May 6, 2024

Google turut meramaikan pasar komparasi tiket pesawat tanah air dengan fitur  Google Flights yang di Indonesia hadir dengan nama Google Penerbangan. Layanan ini tidak hanya menghadirkan perbandingan harga tiket pesawat, tapi juga bisa menjadi pemandu untuk menemukan hotel dengan lokasi dan harga terbaik.

Tampilan situs yang responsif, membuat situs ini nyaman digunakan baik ketika diakses di smartphone, tablet, juga desktop. Kini kamu bisa memilih berbagai macam bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Harganya juga bisa ditampilkan dalam Rupiah.

Cari harga pesawat terbaik

google flight web

Untuk mengakses perbandingan penerbangan, seperti layanan sejenis lainnya kamu cukup memasukkan asal dan tujuan penerbangan. Tentunya kamu harus mengisi jumlah orang yang akan pergi dan apakah penerbangan akan dilakukan satu kali jalan atau pergi-pulang.

Setelah Google lantas memberikan rekomendasi harga penerbangan terbaik. Kamu bisa memasang pelacak untuk memberi peringatan jika terjadi perubahan harga. Saat hendak memesan, kamu akan diarahkan ke situs resmi penerbangan terpilih.

Setelah memilih tanggal berangkat dan kembali, kamu akan melihat daftar “penerbangan terbaik” yang merupakan kombinasi terbaik dari faktor kenyamanan dan harga. Dikutip dari siaran pers Google, mereka mengklaim akan memberikan informasi detail lainnya seperti ruang kaki yang disediakan oleh maskapai, apakah lega atau sempit.

Jika belum siap untuk memesan tiket, tersedia tombol agar kamu bisa memantau harga. Jika diperkirakan akan terjadi perubahan harga atau harga memang telah berubah signifikan, kamu akan menerima pemberitahuan lewat email.

Rekomendasi liburan

google flight

Tak tahu mesti liburan ke mana? Pilih tanggal fleksibel pada kolom jelajah. Kamu bisa memilih bulan dan berapa lama kamu ingin liburan. Apakah November atau Desember? Apakah mau akhir pekan saja, satu minggu, atau dua minggu.

Google Flights setelahnya akan memberikan rekomendasi lokasi liburan favorit sesuai waktu yang sudah kamu pilih. Pilih rekomendasi kota yang kamu inginkan. Nantinya kamu akan mendapat informasi penerbangan termurah yang tersedia, berikut informasi transit dan lama penerbangan. Namun perlu dicatat bila opsi ini hanya ada peramban versi mobile.

Integrasi peta

google flight maps

Satu fitur menarik dari Google Flight ini adalah diintegrasikannya peta baik pada layanan perbandingan harga pesawat maupun hotel. Jadi, setelah kamu memilih lokasi keberangkatan dan tujuan penerbangan, Google akan menampilkan peta yang menunjukkan rute penerbangan kamu. Di peta ini kamu juga bisa melihat harga termurah dari lokasi bandara-bandara lainnya.

google flight hotels

Begitu pula dengan hotel. Kamu akan diarahkan pada peta kota tujuan. Lantas peta ini akan menunjukkan berbagai hotel plus lokasi dan harganya. Sehingga kamu bisa langsung mengetahui lokasi hotel terbaik. Untuk pemesanan hotel, kamu akan diarahkan pada salah satu situs layanan pemesanan hotel, di antaranya Booking dan Hotels.

Hadirnya Google Flight jelas akan semakin meramaikan persaingan layanan komparasi harga tiket pesawat dan hotel. Meski begitu, untuk pembelian tiket, Google tetap akan mengarahkan ke situs resmi tiap-tiap maskapai.

Sumber: Tech in Asia

About Author