April 30, 2024

GO-JEK telah melakukan pembaruan terhadap aplikasi mereka untuk perangkat iOS. Dalam pembaruan tersebut, mereka mengumumkan kalau layanan pembayaran GO-PAY akan bisa digunakan untuk setiap pembayaran di merchant yang bekerja sama dengan mereka. Sejauh ini belum diketahui bagaimana proses yang harus dilakukan pengguna untuk bisa melakukan pembayaran tersebut. GO-JEK sendiri mengaku kalau mereka masih berada dalam tahap pengembangan dan belum meluncurkan fitur tersebut secara resmi untuk saat ini.

Berikut ini pernyataan GO-JEK kepada Tech in Asia Indonesia:

GO-JEK saat ini masih mempersiapkan infrastruktur, termasuk aplikasi bagi pelanggan, supaya pelanggan semakin mudah untuk membayar transaksinya di berbagai mitra merchant dengan GO-PAY.

, Perwakilan GO-JEK

GO-JEK sendiri sebenarnya tengah mengembangkan sebuah layanan yang bernama GO-RESTO. Layanan tersebut memungkinkan seorang mitra pengemudi GO-JEK untuk membayar dengan GO-PAY ketika membeli makanan yang dipesan pengguna GO-FOOD.

Menurut penjelasan di blog resmi GO-JEK, seorang mitra pengemudi hanya perlu memasukkan pesanan pelanggan di aplikasi miliknya. Setelah itu, pemilik restoran akan menerima PIN di aplikasi GO-RESTO, yang harus dimasukkan ke dalam aplikasi milik mitra pengemudi tersebut. Setelah itu, saldo GO-PAY sang pengemudi pun akan langsung berpindah ke akun sang pemilik restoran.

Hal ini merupakan realisasi dari pernyataan CEO GO-JEK Nadiem Makarim yang menyatakan kalau mereka memang akan membuka sistem pembayaran GO-PAY untuk membayar transaksi di luar aplikasi GO-JEK. Pada tanggal 18 Juli 2017 kemarin, GO-JEK pun baru saja mendapat penghargaan dari Bank Indonesia sebagai startup fintech teraktif yang mendukung gerakan nasional nontunai.

Menarik untuk ditunggu bagaimana hal ini bisa mendorong perkembangan GO-PAY untuk bersaing dengan layanan pembayaran mobile lain seperti T-Cash dan Dimo.

Sumber: Tech in Asia

About Author