May 2, 2024

Pada Ramadan tahun 2016 yang lalu, layanan transportasi online GO-JEK menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memberi tambahan tip kepada para mitra GO-JEK. Fitur tersebut ternyata mendapat respons yang cukup baik dari masyarakat.

“Selama lima bulan terakhir, fitur tersebut menyumbang pendapatan tambahan sekitar Rp30 miliar yang kami berikan semuanya kepada mitra pengemudi,” tutur Piotr Jakubowski, Chief Marketing Officer GO-JEK.

Belajar dari pengalaman tersebut, GO-JEK pun memutuskan untuk kembali menghadirkan beberapa fitur dan program baru pada Ramadan kali ini. GO-JEK juga mengubah beberapa tampilan, seperti dengan menghadirkan tirai virtual di layanan GO-FOOD dan GO-MART, demi menyesuaikan dengan suasana di bulan puasa ini.

Apa saja hal baru lain yang dihadirkan oleh GO-JEK kali ini?

“Tip” untuk layanan GO-FOOD dan GO-MART

go-mart|ilustrasi

Seperti melanjutkan fitur tip berupa uang yang mereka hadirkan tahun lalu, kali ini GO-JEK menghadirkan fitur serupa khusus untuk para pengguna layanan pemesanan makanan GO-FOOD dan layanan belanja GO-MART. Dengan fitur baru ini, kamu bisa memberikan makanan atau minuman untuk berbuka puasa kepada para pengemudi GO-JEK yang melayani kamu.

Donasi Ramadan lewat GO-PAY ataupun GO-POINTS

Beberapa startup seperti Tokopedia dan Blibli mencoba menghadirkan fitur donasi untuk orang-orang yang tidak mampu untuk memeriahkan Ramadan. GO-JEK pun tidak ketinggalan untuk menghadirkan fitur serupa. Bekerja sama dengan beberapa organisasi seperti Rumah Zakat, WeCare.id dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik, mereka pun menghadirkan fitur donasi di layanan GO-TIX.

Tak hanya itu, GO-JEK juga mendorong pengguna yang ingin mengirimkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pengguna tertentu untuk melakukannya lewat GO-PAY. Hal ini mengingatkan kita akan WeChat yang mengawali kesuksesan mereka di Cina dengan menghadirkan fitur seperti ini saat Tahun Baru Imlek.

read also

Selain lewat GO-PAY, kamu pun bisa melakukan donasi dengan poin yang telah kamu dapatkan lewat fitur loyalty GO-POINTS. Poin tersebut bisa kamu tukarkan dengan paket buka puasa, yang akan langsung diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Mudahkan mitra pengemudi untuk mudik

Traveloka Dannis Mohammad 2

Sejak bulan November 2016 yang lalu, GO-JEK telah berkomitmen untuk menghadirkan program Swadaya demi meningkatkan kesejahteraan para mitra pengemudi. Lewat layanan tersebut, GO-JEK memungkinkan para pengemudi yang berprestasi untuk mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), hingga tabungan haji dan umrah.

Di bulan Ramadan ini, mereka pun menambahkan kembali fasilitas di dalam program Swadaya tersebut dengan pembagian parsel Ramadan kepada tiga ratus pengemudi, serta potongan harga spesial untuk mereka ketika berbelanja di GO-FOOD. Selain itu, GO-JEK pun menggandeng Traveloka untuk memberikan dua ratus voucer senilai Rp2 juta, yang bisa digunakan para mitra pengemudi untuk memesan tiket pesawat dan kereta api ke kampung halaman saat lebaran nanti.

Menurut Piotr, untuk saat ini fitur-fitur tersebut hanya tersedia di bulan Ramadan saja. Namun seperti fitur tip untuk pengemudi yang kemudian menjadi sukses, tidak mustahil bagi GO-JEK untuk terus menghadirkan fitur-fitur tersebut di kemudian hari.

Sumber: Tech in Asia

About Author