April 27, 2024

Instagram terus berkembang dan mencoba beragam fitur baru untuk kalangan terbatas, lalu segera merilisnya kepada pengguna umum. Kali ini fitur baru yang sedang dicoba adalah Favorite List. Yaitu mode untuk berbagi foto, video atau Instagram Stories kepada teman terpilih saja. Fitur ini hadir untuk membuat kamu tetap bebas berbagi konten di Instagram namun dapat dengan mudah membatasi penikmat kontennya, misalkan hanya ditujukan pada keluarga dekat atau mungkin sahabat.

Called favorites, the feature attempts to improve on earlier social network friend lists, encouraging users to post more often by giving them more control over their audience.

Fitur Favorite List ini punya beberapa detail pengaturan dan hal penting yang harus kamu tahu. Pertama adalah mendaftarkan teman yang kamu pilih untuk dapat melihat konten berlabel Favorites. Caranya adalah masuk ke tab Profile lalu akses bagian Favorites dengan tanda bintang. Tekan tombol Edit Your Favorites untuk mulai menambahkan siapa saja yang ingin kamu masukkan dalam daftar tersebut.

Berikutnya adalah cara berbagi konten Favorites. Tidak ada yang berubah jika dibandingkan cara posting foto, video atau Instagram Stories yang kamu kenal selama ini. Bedanya adalah pilihan tombol Share With Favorites yang harus kamu tekan di bagian pengaturan akhir sebelum membagikan konten. Nantinya di Feed teman yang ada dalam daftar Favorites, konten foto atau video tersebut akan tampil dengan tanda Favorites berwarna hijau sebagai keterangan bahwa dia terdaftar dalam list Favorites yang kamu buat. Mereka juga bisa masuk ke tab Favorites di Profile akun kamu dan melihat semua foto yang dibagikan secara khusus pada bagian tersebut.

Daftar Favorites yang kamu buat ini bersifat sangat pribadi. Anggota di dalamnya tidak dapat melihat siapa saja yang terdaftar selain dirinya. Teman lain juga tidak bisa melakukan permintaan lewat sistem untuk kamu masukkan ke Favorite List. Bahkan nantinya jika kamu menghapus mereka dari daftar Favorite Lis, aksesnya terhadap semua konten di bagian tersebut juga akan ditutup.

Dari sumber berita yang tim MakeMac dapatkan, Instagram sudah mempersiapkan fitur ini selama setahun. Beberapa bagian dari aplikasi Instagram juga diam-diam sudah dipersiapkan untuk kehadiran fitur tersebut. Tujuan utama dari fitur Favorites adalah membagikan lebih banyak hal menarik lewat konten foto, video atau Instagram Stories kepada keluarga dekat atau sahabat terbaik kamu.

Sayangnya Instagram tidak menyebutkan tanggal rilis fitur ini untuk pengguna umum. Semoga saja dalam waktu dekat ya, sehingga semua Sahabat MakeMac dapat mulai menikmati Instagram Favorite List dan berbagi konten bersama orang pilihan.

Sumber: Make Mac

About Author