March 29, 2024

Twitter yang selama ini dikenal dengan batasan 140 karakter dalam setiap kicauan, kabarnya akan segera beralih menjadi dua kali lipat yaitu 280 karakter. Dalam catatan terbaru di laman Twitter Blog, upaya ini dilakukan untuk mengajak setiap orang di dunia lebih mudah mengekspresikan diri mereka dengan Twitter. Terutama bagi beberapa jenis bahasa yang dalam penelitiannya memerlukan kata lebih banyak untuk menjelaskan hal yang sama dalam bahasa lain. Hal ini dialami oleh banyak pengguna Twitter, kecuali yang mengetik dengan bahasa Jepang, Cina dan juga Korea.

…kami melakukan sebuah percobaan baru: memberikan batas karakter lebih panjang (280 karakter) pada bahasa yang dipengaruhi oleh adanya batas karakter sebelumnya

Dalam masa percobaan awalnya, Twitter baru memberlikan fitur Tweet hingga 280 karakter pada sebagian pengguna kecil secara global. Belum ada catatan yang menjelaskan mengenai kapan fitur ini akan rilis untuk pengguna umum dalam waktu dekat.

Masih dari catatan di Twitter Blog, ada beberapa penjelasan singkat mengenai upaya Twitter untuk mengubah jumlah batasan Tweet menjadi 280 karakter. Mulai dari banyaknya pengguna yang membagikan kicauan dalam bahasa Inggris dan selalu menyentuh angka 140 karakter. Alasan lainnya adalah batas karakter di Tweet sering membuat pengguna frustasi saat akan membagikan kicauan dalam bahasa Inggris, namun tidak untuk mereka yang menggunakan bahasa Jepang.

Meskipun akan menjadi lebih panjang, namun Twitter berjanji akan tetap menjaga sifatnya yang ringkas (brevity). Twitter akan terus mengumpulkan data dan umpan balik selama percobaan ini berlangsung, sebelum memutuskan untuk merilisnya pada pengguna umum.

Sumber: Make Mac

About Author