navigasi asal Amerika yang berdiri sejak 2009 lalu, seluruh fitur aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, namun hanya untuk tujuh hari penggunaan. Sisanya, pengguna akan dikenakan biaya melalui in-app purchase yang dibanderol mulai dari US$3 (sekitar Rp41.000) per bulan. Fungsinya pun tidak jauh berbeda dengan tiga aplikasi lainnya, namun aplikasi ini akan memberi notifikasi langsung kepada orang tua jika anaknya berada atau memasuki daerah berbahaya, atau ketika anak sudah sampai di tempat tujuannya. Setelah berlangganan, pengguna dapat melihat secara keseluruhan History dari lokasi anak.

4

5. Family Locator, Phone Tracker

iSharing Family Locator | Image

Layaknya Life360 – Family Locator, aplikasi ini juga memberikan fungsi tambahan untuk menemukan lokasi smartphone bila hilang. Family Locator, Phone Tracker merupakan aplikasi buatan iSharingSoft asal New York Amerika Serikat. Fungsi lainnya yang ditawarkan aplikasi ini serupa dengan aplikasi sebelumnya yang telah dibahas, seperti menemukan lokasi anak, mengirimkan SMS bila kondisi bahaya, dan chatting dengan anggota keluarga. Kelebihan dari aplikasi ini, pengguna bisa mengobrol dengan fitur Walkie Talkie secara gratis dengan anggota keluarga lainnya yang telah didaftarkan.

5

6. Glympse – Share GPS Location with Friends and Family

Glimpse | Image

Di negara dengan pengguna aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) yang masih tinggi seperti Indonesia, pasti sudah pernah mendengar nama aplikasi Glympse. Ya, developer asal Washington, Amerika Serikat ini memang berpengalaman dalam aplikasi navigasi sejak 2008. Terutama fitur yang mereka sematkan ke dalam aplikasi BBM yang memungkinkan kamu untuk mengetahui lokasi lawan bicara di dalam aplikasi ini. Aplikasi ini seperti media sosial, kamu bisa follow orang-orang terdekat dan berbagi lokasi dengan mereka. Beberapa fitur lainnya adalah kemudahan chatting langsung dengan orang lain tanpa aplikasi tambahan, dapat digunakan di belahan dunia manapun dengan mengandalkan GPS atau mobile data, dan tanpa memakan banyak daya baterai.

6

Sumber: Tech in Asia

About Author