March 29, 2024

Apple hari ini resmi merilis macOS High Sierra bagi pengguna umum. Sistem operasi terbaru untuk pengguna Mac ini menghadirkan beragam fitur tambahan dan juga peningkatan fitur bawaan yang sebelumnya sudah rilis. Beberapa hal baru yang ada di macOS High Sierra adalah teknologi APFS, HEVC, Metal 2 dan masih banyak lainnya. Berikut ini info lengkap untuk beberapa fitur baru yang ada di macOS High Sierra.

Fitur Baru di macOS High Sierra

Apple File System (APFS)

Apple File System (APFS) adalah sistem file baru untuk penyimpanan data di macOS High Sierra. Apple menghadirkan arsitektur sistem file baru ini untuk pengguna dengan kapasitas penyimpanan besar yang menggunakan teknologi terbaru, performa lebih baik, lebih aman dan handal. Dengan menggunakan APFS, Apple juga menjanjikan proses menyalin data menjadi lebih cepat dan aman dari masalah listrik tidak stabil dan crash.

Untuk rilis awal, APFS hanya tersedia bagi komputer Mac yang sudah menggunakan teknologi flash storage atau SSD. Untuk pengguna dengan penyimpanan internal dari teknologi hard drive atau Fusion Drive, akan mendapatkan dukungan APFS pada update macOS High Sierra versi berikutnya.

High-Efficiency Video Coding (HEVC)

High-Efficiency Video Coding (HEVC) Support adalah standar baru untuk dokumen video yang mengedepankan komresi ekstra efisien dan juga mode streaming serta playback cepat. Dengan menggunakan HEVC, pengguna bisa menikmati konten 4K dengan kualitas terbaik namun hanya memerlukan 40% kapasitas penyimpanan lebih hemat dibandingkan teknologi H.264. Bagi kamu pengguna iMac dan MacBook Pro terbaru, Apple juga menjanjikan kecepatan playback dan encoding dokumen HEVC dengan sangat cepat.

Sebagai awalan, beberapa pengembang aplikasi multimedia dan perangkatnya sudah mulai mendukugn HEVC di macOS High Sierra. Mulai dari Adobe, Blackmagic Design, GoPro dan masih banyak lainnya.

Metal 2

Metal 2 adalah teknologi pengolah grafis terbaru dari Apple yang menjanjikan kecepatan terbaik dan proses super efisien untuk GPU di komputer Mac. Metal 2 diciptakan untuk membantu pengembang aplikasi dalam teknologi kecerdasan buatan seperti proses speech recognition, natural language processing dan computer vision.

Beberapa pengembang yang sudah menggunakan Metal 2 untuk versi baru dari aplikasi mereka adalah Unity, Epic, Valve, Pixelmator serta banyak lainnya. Apple juga menjelaskan bahwa Metal 2 dapat memberikan pengalaman menggunakan komputer yang lebih baik lagi bagi pengembang dan juga pengguna profesional, yaitu menggunakan Thunderbolt 3 dan akses ke external GPU.

Update Aplikasi Bawaan

Selain beberapa fitur baru di atas, macOS High Sierra juga memberikan beberapa update fitur bawaan seperti Safari, Photos, Nores dan beberapa hal lainnya. Berikut ini daftarnya:

  • Photos mendukung fitur edit baru yaitu Curves, fine-tuning contrast, Selective Color dan lain sebagainya.
  • Photos mendukung fitur edit dokumen Live Photos. Seperti pada iOS 11, ada mode edit Live Photos dengan mode Loop, Bounce dan Long Exposure.
  • Aplikasi editing gambar seperti Photoshop, Pixelmator dan banyak lainnya dapat dipanggil lewat Share Extension di Photos untuk mengerjakan proses edit gambar. Setelah itu hasilnya langsung tersimpan lagi di Photos Library.
  • Safari mendukung fitur mute video secara otomatis dan mode Reader terbaru.
  • Safari mendukung teknologi Intelligent Tracking Prevention untuk mencegah cookies dan beragam data dari pengguna digunakan oleh jasa iklan di web atau cross-site tracking, berfungsi untuk menjaga privasi pengguna.
  • Siri di Mac hadir dengan suara yang lebih natural, punya kemampuan untuk mempelajari kebiasaan kamu mendengarkan musik. Siri juga bisa membuat Playlist yang dikustomisasi dan menjawab pertanyaan seputar musik.
  • Touch Bar di MacBook Pro punya fitur Control Strip, peningkatan color picker dan kendali video.
  • Notes mendukung fitur tabel seperti di iOS 11.
  • Spotlight mendukung informasi penerbangan. Mulai dari kedatangan, keberangkatan, delay, terminal dan beberpa hal lainnya.

Yuk Update macOS High Sierra

Update macOS High Sierra tersedia gratis dan dapat kamu unduh di Mac App Store mulai hari ini. Daftar komputer Mac yang dapat menggunakan macOS High Sierra adalah komputer Mac dala seri Late 2009 atau lebih baru.

Sumber: Make Mac

About Author