April 30, 2024

Kurang meratanya penyebaran informasi terkadang membuat masyarakat tidak mengetahui acara-acara yang berlangsung di kotanya. Masalah inilah yang coba dipecahkan oleh Goers melalui aplikasi direktori yang diluncurkan untuk perangkat Android dan iOS.

Goers berada di bawah naungan PT Sanraya Adi Natayya yang berlokasi di Jakarta dan telah beroperasi sejak Januari 2015. Sedangkan untuk aplikasinya, tim pertama kali meluncurkan untuk versi iOS. Berdasarkan data dari AppAnnie, pertama kali aplikasi Goers untuk iOS dirilis pada Februari 2015. Sedangkan untuk Android, baru tersedia sejak Juni 2015.

Masih berpusat untuk acara di Jakarta

screenshot aplikasi goers android

Pertama kali mengakses aplikasi ini, pengguna diharuskan melakukan login atau mendaftar melalui akun e-mail dan Facebook. Setelah itu, tersedia laman Interest yang memuat berbagai kategori acara yang diinginkan. Goers menyediakan 15 pilihan kategori Interest, beberapa di antaranya adalah Fashion, Food & Drink, Sport, dan Movie.

Kemudian setelah mengisi kolom informasi profil, pengguna diarahkan pada rangkaian acara sesuai dengan kategori Interest yang dipilih. Terdapat tiga kategori utama, yakni Today, Tomorrow, dan Upcoming dari setiap acara. Di pojok kanan halaman aplikasi terdapat ikon peta yang memberikan pilihan untuk melihat acara berdasarkan lokasi.

Aplikasi ini menyediakan informasi untuk setiap acara seperti deskripsi acara, harga tiket masuk, dan direktori langsung ke lokasi. Bila pengguna ingin mengajak teman lainnya ke acara tertentu, terdapat opsi Share yang bisa langsung disebarkan ke berbagai media sosial dan aplikasi chatting.

Ada perbedaan mencolok pada aplikasi ini untuk perangkat iOS dan Android, yakni pilihan untuk booking tiket acara. Untuk iOS, aplikasi ini telah mengaktifkan semua fitur, termasuk untuk membeli tiket acara secara langsung. Sedangkan bagi Android, beberapa fitur, seperti I’m in untuk Booking Ticket masih dalam tahap pengerjaan dengan tanda ‘Coming Soon’. Selain itu, pengguna di Android belum dapat mengaktifkan Notifications dan Tickets di aplikasi ini.

Melalui aplikasi ini, pengguna juga dapat membeli dan mengisi ulang saldo untuk membeli berbagai tiket. Namun sekali lagi, fitur ini baru bisa dinikmati pengguna iOS. Pengguna Android masih harus bersabar untuk dapat menikmati keseluruhan fitur. Alasan utamanya mungkin karena aplikasi untuk perangkat Android belum lama diluncurkan, sehingga masih banyak pengembangan yang dilakukan. Di luar dari hal tersebut, aplikasi ini tidak mengalami lag dan load lama.

screenshot aplikasi goers ios

Fitur pada aplikasi Goers di iOS yang belum dapat dinikmati pengguna Android

Sejauh ini, sebagian besar acara yang ada di Goers merupakan acara yang berlangsung di sekitar kota Jakarta. COO Goers Niki Tsuraya Yaumi mengatakan bahwa nantinya aplikasi ini akan mencakup berbagai acara di kota lainnya di Indonesia. Berdasarkan situs mereka, sejauh ini Goers telah bermitra dengan Taman Ismail Marzuki, Java Jazz Festival, dan Java Musikindo.

Fungsi pada aplikasi ini langsung mengingatkan saya pada aplikasi Sosialita yang juga mencakup film-film bioskop. Kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang sangat mirip, namun Sosialita memungkinkan pengguna untuk memberi komentar langsung pada film dan acara yang berlangsung, dan tidak membutuhkan login terlebih dahulu seperti Goers.

Kelebihan

  • UI dan UX mudah dipahami pengguna
  • Tidak ada lag saat mengakses aplikasi

Kekurangan

  • Keseluruhan fitur belum tersedia di Android, padahal menurut hemat saya, pengguna Android masih mendominasi pengguna smartphone di dalam negeri
  • Feature image untuk setiap acara terlihat tidak bagus dan terlalu stretch

Coba aplikasi ini melalui:Capture

Dan Juga Tonton Fitur di Goers App

About Author